‘Jika Anda Tidak Pernah Gagal, Anda Tidak Pernah Hidup’

MATRANEWS.id — “Jika Anda tidak pernah gagal, Anda tidak pernah hidup.”

Apa yang Harus Dilakukan Saat Menghadapi Kegagalan?

1. Selalu tetap positif.

Kondisi mental Anda penting bagi Anda untuk bangkit setelah gagal. Ini bukan waktunya untuk mengeluh tentang aturan dan faktor lain yang bertanggung jawab atas kegagalan Anda; saatnya untuk menerima kegagalan Anda dan melanjutkan.

Hanya orang yang tahu apa artinya kalah yang dapat menemukan motivasi ekstra yang dibutuhkan untuk menang. Anda harus tetap kuat dan positif tentang masa depan.

2. Hargai orang-orang di sekitar Anda.

Jika Anda telah bekerja dengan tim, inilah saatnya untuk menghargai mereka. Pastikan mereka memahami bahwa sebagai sebuah tim, Anda menang dan kalah bersama.

Tim Anda membutuhkan Anda. Ingat, ini hanyalah kemunduran sementara, dan Anda masih akan membutuhkannya dalam jangka panjang, jadi jangan menunjuk jari.

Untuk mengatasi kegagalan, Anda mungkin harus merombak hal-hal tertentu, bahkan tim Anda, tetapi Anda harus melakukannya dengan cara yang tidak merusak kepercayaan diri mereka.

3. Analisis situasinya.

Perhatikan baik-baik situasinya. Anda dapat melakukan ini sendiri atau mencari ahli yang dapat membantu Anda menganalisis situasi dengan cermat dan menyoroti kesalahan sehingga kegagalan tidak akan terjadi lagi.

Apakah itu terjadi dalam bisnis atau kehidupan pribadi Anda, Anda perlu meluangkan waktu untuk menganalisis situasi.

4. Identifikasi kesalahan Anda.

Ketika Anda mengetahui kesalahan yang Anda buat, Anda dapat belajar bagaimana menghindarinya di masa depan.

Setelah Anda mengidentifikasi kesalahan, berusahalah dengan tulus untuk menghindari atau memperbaikinya. Ketika Anda takut melakukan kesalahan, Anda tidak akan pernah mencoba sesuatu yang berbeda.

5. Buat strategi dan coba lagi.

Semangat pantang menyerah adalah semangat pemenang. Teruslah mencoba sampai Anda melakukannya dengan benar. Setiap kali Anda mencoba, Anda menjadi lebih baik.

Kemajuan Anda mungkin tidak terlihat sekaligus, tetapi Anda menyempurnakan keterampilan Anda dan bagaimana menyelesaikannya.

Thomas Edison mengingatkan kita untuk tidak pernah menyerah tetapi terus berusaha. Dia sering mengatakan , “Saya tidak gagal 10.000 kali—saya berhasil menemukan 10.000 cara yang tidak berhasil.”

Jangan berpikir bahwa setiap orang sukses hanya memiliki keberuntungan di pihak mereka. Banyak orang hanya fokus pada kesuksesan mereka, bukan pada perjuangan bertahun-tahun dan kegagalan berulang kali.

“Lebih baik pernah gagal daripada tidak pernah mencoba.”
#DIEHARD

sumber: https://instagram.com/haryo_ardito

Tinggalkan Balasan