Pria dan Kesenggangan Laksamana Muda TNI Julius Widjojono

MATRANEWS.id —  Di balik seragam militernya yang gagah, Laksamana Muda TNI Julius Widjojono, C.H.R.M.P punya hobi menarik.

Sayang, tak boleh diungkap ke publik. Padahal, melihat foto-foto dan mendengar cerita, pria yang lahir pada 4 November 1967 itu seru juga. Human interest dan hobi laki banget.

Perwira tinggi TNI-AL yang merupakan seorang pecinta alam sejati itu mengungkapkan bahwa di tengah-tengah kesibukannya dalam tugas-tugasnya, dia selalu mencari waktu untuk menjalankan “ritual” khususnya itu.

Julius merupakan sosok tentara idealis dan berintegritas, yang mengemban amanat sebagai Kepala Pusat Penerangan TNI sejak 29 Maret 2023.

Ia adalah seorang alumni Akademi Angkatan Laut (AAL) angkatan ke-XXXV/tahun 1989. Namun, di balik pekerjaannya yang membutuhkan ketelitian dan fokus tinggi, dia juga memiliki hasrat yang mendalam terhadap aktivitas luar ruangan.

Ketika ditemui di Kawasan Senayan Park, hanya sejauh lemparan batu dari tempat tinggalnya di Mess Pati TNI AL, kawasan Wisma Lumba-lumba, Bendungan Hilir, Jakarta Pusat, Julius tampak trendi dengan postur tubuh yang tetap terjaga.

Disiplin dalam menjaga kebugaran fisik dan mental adalah salah satu prinsip yang telah dipegang teguh olehnya.

Sebagai seorang tentara, kegiatan olahraga adalah bagian tak terpisahkan dari kehidupannya. Ia juga rajin latihan menembak di lapangan tembak kantornya.

Nah, selain hobi di alam bebas yang off the record itu.

“Saya suka memancing di laut lepas dengan teknik mancing Jigging, melempar umpan jig hingga mencapai dasar laut dan kemudian memainkan jig dengan cara menggulung senar dan menarik joran ke atas dan ke bawah agar umpan jig bermain untuk menarik ikan,” ujar Julius

Adapun teknik jigging ini dikelompokkan ke dalam beberapa teknik jigging yaitu, speed jigging, slow jigging, slow pitch jigging, vertical jigging dan cast jig. Namun jigging ini juga dikelompokkan ke dalam bebarapa jigging action mulai dari fast jerking hingga long jerking.

Jigging umumnya diaplikasikan di deep sea atau mancing laut dalam, shore jig yaitu mancing di pinggiran laut dengan menggunakan cast jig, dan juga bisa diaplikasikan pada mancing ultralight menggunakan micro jig.

“Kalau popping merupakan teknik mancing dengan melempar popper dan memaikannya di atas permukaan air dengan menarik popper berulang-ulang agar memercik air untuk menarik ikan agar menyambar,” masih kata Julius sembari menyebut beberapa cara teknik memancing seperti handlining, Longlining atau slabbing.

Laksda Julius bersama Ketua Asosiasi media digital (SS Budi Raharjo) dan Bendahara Forum Pimpinan Media Digital (Asri Hadi).

 

 

 

 

 

Tinggalkan Balasan