MATRANEWS.id – NASA dan Lockheed Martin secara resmi meluncurkan pesawat supersonik hening X-59 pada hari Jumat (12/1/24).
Dengan menggunakan pesawat eksperimental unik ini, NASA bertujuan untuk mengumpulkan data yang dapat merevolusi perjalanan udara, membuka jalan bagi generasi baru pesawat komersial yang dapat terbang lebih cepat dari kecepatan suara.
“Pencapaian besar ini hanya mungkin berkat kerja keras dan kecerdasan dari NASA dan seluruh tim X-59,” kata Wakil Administrator NASA, Pam Melroy.”
Dalam beberapa tahun singkat, kita telah beranjak dari konsep ambisius menjadi kenyataan. X-59 NASA ini akan membantu mengubah cara kita bepergian, membawa kita lebih dekat dalam waktu yang jauh lebih singkat.”
Melroy dan pejabat senior lainnya mengungkapkan pesawat tersebut selama upacara yang diadakan oleh kontraktor utama Lockheed Martin Skunk Works di fasilitasnya di Palmdale, California.
X-59 berada di pusat misi Quesst NASA, yang berfokus pada menyediakan data untuk membantu regulator mempertimbangkan ulang aturan yang melarang penerbangan supersonik komersial di atas daratan.
Selama 50 tahun, AS dan negara lain telah melarang penerbangan tersebut karena gangguan yang disebabkan oleh ledakan sonic yang keras dan mengejutkan di komunitas di bawahnya. X-59 diperkirakan akan terbang pada 1,4 kali kecepatan suara, atau 925 mph.
Desain, bentuk, dan teknologinya akan memungkinkan pesawat mencapai kecepatan ini sambil menghasilkan dentuman sonic yang lebih tenang.
“Merupakan hal yang mendebarkan untuk mempertimbangkan tingkat ambisi di balik Quesst dan manfaat potensialnya,” kata Bob Pearce, administrator asosiasi untuk penelitian aeronautika di Kantor Pusat NASA di Washington.
“NASA akan membagikan data dan teknologi yang dihasilkan dari misi unik ini kepada regulator dan industri. Dengan mendemonstrasikan kemungkinan perjalanan supersonik komersial yang hening di atas daratan, kami berusaha membuka pasar komersial baru bagi perusahaan AS dan memberikan manfaat kepada pelancong di seluruh dunia.”
Dengan penyelesaian penggulungan, tim Quesst akan beralih ke langkah-langkah berikutnya dalam persiapan penerbangan pertama: pengujian sistem terintegrasi, pengujian mesin, dan pengujian taksi untuk X-59.
Pesawat ini dijadwalkan untuk lepas landas untuk pertama kalinya pada tahun ini, diikuti oleh penerbangan supersonik hening pertamanya.
Tim Quesst akan melakukan beberapa pengujian penerbangan pesawat di Skunk Works sebelum mentransfernya ke Pusat Penelitian Penerbangan Armstrong NASA di Edwards, California, yang akan menjadi pangkalan operasinya.
“Di kedua tim, ilmuwan, insinyur, dan pembuat produksi yang berbakat, berdedikasi, dan bersemangat telah bekerja sama untuk mengembangkan dan memproduksi pesawat ini,” kata John Clark, wakil presiden dan manajer umum di Lockheed Martin Skunk Works.
“Kami bangga menjadi bagian dari perjalanan ini untuk membentuk masa depan perjalanan supersonik di atas daratan bersama NASA dan pemasok kami.”
Setelah NASA menyelesaikan pengujian penerbangan, lembaga tersebut akan terbangkan pesawat di beberapa kota yang akan dipilih di seluruh AS, mengumpulkan masukan tentang suara yang dihasilkan oleh X-59 dan bagaimana persepsi orang terhadapnya.
NASA akan menyediakan data tersebut kepada Administrasi Penerbangan Federal dan regulator internasional.
X-59 adalah pesawat eksperimental unik, bukan prototipe – teknologinya dimaksudkan untuk memberikan informasi kepada generasi mendatang pesawat supersonik hening.
Dengan panjang 99,7 kaki dan lebar 29,5 kaki, bentuk dan kemajuan teknologinya akan membuat penerbangan supersonik hening menjadi mungkin.
Hidung pesawat X-59 yang tipis dan berbentuk kerucut menyumbang hampir sepertiga dari panjangnya dan akan memecah gelombang kejut yang biasanya akan menyebabkan pesawat supersonik menghasilkan ledakan sonic.
Karena konfigurasi ini, kokpit terletak hampir di tengah panjang pesawat – dan tidak memiliki jendela yang menghadap ke depan.
Sebagai gantinya, tim Quesst mengembangkan Sistem Visi Eksternal, serangkaian kamera resolusi tinggi yang memberi makan monitor 4K di kokpit.
Tim Quesst juga merancang pesawat ini dengan mesin yang dipasang di atas dan memberikan bagian bawah yang halus untuk membantu menjaga gelombang kejut dari menyatu di belakang pesawat dan menyebabkan ledakan sonic.