Peresmian Festival Rupiah Berdaulat Indonesia dan Peluncuran Buku Kedaulatan Negara

Oleh Gubernur Bank Indonesia

MATRANEWS.idFestival Rupiah Berdaulat Indonesia (FERBI) 2024: Peresmian dan Peluncuran Buku Kedaulatan Negara di Istora Senayan

 

 

 

 

 

 

 

Bank Indonesia dengan bangga menyelenggarakan Festival Rupiah Berdaulat Indonesia (FERBI) 2024 yang berlangsung di Istora Senayan, Kompleks Gelora Bung Karno, Jakarta Pusat.

Acara ini dibuka secara daring oleh Gubernur Bank Indonesia, Perry Warjiyo, dan dihadiri oleh berbagai tokoh penting dan keluarga pahlawan nasional.

Festival ini menjadi momentum penting bagi Bank Indonesia dalam menegaskan peran Rupiah sebagai simbol kedaulatan negara.

Acara yang berlangsung pada pagi hari tersebut diawali dengan peresmian Festival Rupiah Berdaulat Indonesia oleh Gubernur Bank Indonesia.

Selanjutnya, acara dilanjutkan dengan peluncuran buku berjudul “Rupiah Untuk Kedaulatan Negara” yang merupakan karya terbaru dari Bank Indonesia.

Acara ini turut dihadiri oleh para tokoh bangsa dan keluarga pahlawan nasional yang namanya telah diabadikan dalam Rupiah.

Hadir di antaranya adalah putri sulung Proklamator Kemerdekaan RI dan mantan Wakil Presiden, Bung Hatta, yaitu Prof. Dr. Meutia Farida Swasono; Dra. Noorwati Djuanda dan Ismeth Wibowo yang mewakili keluarga Pahlawan Nasional dan Perdana Menteri RI terakhir, Ir. H. Djuanda.

Tampak hadir juga Dra. Diennaryati Tjokrosuprihatono, cucu dari Pahlawan Nasional Husni Thamrin, yang juga mantan Dubes RI untuk Ekuador. Keluarga almarhum WR Supratman, pencipta lagu kebangsaan Indonesia Raya, juga turut hadir dalam acara ini.

Selain keluarga pahlawan nasional, momen ini dihadiri oleh Deputi Gubernur Bank Indonesia, Doni Primanto Joewono, SE, MBA; Asisten Operasi KASAL, Laksda TNI Yayan Sofiyan, ST, M.Si; Karorenminops Korbrimob Polri, Brigjen Pol Drs. Rudy Harianto; Kepala Departemen Pengelolaan Uang Bank Indonesia, Marlison Hakim; serta sejumlah perwakilan dari Perusahaan Umum Percetakan Uang Republik Indonesia (Peruri), Ditjen Bea Cukai, dan tamu undangan lainnya.

Selain peresmian dan peluncuran buku, acara ini juga diwarnai dengan dialog kebangsaan yang menegaskan pentingnya kedaulatan negara dalam segala aspek, termasuk di bidang ekonomi.

Dialog ini diharapkan dapat menginspirasi generasi muda untuk lebih mencintai dan menjaga kedaulatan bangsa melalui penggunaan Rupiah sebagai mata uang nasional.

Bank Indonesia melalui FERBI 2024 ini berharap dapat terus memperkuat semangat nasionalisme dan cinta tanah air, serta meningkatkan kesadaran akan pentingnya Rupiah sebagai alat pemersatu bangsa.

Bank Indonesia menghadirkan keluarga sejumlah Pahlawan yang nama dan gambarnya ditaruh di mata uang rupiah 

 

 

 

Tinggalkan Balasan