Pemerintah Kabupaten Bangkalan Siapkan 3 Armada Bus sebagai Feeder Trans Jatim Bangkalan-Surabaya

MATRANEWS.id — Pemerintah Kabupaten Bangkalan Menyiapkan 3 Armada Bus sebagai Feeder Trans Jatim Bangkalan-Surabaya

Bangkalan, 22 Januari 2023 – Untuk mendukung pengoperasian angkutan umum Trans Jatim Bangkalan-Surabaya, Pemerintah Kabupaten Bangkalan telah menyiapkan 3 armada bus sebagai feeder.

Armada ini akan berfungsi untuk mengakomodasi masyarakat yang berpergian dari atau ke Moda Trans Jatim.

Penyerahan 3 armada bus angkutan pedesaan dilakukan oleh PJ. Bupati Bangkalan, Dr. Arief M. Edie, M.Si, kepada Organisasi Angkutan Darat (Organda) Bangkalan pada hari Senin, 22 Januari 2023.

“Pada hari ini, 3 bus angkutan pedesaan diserahkan kepada Organda untuk diuji coba. Trans Bangkalan ini nantinya akan melayani rute Bangkalan-Kamal, Bangkalan-Tanjung Bumi, dan Bangkalan-Blega,” jelas PJ. Bupati.

Terkait pengelolaannya, PJ. Bupati menyatakan bahwa biaya operasional, termasuk BBM, akan dikelola oleh Organda.

“Kami juga sudah berkoordinasi dengan pihak Organda terkait tarif tiket, dan telah disepakati tarif flat sebesar Rp. 7.000,-,” kata PJ. Bupati.

Tarif tersebut mencakup biaya akomodasi seperti gaji pengemudi, perawatan, dan kebutuhan BBM. “Namun, akan tetap kami evaluasi apakah tarif ini dapat menutupi penghasilan dan biaya operasionalnya,” lanjutnya.

Dalam waktu dekat, PJ. Bupati akan menyusun regulasi trans Bangkalan sebagai feeder yang dikelola oleh Organda melalui Peraturan Bupati. Regulasi ini juga akan mencakup penggantian plat merah menjadi plat kuning sebagai tanda transportasi publik.

“Kedepan, kami berharap lima angkutan umum kecil dapat digantikan dengan pengelolaan bus, sehingga pengelolaannya dapat bergantian dan tidak merugikan pengusaha angkutan kota. Para kru angkot akan diajak bekerja sama dalam mengelola Trans Bangkalan melalui Organda,” tambahnya.

Pemerintah Kabupaten Bangkalan optimis bahwa langkah ini akan memberikan kontribusi positif bagi masyarakat, meningkatkan kenyamanan perjalanan, dan mendukung pengembangan sistem transportasi umum di wilayah tersebut.

Tinggalkan Balasan