Peluncuran Amsinews: Platform Agregator Konten AMSI untuk Memperluas Jangkauan Media Siber Indonesia

MATRANEWS.id — Peluncuran Amsinews: Platform Agregator Konten AMSI untuk Memperluas Jangkauan Media Siber Indonesia

Asosiasi Media Siber Indonesia (AMSI), sebuah organisasi yang terdiri dari sekitar 450 anggota dari 27 provinsi di Indonesia, telah meluncurkan sebuah inisiatif revolusioner dalam dunia media.

Melalui upaya kolaboratif ini, AMSI telah menghasilkan Amsinews, sebuah platform agregator konten yang bertujuan untuk memperluas jangkauan audiens dan meningkatkan kesadaran akan beragam topik yang diangkat oleh media-media anggota.

Dalam suatu acara yang dipandu oleh Indonesia Digital Conference (IDC) 2023 di Hotel El Royale, Bandung, Jawa Barat pada Rabu, 23 Agustus 2023, Amsinews resmi diperkenalkan kepada publik. Suwarjono, Penanggung Jawab Program Agregator pada IDC, menjelaskan bahwa Amsinews tidak sekadar sebuah platform, melainkan sebuah konsep 3 in 1 yang melibatkan distribusi konten, agensi periklanan, dan sistem manajemen konten.

Dengan adanya Amsinews, AMSI bertujuan untuk menjembatani kesenjangan antara media-media lokal dan nasional dengan berbagai fokus dan wilayah operasi.

Hal ini akan memungkinkan para anggota AMSI untuk lebih efektif dalam menjangkau audiens mereka dan memperluas dampak dari berita dan informasi yang mereka sajikan.

Suwarjono berharap bahwa Amsinews akan lebih dari sekadar peluncuran, tetapi akan segera diadopsi dan didukung oleh seluruh anggota AMSI.

Dalam tahap peluncuran awal ini, beberapa media anggota telah bergabung dengan agregator ini, yang menandai langkah pertama dalam penggabungan konten-konten media yang beragam.

Heru Tjatur, Ketua Tim Developer Agregator, menegaskan bahwa tujuan utama dari Amsinews adalah untuk memfasilitasi berbagi sumber daya guna mendorong kemajuan bersama.

Ini mencakup sumber daya teknis untuk mengelola infrastruktur dan teknologi platform publikasi media, serta sumber daya ekonomi untuk mengembangkan model bisnis dalam ekosistem media digital.

Agregator ini memiliki mekanisme yang unik di mana media-media yang menjadi anggota akan diberikan akses ke CMS media dan diberikan infrastruktur serta platform yang siap pakai.

Heru juga mengungkapkan bahwa akan ada 10 template yang siap digunakan, yang memudahkan media-media untuk memilih tampilan yang sesuai dengan konten mereka.

Selain itu, konten dari media anggota akan diintegrasikan ke dalam Amsinews.id.

Konten-konten ini akan didistribusikan melalui widget agregator berdasarkan kategori atau isu tertentu.

Ini akan memungkinkan audiens untuk lebih mudah menavigasi dan menemukan konten-konten yang sesuai dengan minat dan preferensi mereka.

Program IDC dan AMSI Awards merupakan bagian dari upaya kerjasama antara AMSI dengan Internews dan USAID MEDIA untuk mendukung keberlanjutan bisnis media di Indonesia.

Tahun ini, dukungan juga datang dari berbagai perusahaan terkemuka seperti PT Astra International Tbk, PT Perusahaan Listrik Negara (Persero), Mining Industry Indonesia (MIND ID), PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk, PT Pertamina (Persero), PT Adaro Energy Tbk, PT Telkom Indonesia (Persero), PT Merdeka Copper Gold Tbk, Bank BJB, Harita Nickel, PT XL Axiata Tbk, dan Minderoo Foundation.

Dengan diluncurkannya Amsinews, langkah berani AMSI ini diharapkan akan membangun ekosistem media yang lebih kuat dan berkelanjutan di Indonesia, memperluas cakupan berita, serta memberikan kontribusi positif bagi perkembangan industri media di era digital.

Tinggalkan Balasan