Kata Bijak Orang Bijak

Kata Bijak Orang Bijak

MATRANEWS.id — Kata Bijak Orang Bijak

  • “Knowledge speaks, but wisdom listens.” (Jimi Hendrix)

Pengetahuan berbicara; sikap bijaksana mendengarkan.

  • “Sleep is an excellent way of listening to an opera.” (James Stephens)

Tertidur adalah cara yang baik untuk mendengarkan opera.

  • “A narcissist is someone better looking than you are.” (Gore Vidal)

Orang narsis adalah mereka yang lebih tampan dari Anda.

10 Ciri Pemimpin Strategis

Pemimpin yang berpikir dan bertindak strategis bagi organisasinya mempunyai 10 karakteristik sebagai berikut:

    1. Memiliki perspektif yang utuh.
    2. Berkomitmen mengembangkan kreativitas dan inovasi.
    3. Berpandangan visioner dan berpikir jauh ke depan.
    4. Mampu mendeteksi lingkungan internal dan eksternal.
    5. Mempunyai pola berpikir yang global.
    6. Senang menelusuri masalah, rasa ingin tahu tinggi.
    7. Terbuka terhadap ide-ide baru.
    8. Berani untuk bersaing.
    9. Memahami industri yang digeluti secara mendalam.
    10. Memahami keuangan dan manajemen risiko.

Kiat Menulis Memo Efektif

Banyak orang menganggap enteng penulisan memo dalam lingkup organisasi. Padahal memo adalah dokumen kerja resmi yang dapat digunakan di pengadilan sebagai bukti kalau terjadi penyelewengan. Karena itu, seksamalah dalam menulis memo. Berikut ujud dasar sebuah memo:

Kop: Posisinya di pojok kiri atas dan mencakup informasi berikut:

  • Kepada: Nama dari penerima memo,
  • Dari: Pembuat memo,
  • Tanggal: Informasi tanggal pembuatan memo,
  • Perihal: Intisari maksud memo ini,
  • Rangkuman: Tulisan rangkuman harus singkat padat tentang isi nota,
  • Diskusi: Cantumkan seluruh detail yang menunjang rangkuman,
  • Tindakan: Langkah-langkah yang harus ditempuh pembaca memo.
Baca juga :  Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa Resmi Jadi Warga Kehormatan Korps Marinir TNI AL

7 Tips Tentang Politik Kantor (Office Politics)

Kantor tempat kerja, bukan panggung politik. Tapi “office politics” (baku tikam, menebar isu, dan gosip) kerap menghadirkan situasi politik itu. Berikut tujuh cara menghindari politisasi kantor:

  1. Hati-hati dalam menghadapi suatu konflik. Kalau bisa jangan berpihak.
  2. Bersikap tegas, langsung, dan obyektif, tanpa harus bermusuhan.
  3. Hati-hati berbagi informasi. Tak semua orang harus tahu semua hal.
  4. Usahakan pembawaan yang ramah dan siap kerjasama dengan semua.
  5. Berpikir dan bersikap positif dalam menghadapi informasi dan situasi.
  6. Jangan dimasukkan ke hati berbagai ucapan emosional berbagai pihak.
  7. Waspadai adanya kepentingan terselubung dari sebuah program/agenda

 

Tinggalkan Balasan