Bango Bangkitkan Sejuta Kecintaan dan Semangat Pelestarian Kuliner Nusantara di Festival Jajanan Bango 2023

"Bangkitkan Sejuta Rasa Nusantara," festival kuliner terbesar ini membawa lebih dari 100 legenda kuliner dari berbagai penjuru Indonesia

(Dari Kiri-Kanan) Erwita Dianti – Direktur Pemasaran Ekonomi Kreatif, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia Sarwendah Tan – Celebrity Mom sekaligus Pecinta dan Pelestari Kuliner Nusantara Amaryllis Esti Wijono (Mba Lilis) – Direktur Nutrition, PT Unilever Indonesia Tbk Hanung Harimba – Deputi UKM, Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah Republik Indonesia
(Dari Kiri-Kanan) Erwita Dianti – Direktur Pemasaran Ekonomi Kreatif, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia Sarwendah Tan – Celebrity Mom sekaligus Pecinta dan Pelestari Kuliner Nusantara Amaryllis Esti Wijono (Mba Lilis) – Direktur Nutrition, PT Unilever Indonesia Tbk Hanung Harimba – Deputi UKM, Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah Republik Indonesia

MATRANEWS.ID – Suasana kulinernya begitu meriah dan beragam, dan hari ini, Plaza Parkir Timur Senayan menjadi saksi dari perayaan besar budaya kuliner Indonesia di Festival Jajanan Bango 2023.

Dengan tema “Bangkitkan Sejuta Rasa Nusantara,” festival kuliner terbesar ini membawa lebih dari 100 legenda kuliner dari berbagai penjuru Indonesia untuk menghidangkan cita rasa dan tradisi yang mendalam dalam sebuah petualangan multisensori yang tak terlupakan.

Kemajuan Festival Jajanan Bango tak lepas dari dukungan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI serta Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah RI yang memiliki visi bersama untuk memajukan dan melestarikan kekayaan kuliner Nusantara.

Dalam keterlibatannya dalam program “Wonderful Indonesia,” festival ini membuktikan bahwa pesona Indonesia tak hanya terpancar dari keindahan alam dan seni budaya, tetapi juga dari kelezatan dan kearifan lokal yang terkandung dalam beragam hidangan.

Terutama, Festival Jajanan Bango memainkan peran penting dalam upaya Kemenparekraf RI untuk memajukan kuliner nusantara yang mengandalkan kecap manis sebagai salah satu kunci utama dalam memperkenalkan kuliner Indonesia ke dunia melalui program “Indonesia Spice Up the World.”

Menghadiri festival ini bukan hanya para pecinta kuliner semata, tetapi juga sejumlah artis dan influencer ternama, seperti Sarwendah Tan, Fujianti, dan Nagita Slavina, yang hadir untuk menikmati kelezatan kuliner Nusantara serta berbagi pengalaman mereka.

Dalam sebuah pernyataan, Amaryllis Esti Wijono, Direktur Nutrition PT Unilever Indonesia, Tbk., menjelaskan komitmen Bango dalam menjaga kualitas kecap manis yang otentik dan berbahan alami sejak tahun 1928.

“Festival Jajanan Bango telah berjalan sejak tahun 2005 sebagai wujud nyata dari upaya Bango dalam mempertahankan kekayaan kuliner Nusantara. Melalui festival ini, kami ingin memberikan lebih dari sekadar pengalaman kuliner; kami ingin menciptakan pengalaman multisensori yang menghidupkan rasa, bau, dan suasana khas Indonesia.

Semua ini adalah bagian dari upaya Bango untuk mendukung generasi muda dalam mengapresiasi dan melestarikan warisan kuliner Nusantara yang kaya.”

Selain hidangan lezat yang disajikan oleh lebih dari 100 legenda kuliner, Festival Jajanan Bango 2023 juga menampilkan berbagai area menarik seperti Kecap Manis hingga Hitam Gurih yang menampilkan hidangan dari berbagai wilayah di Indonesia, dari Aceh hingga Nusa Tenggara.

Dalam semangat Hari Sumpah Pemuda, pengunjung diharapkan memiliki pengalaman multisensori yang dapat membangkitkan sejuta rasa di hati dan pikiran generasi muda, mendorong mereka untuk mengapresiasi kuliner Nusantara sebagai warisan yang perlu dirayakan dan dilestarikan.

Selain itu, festival ini juga memiliki beragam spot foto menarik di setiap area, termasuk area Kecap Bango yang menyuguhkan informasi tentang pembuatan kecap. Pengunjung dapat memahami proses pembuatan dan bahkan melihat contoh tanaman yang turut dibudidayakan.

Pendukung festival dari berbagai pihak sangat antusias. Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI, Dr. H. Sandiaga Salahuddin Uno, memberikan apresiasi besar pada Unilever Indonesia atas dedikasinya dalam melestarikan kekayaan dan keragaman kuliner asli Indonesia.

Ia berharap Festival Jajanan Bango 2023 akan memotivasi pelaku usaha kuliner dan masyarakat Indonesia untuk menjaga warisan kuliner Nusantara.

Drs. Teten Masduki, Menteri Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah RI, juga mendukung festival ini sebagai wadah penting bagi pelaku UKM untuk berinovasi dan memanfaatkan kekayaan budaya Nusantara sebagai keunggulan kompetitif.

Festival Jajanan Bango bukan hanya tempat yang sempurna bagi para pecinta kuliner, tetapi juga bagi ibu-ibu yang ingin memasak hidangan khas Indonesia di rumah.

Setelah mencicipi kelezatan hidangan khas yang berbasis kecap, pengunjung akan merasa terdorong untuk menyajikan hidangan serupa di rumah, sehingga juga berperan dalam melestarikan kekayaan kuliner nusantara.

Acara puncak Festival Jajanan Bango 2023 akan dimeriahkan dengan penampilan Rossa yang akan menyempurnakan pengalaman kuliner para pengunjung dengan lagu-lagu hits yang sudah sangat dikenal.

Bagi para pengunjung, pastikan Anda membagikan pengalaman manis Anda dengan tagar #BangkitkanSejutaRasa ketika berbagi pengalaman di Festival Jajanan Bango 2023. Dengan acara yang kaya akan cita rasa dan tradisi kuliner, festival ini menjanjikan pengalaman yang tak terlupakan.

Festival Jajanan Bango 2023 akan berlangsung hingga tanggal 29 Oktober 2023. Ini adalah kesempatan bagi semua orang untuk merayakan dan memeluk kekayaan kuliner Nusantara.

Jadi, ayo nikmati perayaan kuliner terbesar di Jakarta dan jadikan momen ini sebagai waktu yang penuh kelezatan dan kearifan lokal Indonesia. Selamat menikmati Festival Jajanan Bango 2023!

Tinggalkan Balasan