Anda Mulai Pelupa? Ini Ada Cara Mengatasi Lupa

MATRANEWS.id — Anda Mulai Pelupa? Ini Ada Cara Mengatasi Lupa

Karena itu, bagaimana Anda dapat membedakan apakah kehilangan daya ingat itu disebabkan oleh muatan daya ingat  yang  melewati  batas  atau  karena  rintangan  emosional?

Kalau Anda hutang dan lupa bayar, bukan kriteria ini ya.

Inilah beberapa isyarat  sebelum  Anda  pergi  ke dokter:

  • Anda lupa akan semua pengalaman Anda, termasuk yang penting, jadi bukan hanya rinciannya
  • Kelalaian Anda membatasi kemampuan Anda untuk berfungsi akibatnya keluarga Anda, keuangan Anda, tangung jawab sosial dan bisnis  Anda menjadi  kacau
  • Kadang-kadang Anda bertingkah laku dengan cara tidak  biasa dan tidak menyenangkan, tetapi Anda tidak tahu apa sebabnya
  • Kelalaian Anda membuat Anda menderita.

Kira-kira separuh dari jumlah orang tua yang mengalami  kebingungan dan kelupaan luar biasa berpenyakit Alzheimer. Hingga saat ini, tidak seorang pun tahu bagaimana menyembuhkannya atau apa  penyebabnya.

Penyakit  itu  sendiri  kini diteliti dengan cermat. Para sarjana menyadari, penyakit tersebut menimbulkan beberapa perubahan fisik dan kimia dalam otak, dan mereka sedang menyelidiki apakah memperbaiki atau membalikkan perubahan itu agar keadaan kembali seperti semula, akan dapat menyembuhkan penyakit tersebut.

Mungkin penyakit ini disebabkan faktor keturunan, atau  virus yang  aktivitasnya lambat. Penyakit SDAT yang cepat menyebar, yang menimpa orang-orang muda, cenderung melanda semua anggota keluarga, sedangkan jenis yang lebih umum yang  biasanya  menghinggapi orang-orang tua tidak demikian halnya.

Penyakit yang ditemukan pada 1906 oleh Alois  Alzheimer, pada  seorang  pasien  berusia  51 tahun, itu biasanya berkembang lambat. Kehilangan daya ingat dalam usia mungkin karena sebab-sebab yang biasa. Misalnya karena infeksi, demam  panas, kondisi metabolis, sakit jantung dan urat-urat darah, atau karena reaksi racun terhadap obat.

Sebagian dari penyebab itu perlu segera dilenyapkan, kalau tidak, penderita tidak akan tertolong bahkan mungkin mati. Karena itu, kalau Anda berusia lebih dari 35 tahun, dan kehilangan daya ingat merupakan masalah tetap, periksakanlah diri pada dokter.

Semakin lama Anda hidup,  semakin banyak pula yang harus Anda ingat.

Anehnya, kemungkinan besar Anda lebih mengingat nama rekan-rekan Anda semasih kanak-kanak, dari pada rekan kerja Anda tiga tahun lalu. Sebabnya, waktu itu (saat kanak-kanak itu) otak Anda lebih efesien, dan nama yang harus Anda ingat tidak terlalu banyak.

Beberapa contoh tentang kelupan yang dikemukakan berikut ini seharusnya membuat  Anda waspada akan kemungkinan adanya penyakit. Janganlah menganggap kelupaan itu semata-mata karena Anda bekerja terlalu keras, terlalu lelah, ketegangan, rintangan emosional, dan sebagainya. Berhati-hatilah terhadap gejala ini:

  • Anda tidak ingat dimana Anda meletakkan kunci mobil Anda
  • Anda lupa dimana Anda menikah, walaupun Anda telah berusaha keras mengingatnya.
  • Anda tidak tahu dimana memarkir mobil
  • Mobil Anda disita, karena Anda lupa membayar angsurannya, padahal Anda mempunyai uang.
  • Pangkat Anda diturunkan karena Anda selalu lupa di mana menempatkan surat-surat penting atau  Anda lupa menelpon kembali nasabah.
  • Anda beberapa kali hampir menimbulkan kebakaran karena Anda menyalahkan kompor dan lupa mematikannya.
  • Anda sering menemukan milik Anda di tempat yang tidak seharusnya, dan Anda tidak tahu mengapa milik Anda itu berada di sana.

Kalau gejala itu menyerang Anda, berkonsultasilah dengan dokter.

Tinggalkan Balasan