Rilis

Kemendagri Buat Lomba Yang Memacu Kreatifitas Pemda Dalam Tatanan Normal Baru

Deadline Video Diunggah Ke Sistem Indeks Inovasi Daerah Kemendagri, 8 Juni 2020

Kemendagri Buat Lomba Yang Memacu Kreatifitas Pemda Dalam Tatanan Normal Baru
518

Kemendagri Buat Lomba Yang Memacu Kreatifitas Pemda Dalam Tatanan Normal Baru

Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian mengeluarkan keputusan tentang pedoman tatanan normal baru produktif dan aman Covid-19 khusus bagi ASN di lingkungan Kemendagri, BNPP dan Pemerintah Daerah.

MATRANEWS.id — Penyiapan tatanan “normal baru” yang produktif dan aman dari Covid-19 dilakukan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).  Caranya, dengan Lomba Inovasi Daerah Dalam Penyiapan dan Rencana Pelaksanaan Tatanan Normal Baru.

Diadakan lomba video dari beragam bentuk inovasi yang dilakukan Pemda. Bagaimana tiap pemerintah daerah, melaksanakan new normal life. Lomba inovasi daerah sekaligus memacu berbagai pemikiran dan kreatifitas pemerintah daerah.

Agus Fatoni yang merupakan Ketua panitia lomba mengingatkan, video terlebih dulu diunggah ke sistem indeks inovasi daerah Kemendagri, paling lambat tanggal 8 Juni 2020. Pemenang lomba akan diumumkan secara resmi pada tanggal 15 Juni 2020. Setelah diumumkan, pemenang dapat melihat hasilnya pada website Kemendagri dan website BPP Kemendagri.

Sebagai informasi, lomba inovasi daerah bertajuk “Penyiapan Tatanan Normal Baru Produktif dan Aman Covid-19” ini dapat diikuti oleh seluruh pemerintah daerah, baik provinsi, dan kabupaten/kota. Sektor yang dilombakan di antaranya, pasar tradisional, paras modern seperti mal dan supermarket, hotel, restoran atau tempat makan, tempat wisata, transportasi umum, dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP).

Inovasi di tujuh sektor tersebut, masing-masing didokumentasikan melalui video dengan durasi maksimal 1,5 menit. Adapun aspek penilainnya yaitu, kesesuaian protokol Covid-19, dapat direplikasi, kekuatan ide, dan kerja sama atau kolaborasi. Selain mendapat piagam penghargaan, setiap pemenang lomba juga bakal diberi dana insentif daerah.

Berita Menarik :  Jelang Hari Kemerdekaan RI Ke 75, PLN Berhasil Tembus Pulau Terluar Indonesia

Penilaian lomba ini akan mengacu pada beberapa kriteria, di antaranya kesesuaian protokol Covid-19 yang diterapkan, kekuatan ide, dapat direplikasi, dan kerja sama dengan pihak lain. Adapun tim penilai lomba berasal dari Kemendagri, Kementerian Kesehatan, Kementerian Keuangan, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, serta Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19.

Kastorius menilai, ide lomba inovasi daerah ini sangat cemerlang terbukti diapresiasi seluruh anggota kabinet dan Gugus Tugas Covid-19. Ia menekankan, lomba ini mesti berjalan sukses karena taruhannya marwah Kemendagri.

Menurut Kasto, dampak dari lomba ini akan menjadi parameter kemampuan Indonesia dalam memasuki tatanan kehidupan normal baru. “Di mana protokol kesehatan membudaya diterapkan secara konsisten oleh pemerintah daerah dan seluruh masyarakat Indonesia,” ujarnya.

Hadir dalam kegiatan  selain Staf Khusus Kemendagri, Kastorius Sinaga, Plt. Kepala BPP Kemendagri, Agus Fatoni, Sekretaris Badan, Horas Maurits Panjaitan, Kepala Pusat Litbang, dan beberapa pejabat Kemendagri lainnya.

“Setiap daerah dapat memanfaatkan kesempatan ini dengan sebaik-baiknya.  Selain mendapat piagam penghargaan, pemenang juga akan diberikan Dana Insentif Daerah,” ujar Hudori, Sekjen Kemendagri tentang lomba simulasi riil new normal yang dibuat video oleh tak hanya seluruh pemerintah daerah provinsi, tapi juga diikuti  kabupaten/kota.

 

Kemendagri Buat Lomba Yang Memacu Kreatifitas Pemda Dalam Tatanan Normal Baru

“Setiap daerah dapat memanfaatkan kesempatan ini dengan sebaik-baiknya.  Selain mendapat piagam penghargaan, pemenang juga akan diberikan Dana Insentif Daerah.” – Hudori

Konvergensi Majalah MATRA

Tinggalkan Balasan

Translate »