Perjalanan Majalah Berita Mingguan TEMPO yang lahir 6 Maret 1971, dipaparkan para pelaku sejarah.

Goenawan Mohamad, Haryoko Trisnadi, Usamah Said, Christianto Wibisono dan Renville Almatsir menuturkan pengalaman mereka saat membangun majalah yang berusia 50 tahun pada 6 Maret 2021.

TEMPO yang terbit dengan gambar utama Pemain Bulutangkis Minarni itu, hadir dengan modal pertama Rp 18 juta, ditambah dengan membeli perlengkapan lain, termasuk mesin ketik IBM.

Maka,  modal total mencapai Rp 20 juta. Plus modal pinjaman untuk cadangan yang bisa digunakan dalam operasional TEMPO.

 

Sejarah Perjalanan TEMPO: Dari Senen Raya Hingga Palmerah Barat
Para pendiri TEMPO: Harjoko Trisnadi, Eric Samola dan Goenawan Mohamad

Haryoko Trisnadi dari Majalah Jaya duduk sebagai Pemimpin perusahaan, dan Goenawan Mohamad sebagai Pemimpin Redaksi menjalankan TEMPO yang akhirnya melejit namanya.

Hingga mampu membeli 50% saham membeli sebuah gedung bertingkat di Kuningan, Jakarta, lokasi segitiga emas Jakarta, sebelum berhasil mendirikan gedung sendiri di Palmerah Barat, Jakarta.

 

Sejarah Perjalanan TEMPO: Dari Senen Raya Hingga Palmerah Barat
Gedung TEMPO Jln. Palmerah Barat Jakarta

Dalam kesempatan itu, Goenawan Mohamad menjawab seluruh pertanyaan hadirin yang jumlahnya hampir 50 orang. Sejumlah mantan wartawan TEMPO hadir bersama para pembaca setia lainnya.

Acara yang dimulai pukul 19.00 WIB itu, berlangsung selama 3 jam, diisi dengan guyonan dan pengalaman para wartawan. Termasuk Seiichi Okawa, koresponden TEMPO di Tokyo.

Sejarah Perjalanan TEMPO: Dari Senen Raya Hingga Palmerah Barat
Kantor TEMPO Jln. Senen Raya, Jakarta Pusat.

Dan, Bambang Harymurti, satu-satunya wartawan calon antariksawan Indonesia yang akan ikut terbang bersama Pratiwi Sudarmono dan Rizman Nugraha serta Taufik.

Sayang misinya membawa satelit Palapa ke luar angkasa dibatalkan, setelah pesawat ulang-alik Challenger meledak dalam misi sebelumnya.

sumber: Sejarah Perjalanan TEMPO: Dari Senen Raya Hingga Palmerah Barat

Sejarah Perjalanan TEMPO: Dari Senen Raya Hingga Palmerah BaratSejarah Perjalanan TEMPO: Dari Senen Raya Hingga Palmerah BaratSejarah Perjalanan TEMPO: Dari Senen Raya Hingga Palmerah BaratSejarah Perjalanan TEMPO: Dari Senen Raya Hingga Palmerah BaratSejarah Perjalanan TEMPO: Dari Senen Raya Hingga Palmerah BaratSejarah Perjalanan TEMPO: Dari Senen Raya Hingga Palmerah BaratSejarah Perjalanan TEMPO: Dari Senen Raya Hingga Palmerah BaratSejarah Perjalanan TEMPO: Dari Senen Raya Hingga Palmerah Barat

Sejarah Perjalanan TEMPO: Dari Senen Raya Hingga Palmerah BaratSejarah Perjalanan TEMPO: Dari Senen Raya Hingga Palmerah Barat

Sejarah Perjalanan TEMPO: Dari Senen Raya Hingga Palmerah BaratSejarah Perjalanan TEMPO: Dari Senen Raya Hingga Palmerah Barat