internasional

Eks Diktator Mesir Husni Mubarak Mangkat

Eks Diktator Mesir Husni Mubarak Mangkat
270
MATRANEWS.id — Berita mengenai mantan Presiden otoriter Mesir, Husni Mubarak yang meninggal dunia pada Selasa (25/2/2020) menarik perhatian dunia.
Husni Mobarak, mangkat kemarin. Ia meninggal pada usia 91 tahun.
Mubarak menghabiskan hampir sebagian besar sisa hidupnya di Rumah Sakit Militer Maadi di Mesir Selatan di bawah pengawalan ketat lantaran tengah menjalani proses pengadilan terkait kasus korupsi dan konsiprasi pembunuhan.
Mantan diktator Mesir itu akhirnya dibebaskan pada 24 Maret 2017 setelah dinyatakan bersalah atas kasus kecil dan hukuman yang dinilai cukup ringan.
Rezim Mubarak berkuasa di Mesir selama 30 tahun. Selama masa kepemimpinannya, Mubarak dituduh telah melakukan korupsi dan gagal mengentaskan kemiskinan di Mesir selama berpuluh-puluh tahun.
Ia sempat selamat dari pelbagai percobaan pembunuhan dan memegang kekuasaan terpanjang setelah Muhammad Ali Pasha, pendiri negara Mesir modern dan menentang fundamentalisme Islam pada waktu itu.
Mubarak akhirnya terpaksa lengser dari kekuasaan pada 11 Februari 2011 setelah terjadi demo besar-besaran di negeri itu selama 18 hari.

Presiden keempat Mesir 1981 itu dijungkalkan dalam revolusi Musim Semi Arab, penggantinya Mohamed Morsi dipilih secara demokratis.

Berita Menarik :  Trump Berkampanye di Florida Tengah
Konvergensi Majalah MATRA

Tinggalkan Balasan

Translate »