MUDIK AMAN Tips Aman Saat Mudik: S = Siapkan

MUDIK AMAN Tips Aman Saat Mudik: S = Siapkan

MATRANEWS.id — MUDIK AMAN. Tips aman saat mudik:  S = Siapkan. Diantaranya :

– Siapkan Fisik Anda

Pastikan ketika anda akan melakukan perjalanan jauh tidur minimal 6 jam sebelum melakukan perjalanan, dan lakukan istirahat 30 menit pada setiap 3 jam perjalanan Anda.

Usahakan lakukan power nap tidur nyenyak dengan waktu 15 – 30 menit saat istirahat.

Atur juga pola asupan makanan pada saat sahur, pastikan perbanyak nutrisi dan mineral agar terhindar dari dehadrasi saat diperjalanan.

-Siapkan Mental Anda

Pastikan mental juga dalam kondisi prima.

Jika menjadi pengemudi, sadari bahwa Anda mengemudi bersama istri dan anak ataupun keluarga tercinta.

Dan juga sadari bahwa dengan segala kondisi di jalan raya tidak ada yang dapat anda kendalikan,melainkan hanya anda sendiri.

Ingat tujuan anda adalah suka cita, jangan berubah menjadi duka cita!

Siapkan Route Perjalanan

Pastikan anda update berbagai informasi route perjalanan yang Anda tempuh, yang mana informasi tersebut saat ini sdh sangat mudah kita dapatkan dengan memanfaatkan dari berbagai media yang ada.

Sesuaikan waktu keberangkatan Anda dengan tepat sehingga anda dapat terbebas dari kemacetan yg signifikan, serta sediakan route alternatif.

– Siapkan Kendaraan Anda

Lakukan pengecekan kendaran yang akan anda gunakan secara menyeluruh, pastikan kendaraan juga dalam kondisi prima. Diantaranya adalah ;

Ban
Ban merupakan hal yang paling pokok, karena dari semua ornamen dikendaran ban-lah yang langsung bersentuhan dengan lintasan.

Pastikan kondisi tekanan angin, kelayakan kembang ban, batas expired-nya dan termasuk toolkit seperti ban serep, dongkrak dan kunci roda ada pada kendaraanAnda dan dalam kondisi yang baik.

Baca juga :  Pentingnya Pariwisata Berbasis Budaya dan Sejarah di Bangkalan: Acara Malam Terak Bulan Menampilkan Keindahan Lokal

Tak lupa juga kelengkapan lain seperti segitiga pengaman, dan P3  juga tersedia di dalam kendaran.

Air

Cek pada kompartemen mesin yang ada unsur air antara lain; Air coolant radiator, Air Accu dan air wiper.

Pastikan semua terisi pada level maksimal dan tidak ada kebocoran pada selang ataupun seal-sealnya.

Listrik & electrical

Cek segala kelistrikan yang ada pada kendaraan.

Pastikan di kompartemen mesin berbagai kabel dan soket sensor semua dalam kondisi baik dan tidak ada kabel yang terkelupas ataupun meleleh karena terjepit ataupun terbakar.

Dan juga cek semua indikator yang ada pada speedometer.

Pastikan semua dalam kondisi yang prima, serta lampu lampu kendaraan pastkan semua berfungsi dengan baik.

Oli

Cek segala pelumasan seperti ; Oli mesin, minyak Rem, power steering, transmisi dan sebagainya.

Pastikan semua dalam level yang normal serta cek juga kebocoran pada seal-seal maupun selang serta cek juga ketebalan sepatu rem.

Karet dan kertas

Cek juga segala ornamen kendaraan yang terbuat dari karet seperti selang radiator,karet wiper, belt dan semua yg terbuat dari karet, serta tak lupa kertas yaitu dokumen kelengakapan seperti STNK, SIM dan sebagainya.

– Siapkan Barang Bawaan Anda

Tidak dipungkiri bahwa barang bawaan Anda pasti akan sangat banyak, karena berbagai alasan diantaranya pebekalan baju ganti anak, oleh-oleh untuk sanak saudara, dan barang titipan keluarga lainnya.

Baca juga :  Bu Mega ke Resepsi Nikahan Kaesang-Erina Pakai Tindik Hidung

Bijaklah dalam menyusun barang muatan di kabin kendaraan, usahakan jangan terlalu banyak barang didalam kabin, terlebih barang yang mudah bergerak.

Hal ini dapat memperbanyak potensi resiko cidera bagi pengemudi dan penumpang jika terjadi kecelakaan, dan disamping itu pula kenyamanan penumpang akan terganggu jika terlalu banyak barang didalam kabin.

Menyiasatinya bisa dengan menambah roof box pada kendaraan anda atau beberapa barang bawaan dapat dipaketkan terlebih dahulu melalui jasa kurir.

I = Identifikasi bahaya
Pada saat anda mengemudi pastikan anda selalu mengidentifikasi potensi potensi bahaya yang ada dalam perjalanan.

Adapun kiat yang perlu diperhatikan adalah perhatikan pandangan Anda untuk selalu jauh ke depan agar anda dapat mempunyai waktu untuk mengantisipasi segala aral yang ada di depan.

Perhatikan kendaraan yang datang dari arah berlawan.

Perhatikan persimpangan persimpangan kecil yang memungkinkan kendaraan yang akan keluar masuk dan juga perhatikan rambu rambu dan petunjuk yang ada di jalan raya.

Kenapa?

Karena rambu tersebut adalah informasi penting terahadap pengemudi untuk mengetahui apa yang ada di depan sana.

Identifikasi juga didalam route perjalanan anda,dimana ada terdapat potensi keramaian atau kepadatan seperti pasar tumpah, perlintasan KA , dan pusat perbelanjaan lainnya.

Pada perjalanan malam ingat bahwa potensi bahayanya semakin besar, semua orang yang ada dalam kondisi malam hari selalu menganggap jalan sepi, sehingga pengemudi cenderung menambah kecepatan.

Baca juga :  BNSP dan TNI AU Gelar Rakor dan Bimtek, Tingkatkan Kompetensi Personel untuk Hadapi Tantangan

Sementara penduduk sekitarpun juga berfikir hal yang sama sehingga ketika nyebrang/keluar dari gang tidak tengok kanan kiri.

Ditambah minimnya penerangan pada malam hari. Dan selalu identifikasi segala potensi bahaya yang lain, termasuk pergerakan kendaran lain yg ada disekitar.

P = Perhatikan Sekeliling

Biasakan pada saat mengemudi pandangan mata jangan terlalu monoton ke depan, selain hal ini akan membuat anda cepat letih, juga akan membuat anda akan terlena akan area blindspot anda.

Pastikan mata Anda bergerak ke kanan/kiri tiap 2 detik dan juga lakukan cek spion secara rutin dan sistematis kanan-tengah-kiri terus tiap 5 – 8 detik.

Kenapa?

Karena pergerakan Anda saat di jalan raya sangat dinamis maka akan berubah ubah kondisi dan situasi disekitar kendaraan anda.

Minimalisir area blindspot anda, dengan selalu melakukan cek spion dan head check (menoleh sekilas) pada saat manuver Anda baik akan melakukan perlambatan,berbelok, berpindah lajur maupun saat akselerasi.

Pastikan anda selalu dapat Melihat segala sesuatu yg ada disekitar kendaraan anda dari kanan/kiri/atas/bawah/depan/belakang dan pastikan posisi andapun jg dalam posisi Terlihat oleh orang lain yang ada disekitar anda.

Lakukan komunikasi, klakson,lampu deam untuk supaya anda dapat terlihat oleh orang lain.

Semoga bermanfaat bagi Sahabat dimana mana.

Ingat tujuan kita adalah Suka cita berlebaran, jangan jadikan menjadi duka cita oleh kecerobahan Anda sendiri

Silahkan Forward ke orang yang perlu diingatkan.

Tinggalkan Balasan