Jokowi Ingatkan Sense Of Crisis’ Di Semua Kementerian/Lembaga Juga Para Pemimpinnya!

Berita mengenai Presiden Jokowi yang kecewa banyak Menteri pergi ke Luar Negeri di tengah kasus Covid-19 sedang tinggi demikian viral.

Alasannya kunjungan kerja ke luar negeri. Padahal, Presiden Joko Widodo telah menegaskan dalam PPKM Darurat ini  kita semua harus memiliki sense of crisis seluruh kementerian/lembaga dan para pimpinan harus ada.

Dalam catatan sejumlah menteri yang keluar negeri untuk keperluan dinas adalah Menteri Pertahanan Menteri Pertahanan Prabowo Subianto diketahui melakukan kunjungan ke Prancis pada Juni lalu.

Dalam kunjungannya, Prabowo bertemu dengan Menteri Pertahanan Perancis Florence Parly.

Kemudian Menteri PPN/ Kepala Bappenas Menteri PPN dan Kepala Bappenas RI Suharso Monoarfa melakukan perjalanan ke Italia dan Prancis pada bulan lalu.

Di Italia, Suharso menghadiri G20 Foreign and Development Joint Ministerial Meeting and the G20 Development Ministerial Meeting di Matera, Italia, Selasa (29/6/2021).

Menteri Luar Negeri Menteri Luar Negeri Retno Marsudi mengikuti rangkaian pertemuan tingkat menteri G20. Dia melakukan beberapa pertemuan bilateral dengan mitra anggota G20 membahas kerja sama setibanya di Italia.

Menteri BUMN Menteri BUMN Erick Thohir telah mengunjungi China pada 2020. Namun, dirinya kembali terbang ke Negeri Tirai Bambu pada April lalu bersama dengan Menlu Retno dan Mendag Lutfi.

Di sana, Erick bertemu dengan Mr. Ren Hongbin, Vice Chairman The State-owned Assets Supervision and Administration Commission of the State Council (SASAC) untuk membahas peningkatan kerjasama BUMN antar kedua negara.

Menko Perekonomian Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Menko Perekonomian Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto melakukan kunjungan kerja selama dua hari ke Singapura pada 13 dan 14 Juli 2021.

Ada beberapa agenda, salah satunya menyampaikan kerja sama internasional memulihkan ekonomi berbasis revolusi digital dan inovasi teknologi.

Menteri Investasi Menteri Investasi Bahlil Lahadalia diketahui berkunjung ke AS bersama rombongan yang terdiri dari Mendag Lutfi serta Ketua Umum BPP Hipmi Mardani H. Maming dan mantan anggota DPR Demokrat Michael Wattimena.

Menteri Perdagangan Menteri Perdagangan Lutfi bertandang ke luar negeri dua kali, yakni China dan AS. Ke China, April 2021, Lutfi pergi bersama Menteri BUMN Erick Thohir dan Menlu Retno.

Sementara itu, dalam kunjungan kerja ke AS selama 9 hari (9-18 Juli 2021), Lutfi melakukan sejumlah pertemuan.

Ketika hal ini dikonfirmasi ke  Pramono Anung (Sekretaris Kabinet) di Istana Negara Jakarta, ia menjelaskan, menteri yang diizinkan presiden untuk bepergian ke luar negeri hanya menteri luar negeri karena sesuai bidang tugasnya. Sisanya harus minta izin langsung ke presiden.

“Yang lainnya kalau ada hal yang bersifat khusus harus mendapat izin langsung dari bapak presiden,” ujar Pramono Anung mengingatkan tingginya jumlah pasien isolasi mandiri, kementerian dan diharuskan membangun area isolasi mandiri.

Kalau kementerian/lembaganya besar atau pemdanya besar, minimum bisa (membuat untuk) 300-500 pasien. Untuk itu, agar dibuat secara baik dan dipersiapkan, kemudian nanti pemerintah yang bertanggung jawab untuk mempersiapkan seluruh obat-obatan kepada penderita yang isoman.

PPKM darurat di Pulau Jawa dan Bali yang berlaku mulai 3-20 Juli 2021 untuk menekan laju penularan COVID-19, disebut-sebut akan diperpanjang. Pemerintah terus berupaya melakukan langkah – langkah demi terselamatkannya seluruh penduduk Indonesia.

baca juga: Majalah eksekutif edisi cetak

 

Tinggalkan Balasan