Ekonomi

Mengatasi Youtube Tidak Bisa Dibuka: Install Ulang!

Mengatasi Youtube Tidak Bisa Dibuka: Install Ulang!

Mengatasi Youtube Tidak Bisa Dibuka: Install Ulang!Mengatasi Youtube Tidak Bisa Dibuka: Install Ulang!

MATRANEWS.id—  Masalah saat mengakses YouTube, selain sever down, ada beberapa penyebab mengapa Youtube tidak bisa diakses.  Data aplikasi YouTube penuh.

Ini karena pengguna smartphone, aplikasi YouTube-nya penuh. Biasanya hal ini disebabkan karena terlalu banyak mendownload video untuk ditonton secara offline.

Apabila saat membuka youtube.com Anda melihat laman kesalahan, bukan laman YouTube, mungkin disebabkan oleh salah satu alasan berikut:

Mungkin koneksi Anda bermasalah. Pastikan Anda masih dapat mengakses situs web lain seperti biasanya.

Administrator jaringan atau ISP Anda mungkin memblokir YouTube. Hubungi administrator jaringan atau ISP Anda untuk mempelajari lebih lanjut.

Jika Anda baru saja meng-install Youtube di smartphone, tapi aplikasi ini langsung tidak bisa dibuka. Bisa jadi terjadi kesalahan dalam proses peng-install-an.

Coba uninstall atau hapus install aplikasi Youtube, lalu install ulang aplikasi Youtube kembali di smartphone Anda.

Cek juga sebelumnya, PlayStore (Android) atau AppStore (iPhone) pada smartphone Anda, apakah aplikasi sudah diperbaharui (update).

Seperti aplikasi lain, aplikasi Youtube juga perlu di-update, meski Youtube merupakan aplikasi bawaan di HP Anda.

Biasanya jika ada pembaharuan, smartphone akan memberikan peringatan melalui notifikasi. Tapi bisa jadi saat itu Anda tidak menyadarinya, sehingga pengecekan secara manual perlu dilakukan.

Sama seperti aplikasi lainnya, YouTube juga menyimpan cache. Jadi dengan semakin sering Anda menggunakan aplikasi ini maka cache-nya pun akan semakin menumpuk.

Berita Menarik :  Startup Indonesia di Tengah Gempuran Asing

Jika digunakan terus menerus dan tidak rajin dihapus, aplikasi YouTube sangat mungkin mengalami error dan tidak bisa dibuka.

Dalam kasus ini, cara mengatasi YouTube tidak bisa dibuka adalah dengan menghapus cache secara rutin.

Cara hapus cache: 

Buka menu “Setting” (Pengaturan), lalu “Application and Permission”, kemudian “App Manager” dan cari aplikasi YouTube. Masuk ke “Internal Storage” dan pilih “Clear Cache”.

Segala aktivitas Anda di YouTube, akan tersimpan di ‘history’ aplikasi ini baik itu konfigurasi, informasi mengenai akun, juga thumbnail video.

Unggahan video di YouTube untuk ditonton online juga bisa memberatkan kerja YouTube.

Sama seperti cache, makin sering dan lama pemakaian maka data yang tersimpan oleh aplikasi juga akan semakin menumpuk.

Jika dibiarkan menumpuk, sewaktu-waktu aplikasi YouTube dapat crash dan tak dapat digunakan lagi. Jadi, hapus secara berkala data aplikasi YouTube.

YouTube merupakan aplikasi yang paling banyak memakai jatah RAM. Jika RAM di HP sudah hampir penuh, biasanya operasi smartphone Anda akan menjadi lebih lambat.

Ibarat sebuah ruangan, ruang tersebut akan terasa lebih lowong jika barang-barang yang tak terpakai di dalamnya dikeluarkan atau dibuang.

YouTube tidak bisa diakses bisa juga disebabkan oleh virus yang membuat software beserta hardware rusak.

Tandanya apa jika smartphone Anda terdapat virus?

Tanda yang paling sering terjadi adalah aplikasi YouTube tiba-tiba tertutup sendiri, atau smartphone cepat panas padahal saat itu Anda hanya membuka YouTube saja.

Berita Menarik :  Sisi Gelap Ekonomi Neolib -

Kalau tadi kita sudah membahas beberapa masalah internal dalam aplikasi YouTube, sekarang kita melihat apakah ada masalah eksternal pada smartphone.

Cek jaringan internet Anda, apakah bagus?

Mengatasi Youtube Tidak Bisa Dibuka: Install Ulang!

 

Mengatasi Youtube Tidak Bisa Dibuka: Install Ulang!

Mengatasi Youtube Tidak Bisa Dibuka: Install Ulang!Mengatasi Youtube Tidak Bisa Dibuka: Install Ulang!

Konvergensi Majalah MATRA
Redaksi
the authorRedaksi
Translate »