MATRANEWS.id — Instagram perlu visualisasi menarik. Tapi, visualisasi saja tak cukup.
Kenapa?
Pasalnya, ada begitu banyak konten visual yang sangat indah dan menawan di Instagram.
Bagaimana membuat brand atau produk Anda harus bersaing ekstra keras untuk memenangkan konten visual?
Konten visual melalui caption foto.
Caption atau keterangan foto pada Instagram bisa menjadi salah satu senjata ampuh menarik perhatian target audiens Anda selain visual yang atraktif. Caption merupakan tempat atau kesempatan Anda untuk dapat memberi suara pada konten visual tersebut.
Dengan caption ini, secara efektif akan mendorong keterlibatan atau engagement yang membuat Anda mendapatkan lebih banyak likes dan komentar dari audiens Anda.
Sekali lagi, dalam dunia digital marketing – engagement adalah kunci. Dan engagement ini akan dikelola dengan baik oleh Instagram dan Anda yang akan menuai hasilnya.
Algoritma Instagram akan menampilkan posting dalam feeds berdasarkan kemungkinan pengguna tersebut akan tertarik dengan konten.
Artinya apa?
Foto atau video dengan banyak komentar dan likes akan memiliki kesempatan untuk muncul di feeds target audiens Anda.
Kalau begitu, Anda pasti sudah sangat penasaran tentang bagaimana membuat caption Instagram yang bagus dan mendorong engagement.
“Algoritma Instagram akan menampilkan posting dalam feeds berdasarkan kemungkinan pengguna tersebut akan tertarik dengan konten”.
Sebenarnya, apa yang membuat caption Instagram itu bagus?
Teks Instagram yang hebat akan menambahkan konteks, memamerkan kepribadian brand Anda, menghibur audiens, dan mengajak followers Anda untuk bertindak.
Caption ini terdiri dari 2.200 karakter termasuk emoji dengan 30 hashtag.
Caption harus berbicara dengan foto dan audiens Anda.
Tipsnya ini:
#1. Kenali Audiens
-Mengenali audiens adalah langkah awal yang sangat penting.
-Semakin baik Anda mengenal audiens maka akan semakin memudahkan Anda dalam melibatkan mereka pada strategi Instagram marketing Anda.
-Anda bisa mengawalinya dengan membangun persona atau kepribadian dari audiens Anda.
-Persona ini menguraikan rincian dasar tentang target pelanggan Anda, tujuan mereka, dan masalah yang mereka hadapi.
-Untuk membangun persona ini, Anda bisa mengajukan beberapa pertanyaan yang Anda perlukan untuk menentukan siapa pelanggan Anda.
-Mulai dari berapa umur mereka? Di mana mereka tinggal?
-Pekerjaan macam apa yang mereka miliki? Apa yang mereka lakukan di luar pekerjaan?
-Setelah Anda menentukan jawaban dari pertanyaan ini, maka Anda akan mudah dalam menentukan konten, caption serta konteks pada Instagram Anda.
#2. Identifikasi Brand Voice Anda
-Jika Anda belum mengidentifikasi brand voice Anda sebagai bagian dari rencana social media marketing yang lebih luas, sebaiknya tanyakan pada diri Anda: apa kualitas dan nilai yang saya inginkan dari brand saya?
-Buat daftar dan gunakan untuk membentuk brand voice Anda.
-Anda bisa juga menuliskan beberapa kata sifat yang menggambarkan brand Anda dan menggunakannya untuk menyempurnakan brand voice.
-Contohnya adalah kata berani, penasaran, berwibawa dan sebagainya.
-Umumnya, pengguna Instagram memang tidak mengharapkan nada formal atau serius dalam caption.
Tapi, tentu saja tergantung pada industri dan audiensnya. Namun tak ada salahnya bagi Anda untuk menjaga agar tetap ringan, gunakan humor yang sesuai, dan tunjukkan kepribadian brand Anda.
#3. Pertimbangkan Panjangnya Caption
-Yang harus Anda ingat saat membuat caption adalah kebanyakan orang menelusuri feeds Instagram mereka dengan cepat.
-Tidak ada standar tentang berapa panjangnya caption, namun jaga agar tetap singkat.
Namun bila ada cerita menarik untuk diceritakan di balik konten foto tersebut, maka ceritakanlah.
-Akun Instagram National Geographic merupakan salah satu akun yang terbaik yang menyajikan caption yang panjang.
-Seperti halnya visual majalah, adanya caption yang menyertainya selalu memberikan nilai lebih.
#4. Edit dan Tulis Ulang
-Luangkan waktu Anda untuk membuat caption.
-Jangan pernah takut untuk melakukan perubahan caption terutama jika konten Anda lebih dari beberapa baris.
-Pastikan setiap kata mendukung konten dan pesan yang ingin Anda sampaikan. Potong kata-kata yang jelas tidak perlu.
-Sebaiknya Anda juga meminta orang lain untuk mengedit pekerjaan Anda.
-Sepasang mata baru akan lebih mudah dalam mengamati kesalahan yang mungkin telah Anda singkirkan setelah menghabiskan begitu banyak waktu berkutat dengan caption tersebut.
#5. Gunakan Hashtag dengan Bijak
-Menggunakan hashtag memang bukanlah sebuah kewajiban, tapi penggunaannya sangat membantu Anda.
-Tidak hanya membantu Anda mendapatkan lebih banyak followers Instagram, namun ini adalah salah satu cara untuk terhubung dengan audiens Anda, dan memudahkan audiens Anda untuk menemukan konten tentang Anda.
-Hashtag yang tepat juga dapat menyoroti dan mengkontekstualisasikan konten Anda.
-Gunakan hashtag yang relevan dengan posting dan target audiens Anda, tapi jangan terlalu banyak menggunakannya yang justru terlihat mengganggu.
#6. Ajukan Pertanyaan
-Salah satu cara termudah untuk mendapatkan lebih banyak komentar di foto Anda adalah dengan menggunakan caption untuk mengajukan pertanyaan kepada followers Anda.
-Bisa jadi, pertanyaan ya atau tidak, pertanyaan seperti kuis, atau pertanyaan terbuka.
-Anda juga bisa menggunakan caption yang meminta audiens Anda untuk memberikan tips atau rekomendasi.
#7. Dongkrak Engagement dengan Call-to-Action
-Anda bisa mendongkrak engagement dengan memberikan call-to-action pada caption Anda.
Caranya?
-Mintalah dengan pertanyaan atau pernyataan yang mengundang orang untuk meninggalkan komentar, men-tag teman mereka, atau mempertimbangkan pendapat tertentu. Anda harus membuat isi posting yang menarik bagi audiens agar mau bertindak sesuai keinginan Anda.
-Tips lainnya adalah Anda bisa membuat call-to-action yang terlalu sayang untuk dilewatkan oleh audiens Anda.
Apalagi kalau bukan kontes atau giveawayuntuk memenangkan hadiah yang menarik.
#8. Gunakan Emoji
-Anda pasti sering bertanya-tanya, apakah emoji boleh untuk digunakan dalam caption Instagram?
-Tentu saja boleh! Ikon animasi atau emoji dapat membantu menarik perhatian pembaca dan merupakan cara terbaik untuk menambahkan kepribadian brand ke dalam caption Anda.
Membuat caption Instagram yang bagus dan mendongkrak engagement memang sepertinya sulit, tapi jika Anda ingin sukses di Instagram, penting untuk tidak membiarkan caption Instagram Anda menjadi sekedar renungan atau angin lalu.
Menulis caption Instagram yang baik bisa menjadi game changer untuk engagement Instagram Anda!
—
www.majalahmatra.com