Nasional

Jawaban “abu-abu” Anies Baswedan Soal Dirinya Siap Maju Pilpres

61Views

“Saya dalam perjalanan hidup, juga tidak membayangkan dan berencana berada atau ngantor di tempat ini,” ujar Anies Baswedan ketika ditanya, apakah dirinya mempersiapkan diri untuk maju menjadi calon kandidat Presiden di 2019 nanti.

Jawaban itu, disampaikan Anies Baswedan dalam acara buka puasa “Anies-Sandi” bersama Pemimpin Redaksi Media Massa di Balai Kota, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat.

Anies Baswedan justru dengan bersemangat menjelaskan beberapa hal yang menjadi kegiatan yang menjadi prioritas Pemda DKI. Juga membahas “aspirasi” dan “emosi” dari warga Jakarta dibandingkan warga netizen.

“Bukannya tidak ambil pusing apa yang disebar medsos,” ujar Anies yang secara gamblang menyebut, tidak mungkin rapat di Balai Kota membahas apa yang menjadi trending topik dan viral, ternyata bukan fakta yang sesungguhnya.

Untuk itu, dalam kesempatan silaturahmi dengan pimpinan media massa saat ini, Anies Baswedan berharap media massa yang ada, tidak juga harus netral. “Yang lebih penting, harus obyektif. Itu kuncinya,” demikian cucu dari pejuang kemerdekaan Abdurrahman Baswedan ini, berterus terang.

Mantan menteri Pendidikan ini memberi contoh, bagaimana DKI selalu sibuk dan rapat soal kesiapan Pemda DKI dalam menyongsong kegiatan Asia Games yang akan berlangsung di Jakarta pada tanggal 18 Agustus mendatang. Juga aplikasi Transit Oriented Development (TOD) dan solusi untuk mengentaskan permukiman kumuh, padat, dan miskin.

“Peliputan dan yang dipilih media mainstream kok, ya follow up dari medsos yang trending topik, tapi bukan berdasar fakta,” ujar mantan Rektor Paramadina ini menyesalkan.

“Di saat di media sosial ramai mengenai pohon plastik, realitasnya ibu-ibu rumah tangga kita sedang mengeluh harga ayam dan telur yang naik,” Anies memberi misal.

“Banyak yang jago analis, cukup banyak dari saudara-saudara kita yang waktunya cukup longgar, memetani ini semua. Saya berterima kasih. Dan, saya juga sudah ingatkan kepada jajaran Pemda DKI, bahwa yang mengawasi kita, bukan beberapa orang tapi seluruh masyarakat. Transparansi,” papar Anies.

Anies tak berkomentar ketika ditanya lebih jauh soal Capres dan Cawapres. Dia menegaskan, dirinya selalu menyampaikan keteduhannya dalam memimpin dan bagaimana menjadi seorang pemimpin itu, digugu dan ditiru.

“Ya, kalau saya jawab dengan gamblang, nanti ramai,” ujar Anies Baswedan dalam pembicaran “empat mata” dengan majalah MATRA. Yang penting, apa yang direncanakan bisa terlaksana.

Pria yang sedang bertugas dan bertanggung jawab di ibu Kota. “Bismillah saya jalankan sebaik-baiknya. Kelihatannya bakal ramai ya, Agustus,” pria kelahiran l7 Mei 1969 ini tersenyum, dengan mimik jenaka.

Pria yang sempat mendeklarasikan sebuah gagasan yang diberi judul “Indonesia Kita Semua” ini menjawab abu-abu, soal kesiapan atau jika ada tantangan maju untuk pilpres. “Saya dalam perjalanan hidup, juga tidak membayangkan dan berencana berada atau ngantor di tempat ini,” demikian sign yang diberikan.

Begitulah, Anies Baswedan memang disebut-sebut soal ‘penyelamat negeri’, bukan sekedar ‘menyelamatkan Jakarta’. Namanya masuk dalam kandidat capres/cawapres 2019 seperti nama Prabowo dan Gatot Nurmantyo.

Ada pendapat atau kandidat lain?

baca juga: Majalah MATRA cetak (print) – klik ini

Redaksi
the authorRedaksi

Tinggalkan Balasan

Translate »
Lewat ke baris perkakas