Irjen Ferdy Sambo Babak Belur Usai Satu Sel dengan Napoleon Bonaparte, Karena Berkelahi?

Konten Menyesatkan atau Hoaks

Cek Fakta: Irjen Ferdy Sambo Babak Belur Usai Satu Sel dengan Napoleon Bonaparte karena Berkelahi

MATRANEWS.id — Kasus pembunuhan Brigadir Nofriansyah Yosua Hutabarat alias Brigadir J masih terus bergulir.

Terakhir, Kapolri Pol Listyo Sigit Prabowo menetapkan Irjen Ferdy Sambo sebagai tersangka kasus pembunuhan Brigadir J.

Irjen Ferdy Sambo diduga sebagai dalang pembunuhan Brigadir J di rumah dinasnya pada Jumat, 8 Juli 2022 lalu.

Saat ini Irjen Ferdy Sambo sudah diamankan di Mako Brimob Kelapa Dua, Depok untuk dimintai pendalaman terkait tewasnya Brigadir J

Di tengah kabar Irjen Ferdy Sambo sebagai tersangka dan ditahan di Mako Brimob Kelapa Dua, beredar informasi yang menyatakan bahwa Irjen Ferdy Sambo berada di dalam satu sel bersama Irjen Napoleon Bonaparte.

Bahkan menurut informasi tersebut, Irjen Ferdy Sambo babak belur karena dihajar oleh Irjen Napoleon.

Informasi itu menjadi viral setelah kanal YouTube Dunia Fakta mengunggah video berjudul “HOT NEWS ~ 1 SEL DENGAN IRJENPOL NAPOLEON❗NASIB FERDI SAMBO MENGENASKAN❗” pada Minggu, 14 Agustus 2022.

Thumbnail dari video tersebut nampak menggambarkan beberapa orang sedang melerai perkelahian di dalam sebuah tahanan.

Kemudian narasi yang ada di dalam thumbnail video tersebut bertuliskan “MENGHEBOHKAN…!!!

Konten hoaks yang menyebut Irjen Ferdy Sambo babak belur karena satu sel dengan Napoleon Bonaparte dan terlibat perkelahian /Tangkap layar kanal YouTube Dunia Fakta

1 SEL DENGAN IRJENPOL NAPOLEON

FERDI SAMBO BABAK BELUR” tulis akun kanal YouTube Dunia Fakta.

Setelah SeputarTangsel.Com telusuri, informasi yang menyebut Irjen Ferdy Sambo satu sel dengan Napoleon Bonaparte dan terlibat perkelahian hingga babak belur adalah hoaks.

Faktanya, dari video yang berdurasi 10 menit 5 detik itu tidak mengandung informasi yang seperti dituliskan dalam judul maupun thumbnail di kanal YouTube Dunia Fakta.

Video itu hanya berisi informasi dari cuplikan tantangan Irjen Napoleon Bonaparte yang ingin berada satu sel dengan Irjen Ferdy Sambo.

Selain itu, video tersebut hanya berisi narasi yang diulang-ulang pernyataan Napoleon Bonaparte yang ingin berada di dalam satu sel bersama Irjen Ferdy Sambo.

Ditambah, thumbnail yang ada di kanal YouTube Dunia Fakta merupakan hasil editan dan tidak ada hubungannya dengan isi video.

Ironinya, sampai berita ini ditayangkan video hoaks tersebut telah ditonton lebih dari 49 ribu kali dan mendapat 829 like

Kemudian, kanal YouTube Dunia Fakta yang mengunggah video tersebut juga tidak diketahui secara jelas siapa pemiliknya sehingga tidak bisa dipertanggungjawabkan kebenarannya.

Oleh karena itu, kanal YouTube tersebut bukan sumber berita yang layak dipercaya.

Sebelumnya, Napoleon Bonaparte terlibat kasus penganiayaan terhadap tersangka penista agama M. Kace di Rutan Bareskrim Polri.

Akibat penganiayaan terhadap M Kace tersebut, JPU menuntut Napoleon Bonaparte 1 tahun penjara.

Kesimpulannya, informasi yang menyebut Irjen Ferdy Sambo satu sel dengan Napoleon dan terjadi keributan hingga babak belur merupakan kategori konten menyesatkan atau hoaks.

BACA JUGA: majalah MATRA Agustus 2022, klik ini

Tinggalkan Balasan