Ekonomi

Model Cantik Fenny Steffy Burase & Irwandi Yusuf, Gubernur Aceh. Punya Hubungan Khusus?

702Views

MATRANEWS.id – Perempuan model cantik itu merupakan pengiat Aceh Maraton 2018. Dari ujung kepala sampai kaki, sosok berkerudung itu berpakaian serba hitam. Dia ditemani seorang lelaki kerabatnya.

Fenny Steffy Burase, diperiksa Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) pada Rabu, 18 Juli 2018. Dia diperiksa sebagai saksi untuk Gubernur Aceh Irwandi Yusuf dalam perkara suap Dana Otonomi Khusus Aceh (DOKA).

Gadis asal Manado sekaligus staf ahli Aceh International Marathon ini, menjadi satu dari empat saksi yang dicegah KPK bepergian ke luar negeri sejak 6 Juli 2018 hingga enam bulan ke depan.

Panitia Aceh Marathon mengklaim tidak ada anggaran khusus untuk honor Steffy sebagai tenaga ahli. Tapi KPK menduga, aliran duit Irwandi mengalir ke lomba adu lari tersebut.

Steffy merupakan seorang atlet lari asal manado yang kini tinggal di aceh dan berhubungan baik dengan Irwandi Yusuf.

Terungkapnya kasus ini bermula dari operasi tangkap tangan yang digelar KPK di Aceh pada Selasa malam, 3 Juli 2018. Dalam operasi tersebut, KPK menyita uang tunai Rp 50 juta dan bukti transfer masing-masing sekitar Rp 50 juta, Rp 190 juta, dan Rp 173 juta.

KPK menduga duit setengah miliar itu adalah sebagian dari total Rp 1,5 miliar uang suap yang akan diberikan kepada Irwandi. Diduga pemberian tersebut bagian dari commitment fee 8 persen jatah pejabat di pemerintah Aceh dari setiap proyek yang dibiayai dana otsus. “Pemberian kepada gubernurnya melalui orang-orang dekatnya,” ujar Wakil Ketua KPK Basaria Panjaitan.

Ketika ditanya soal total biaya penyelenggaraan Aceh International Marathon 2018 Steffy mengaku totalnya sekitar Rp 13 miliar.

“Medali saja Rp 500 juta. Bajunya juga ada sekitar Rp 300 sampai Rp 400 juta, saya kurang jelas. Pokoknya total event keseluruhan memakan biaya kurang lebih sekitar Rp 13 miliar sudah semuanya,” kata Steffy di Gedung Penunjang KPK Merah Putih.

Ketika ditanya soal rumor yang mengatakan ia punya kedekatan dengan khusus dengan Irwandi, Steffy mengatakan ia hanya punya hubungan kerja dengan Irwandi sejak proyek Aceh International Marathon 2018 atau sejak sekitar tahun 2017.

“Saya punya hubungan kerja dengan beliau dan sangat profesional. Terlepas dari apapun gosip, saya kira itu biar orang aja bercerita. Tapi saya sudah klarifikasi saya dengan beliau bemar-benar hubungan kerja. Sejak project Aceh Marathon ini. Dari tahun kemarin. Karena program ini dibuat hampir satu tahun, ” kata Steffy yang berharap agar event tersebut tetap berlangsung meskipun ada dugaan suap dalam event tersebut.

“Sampai saat ini dari Pemda bilangnya ditunda ya. Dan keputusan memang ada di Pemda. Seharusnya (tetap berlangsung),” kata Steffy.

Sebelumnya, Steffy dan Irwandi disebut mengikuti rapat Aceh Marathon bersama sejumlah penjabat di Sabang.

Ternyata, sebelum namanya heboh di Aceh, Fanny Steffy pernah berperan dalam pembuatan video klip Langit Bumi (Wali Band).
Di dalamnya ada adegan perpisahan antara istri dan suami pada scene awal video klip tersebut.

Digambarkan, adegan suami yang tiba-tiba mendapat surat tugas ke medan tempur, harus rela meninggalkan istrinya yang tengah hamil muda.
Sang istri Steffy Burase, ex pramugari Adam Air, Merpati dan Air Asia, berperan sebagai pemeran utama di dalam video klip.

Terlepas dari issue yang beredar, 1 hal yang saya jamin kebenarannya, dia sangat mencintai rakyatnya. Kita hidup di dunia politik. Yang benar bisa salah begitu pun sebaliknya,” papar Steffy.

Steffy memaparkan curahan hatinya lewat medsos, terkait Gubernur Irwandi ditetapkan sebagai tersangka terkait kasus dugaan suap. Steffy meminta semua pihak untuk tidak terpancing dengan pihak-pihak yang dinilai mengambil keuntungan dari penangkapan tersebut.

“Dear teman-teman, kondisi sedang tidak kondusif. Mohon tidak terpancing dengan pihak-pihak yang diuntungkan dari kejadian ini dengan comment2 nggak enak melalui akun-akun palsu mereka. Setiap perbuatan ada alasannya, benar ngganya Allah yang tahu.

“Mohon jangan mencela. Kita tidak pernah tahu seberapa besar pengorbanan beliau,” tulis mantan pelari dan pramugari ini di awal tulisannya.

Pada paragraf terakhir, Steffy meminta masyarakat untuk mendoakan Gubernur Irwandi yang kini sudah ditahan KPK. Selain itu, Steffy juga mengajak netizen untuk menjauhi fitnah.

“Maka mohon doanya, menghina enggak menghasilkan ladang pahala. Dosa iya, padahal benar pun kita nggak tahu. Stay positive, kalau salah biar Allah yang menghukum tapi kalau benar, kita pun beramal dengan doa-doa kita. Umat muslim itu bersaudara. Dan jauhi ghibah dan fitnah. Sekali lagi mohon doa untuk Pak Gub Aceh,” tulis Steffy.

baca juga: majalah MATRA edisi cetak terbaru – klik ini

Redaksi
the authorRedaksi

Tinggalkan Balasan

Translate »