viral

Kampung Tangguh Menangkal COVID-19

Oleh: S.S Budi Raharjo MM (Pengamat Sosial)

Kampung Tangguh Menangkal COVID-19

Kampung Tangguh Menangkal COVID-19Kampung Tangguh Menangkal COVID-19

Di tengah demo dalam konteks setahun pemerintahan Jokowi-Maruf Amin, hal baik ini perlu juga diingatkan ke masyarakat oleh media massa, yang disebut agen perubahan.

MATRANEWS.id– Gagasan mengenai Kearifan Lokal ini memang perlu disosialisasikan,  guna mewujudkan warga yang berada di setiap desa bisa terhindar dari virus Covid-19.

Serta untuk membentuk desa atau kampung tangguh melawan pandemi Covid-19.  Sehingga masyarakat  di kawasan itu atau desa dan kampung tetap sehat terbebas dari Pandemi Covid-19.

Pemerintah desa bersama tim mendata setiap pendatang yang akan memasuki desa.

Desa atau kampung juga akan menyediakan kelengkapan seperti halnya fasilitas ruang isolasi, dapur umum serta lumbung pangan, untuk memenuhi kebutuhan masyarakat yang terdampak pandemi ini.

Babinsa, BhabinKamtibmas, Bidan Desa, serta masyarakat  mengedukasi seluruh warga mengikuti protokol kesehatan, termasuk jaga jarak, cuci tangan sebelum dan sesudah aktivitas serta tetap memakai masker. Guna menghadapi pandemi corona, agar aktivitas sosial dan ekonomi tidak terganggu.

Keberadaan kampung Tangguh sangat strategis bagi masyarakat. Ini efektif dalam menangkal virus corona maka akan dijadikan role mode dan akan atau bisa dikembangkan di seluruh Indonesia.

Menumbuhkan kesadaran masyarakat tentang protokol kesehatan dalam mencegah dan mengantisipasi penyebaran Covid-19 terlebih di Malang Raya digulirkan PSBB (Pembatasan Sosial Berskala Besar).

Dengan adanya Kampung Tangguh, lebih diaktifkannya kembali Poskamling  berfungsi cegah/screening masuk pendatang yang dimungkinkan bawa virus juga sebagai antisipasi tindak kriminalitas.

Berita Menarik :  Staf Khusus Mendagri Hadiri Serah Terima Bantuan Sarana Covid 19 Untuk Polda Metro Jaya

Konsep “Kampung Tangguh” ini sama dengan “Kampung Sehat” yang sama-sama mendorong masyarakat untuk berinisiatif mengatasi masalah secara mandiri dalam menghadapi pandemi yang disebabkan virus novel vorona jenis baru ini.

Kemandirian itu mulai dari penyediaan ruang isolasi, posko kesehatan, dapur umum, lumbung pangan, penyediaan APD untuk evakuasi pasien hingga kesiapan petugas pemulasaraan.

“Kampung Tangguh” ini telah didirikan di berbagai wilayah di Indonesia khususnya dengan catatan kasus COVID-19 yang masih tinggi, dengan konsep sesuai yang dibutuhkan dari kolaborasi antarunsur pimpinan daerah dalam Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) di satu provinsi.

Bagi yang ingin tahu lebih jauh: Klik ini saja:  Buku Saku Desa Tangguh COVID-19 

Silahkan download.

Mengacu pada referensi dari Kementerian Kesehatan RI, Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19, Organisasi Kesehatan Dunia – WHO, dan Centers for Disease Control dan Prevention – CDC.

Kampung Tangguh Menangkal COVID-19Kampung Tangguh Menangkal COVID-19

Kampung Tangguh Menangkal COVID-19Kampung Tangguh Menangkal COVID-19

Kampung Tangguh Menangkal COVID-19Kampung Tangguh Menangkal COVID-19

Kampung Tangguh Menangkal COVID-19Kampung Tangguh Menangkal COVID-19

baca juga:  https://ebooks.gramedia.com/id/majalah/matra-indonesia

 

 

 

 

 

 

 

Konvergensi Majalah MATRA
Redaksi
the authorRedaksi