Dinamika MATRA Dalam Distribusi Media Cetak

“Majalah MATRA punya fans atau pembaca fanatik. Seperti menggaet  kekangenan, di pecinta print alias media cetak,” ujar Midi Wirawan, pemimpin distributor media cetak terbesar di Jakarta yang bernama: Central Kumala.

Untuk e-magazine silahkan klik ini:

Banyak pembaca kalangan menengah atas tetap mencari media cetak di toko buku Gramedia, Gunung Agung, Newsbok  juga Book Beyond hingga Kinokuniya.

Di era social distancing mall tutup. Toko buku jarang ada yang buka.

Majalah yang terbit sejak 1986 ini, awalnya diterbitkan oleh grup majalah Tempo. Pemimpin Umumnya Fikri Jufri dengan Pemred N Riantiarno.  Banyak penulis serta jurnalis hebat “jebolan” majalah ini.

Sempat mengalami pasang surut dan ganti kepemilikan.

Majalah Trend Pria yang perlu diintip wanita ini, sudah tersedia lewat e-magazine di gramediadigital dan myedisi. Tapi, tetap saja, banyak yang merasa belum afdol jika tak memperoleh edisi cetaknya.

Majalah MATRA  punya fans atau pembaca fanatik. Seperti menggaet kekangenan, di pecinta print alias media cetak,” ujar Midi Wirawan, pemimpin distributor media cetak terbesar di Jakarta yang bernama: Central Kumala.

Sosial budaya para petinggi hingga kalangan menengah atas merasa media cetak lebih humanis, menjadi bagian kehidupan mereka yang berusia 40 tahun ke atas. Walau ada juga matranews.id atau versi majalah digitalnya.

Majalah MATRA  disebut memiliki ke-khasan, inovasi dan menampilkan tokoh dan sisi lainnya, termasuk liputan unik, menjadikan banyak perpustakaan sengaja memesan khusus.

Perpustakaan Insititut Pertanian Bogor (IPB) dan Perpustakaan STIE Trisakti, Kampus Bekasi adalah contohnya.  Perpustakaan di Universitas terkemuka itu, malah menelpon redaksi dan mentransfer sejumlah uang berlangganan setelah mengisi formulir berlangganan.

Jadi, bukan hanya pribadi dan korporasi yang terus menginginkan majalah MATRA edisi cetak. Menjadi referensi “pusat kekuasaan” dan pebisnis dan tokoh pemegang keputusan di republik ini.

Nielsen meriset sebanyak 5,8 juta penduduk masih membaca media cetak. Di mata pelanggan Jawa Tengah, apalagi di luar pulau Jawa, Koran dan Majalah masih dominan di Makassar, Palembang, dan Medan.

Majalah MATRA  justru dicari di beberapa lokasi di Indonesia Timur, semacam Manado dan Ambon.  Majalah MATRA yang dikenal sebagai majalah Pria, malah kini juga dicari kaum perempuan dan milenial.

Unik, tapi itulah yang terjadi. Revolusi Media abad 21 justru menjadikan media tradisional semacam majalah  MATRA terus eksis.

Dalam industri media cetak, distribusi memegang peranan krusial untuk mempertahankan eksistensi media cetak.

Layaknya pembuluh nadi, jalur distribusi menjadi kunci penting bagi keberlangsungan industri media cetak dengan menyediakan pelayanan dari penerbit kepada pembaca.

Majalah MATRA  menyadari peran krusial distribusi sebagai mata rantai media cetak di tengah perubahan industri yang terjadi.

Jika ingin yang cetak, bisa kontak PT Central Kumala Sakti, menjadi patner utama. Perusahaan beralamat Komp Greenville di Blok O 12 A, Jakarta 11510.

***

Jika Anda ingin membeli majalah MATRA di Gunung Agung bisa dibeli di alamat  Kwitang 38, Trisakti, Senayan City hingga BSD Serpong. Juga bisa dibeli di Tangerang  City, Bekasi Cyberpark juga di Tamini Square dan Kramat jati. Ada juga di Margo city serta  Residen Kerawang.

Bisa dibeli juga di  Kinokuniya Plaza Senayan,  Kiokuniya Grand Indonesia dan  News book Plaza Senayan. Untuk outlet Book Beyond, ada di alamat  UPH Karawachi,  Cilandak Town square dan  Lippo Cikarang.  Juga bisa didapat di  Siloan Mrcc, Pasifik Place, serta Pejaten Village dan Pluit Mega Mall.

Majalah bisa didapat juga di Book Beyond di Siloan Hospital Karawaci,  Siloan Hospital Kebun Jeruk dan  Lippo Puri di Jakarta. Untuk di Bandung,  bisa di BPL dan Istana Plaza Bandung. Sedangkan di Bali,  ada di toko Beyond  Lippo Mall Kuta,  Siloan Bali dan Kuta Beach Bali. Untuk Medan, ada di Sun Plaza.

Gramedia Gajah Mada, Pintu Air, Citra Land Ciputra dan Gramedia Matraman. Juga di Gramedia Gandaria City, Melawai, Kelapa Gading dan Puri Indah. Juga di Lippo Mall Puri (ST Moris), Mall Taman Anggrek dan Gramedia Pondok Indah Mall serta Cinere Mall.

Juga ada di Gramedia Megamall Pluit Village, Daan Mogot Mall, Artha Gading hingga Gramedia Plaza Semanggi. Ada di Kalibata, Mall Cijantung, Grand Indonesia serta  Ciputra Cibubur dan Pondok Gede Plaza. Majalah bisa didapat di Gramedia Mall of Indonesia serta Emprium  Pluit.

Gramedia Pejaten Village Mall, Central Park, Bay Wall Mall hingga Gramedia Alam Sutera dan Bale Kota Tangerang. Termasuk di Gramedia Mal Gading Serpong, Lippo Karawaci dan Gramedia Bintaro Plaza serta di Teras kota BSD, AEON Mall dan World BSD serta Bintaro Emerald Tangerang.

Di Bogor bisa dibeli di Gramedia Hero dan Botani Square. Sedang di Bekasi, majalah bisa didapat di Metropolitan Mall dan Gramedia World Harapan Baru. Sedangkan di Depok bisa didapat di Gramedia Margonda dan Cibitung City atau Gramedia Cilengsi.

Untuk Bandung bisa didapat Paris Van Java, Merdeka, Istana Plaza, Trans Super mall dan Festival City. Untuk Tasikmalaya ya di Gramedia Cirebon. Di Jawa Tengah, silahkan cari di Gramedia Purwokerto dan Solo Square atau Gramedia Mall Malioboro, Sudirman Jogya dan Ambarukmo Plaza serta di Yogya City Mall.

Jawa Timur, majalah MATRA bisa didapat di Gramedia Manyar, Expo Surabaya, Tunjungan Plaza, Royal Plaza juga di Royal Plaza dan Pakuwon serta Ciputra World. Ada di Lippo Plaza Sidoardjo dan di Semarang ada di  Mal Pandanaran dan Gramedia Pemuda.

Untuk di Bali bisa didapat di Nikita Plaza, Duta Plaza serta Mal Galeria dan Gramedia 21 Denpasar. Di Lampung bisa dibeli di Gramedia Lampung dan Boemi Kedaton.  Ada pula di Gramediua Jember dan Kediri.  Hotline: 0815-1955-2122 (Whatsapps).

 

 

 

 

Tinggalkan Balasan