Kepolisian

Selamat Memperingati Hari Bhayangkara ke-74

Oleh: Arief Mulya Edie (Direktur Satpol PP dan Linmas Kemendagri)

Selamat Memperingati Hari Bhayangkara ke-74
395Views

 

Selamat Memperingati Hari Bhayangkara ke-74

MATRANEWS.id — Polisi di seluruh Indonesia adalah Alat Negara. Selain memberi rasa aman dan ketertiban di masyarakat. Maksudnya, tertib dan tegaknya hukum, juga memberi perlindungan, pengayoman, dan pelayanan kepada kita semua mahluk hidup di dunia ini.

Polri yang mandiri dan profesional sebagai pengemban amanah dan penegak hukum. Keberhasilan polisi dalam pemolisiannya, sejatinya, bukan semata mata pada pengungkapan kasus atau perkara. Melainkan juga mana kala keteraturan sosial / Kamtibmas dapat terwujud dan terpelihara.

Menjadi garda terdepan, terbinanya ketentraman masyarakat dengan menjunjung tinggi Hak Asasi Manusia (HAM) yang menekankan pada seluruh personel Polri dengan semboyan “Promoter” (Profesional, Modern Dan Terpercaya).  Promoter ini untuk mendukung misi Presiden Joko Widodo tentang peningkatan Trust (kepercayaan) masyarakat terhadap Polri.

Tentunya bukan tugas mudah menjalankan tema tersebut. Hingga Polisi menjadi Bhayangkara Negara yang profesional dan disegani.

Kita tahu, bagaimana Lembaga kepolisian melakukan pemeliharaan keamanan dan ketertiban (peace and order maintenance) dan penegakan hukum (law enforcement). Apalagi kita masuk dalam situasi krisis, dalam masa pandemi virus covid-19 yang belum berkesudahan. Kita dalam situasi New Normal.

Sisi humanis polisi sering muncul jika ada bencana. Di tengah-tengah banjir, misalnya, mereka menyelamatkan para korban tanpa kenal lelah. Ada polisi yang menggendong ibu yang hamil tua karena terjebak arus air yang terus meninggi.

Berita Menarik :  RI Satu Jadi Saksi Pernikahan Anak BG dan Buwas. Sempat Mati Lampu?

Tidak bermaksud membandingkan Polisi RI dengan Satpol PP atau dengan personel Tentara Nasional Indonesia (TNI) yang juga sangat gesit tatkala ada bencana. Kita semua bersinergi menciptakan ketertiban umum dan ketenteraman dan perlindungan masyarakat.

Bersama Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda), melakukan tindakan humanis namun tegas agar masyarakat bisa mentaati aturan.  Agar seluruh elemen masyarakat menaati dan mengikuti aturan PSBB (Pembatasan Sosial Berskala Besar) itu demi mencegah penularan Covid-19.

Kehadiran Satpol PP, Linmas dan Damkar yang bersinergi dengan Polri senantiasa diharapkan masyarakat dalam melaksanakan aktifitas sehari-hari.  Tak hanya dalam Pilpres lalu yang membuat kita dipuji di dunia internasional sebagai bangsa, yang mampu menjalankan sistem demokratis dengan baik.

Ini juga sebagai refleksi dari negara hadir di masyarakat.  Menjadi tanggung jawab Polisi RI, TNI dan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) serta Satuan Perlindungan Masyarakat (Satlinmas) juga, yang akan ikut mengawal dan menyukseskan pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak yang akan berlangsung di 270 daerah di Indonesia.

Kami selalu mendukung kebijakan pemerintah pusat dan daerah dalam penyelenggara pemilu, baik KPU dan Bawaslu.  Mari kita sukseskan Pilkada serentak Desember ini, dengan menjaga ketenteraman dan ketertiban umum guna mendukung kelancaran penyelenggaraan pelaksanaan pilkada serentak tahun 2020.

Selamat Memperingati Hari Bhayangkara ke-74Selamat Memperingati Hari Bhayangkara ke-74

Jenderal Polisi Drs. Idham Azis, M.Si. (lahir di Kendari, Sulawesi Tenggara, 30 Januari 1963) adalah seorang perwira tinggi Polri yang menjabat sebagai Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia sejak tanggal 1 November 2019, menggantikan Jenderal Pol. Tito Karnavian.

Selamat Memperingati Hari Bhayangkara ke-74Selamat Memperingati Hari Bhayangkara ke-74

Selamat Memperingati Hari Bhayangkara ke-74Selamat Memperingati Hari Bhayangkara ke-74

Selamat Memperingati Hari Bhayangkara ke-74Selamat Memperingati Hari Bhayangkara ke-74

Konvergensi Majalah MATRA

Tinggalkan Balasan

Translate »