Budaya  

Apa Anda Menyadari Kebahagiaan Sejati dalam Kehidupan?

MATRANEWS.id — Menyadari Kebahagiaan Sejati dalam Kehidupan

Dalam keseharian, seringkali kita terjebak dalam kesibukan mencari materi dan keinginan duniawi.

Nah,  apakah kita pernah merenung bahwa kebahagiaan sejati tidak selalu tergantung pada seberapa mahal atau besar sesuatu yang kita miliki?

Mari kita melihat beberapa aspek kehidupan yang seharusnya membuat kita merenung.

Waktu yang Sama, Harga Jam yang Berbeda

Memakai jam tangan seharga Rp 500.000,- atau Rp 50.000.000,- mungkin memang membedakan status sosial, namun keduanya tetap menunjukkan waktu yang sama. Harga tidak selalu mencerminkan makna atau nilai sesuatu.

Bersepeda dan Berkeringat

Bersepeda dengan sepeda seharga 100jt atau 1jt, tetap mengeluarkan keringat yang sama. Aktivitas fisik tetap menjadi kunci untuk kesehatan, tidak peduli seberapa mahal alatnya.

Tas dan Dompet: Fungsi yang Sama

Menggunakan tas atau dompet seharga Rp 500.000,- atau Rp 5.000.000,-, keduanya membantu membawa barang atau uang. Fokus pada fungsi daripada nilai materi.

Rumah, Ukuran, dan Kesepian

Ukuran rumah tidak selalu mencerminkan tingkat kesepian. Walaupun tinggal di rumah seluas 50 m2 atau 5.000 m2, kesepian bisa tetap sama. Kebahagiaan datang dari dalam.

Kelas Pesawat dan Realitas Bahaya

Terbang dengan first class atau ekonomi class, tetap saja, jika pesawat jatuh, kita semua ikut jatuh. Status sosial tidak dapat menyelamatkan dari risiko yang dihadapi bersama.

Kebahagiaan Sejati dalam Hubungan

Kebahagiaan sejati datang dari hubungan dengan pasangan, anak, saudara, dan teman. Momen bersama, tertawa, dan berbagi menjadi inti kebahagiaan yang hakiki.

Selain itu, ada beberapa pemikiran penting yang patut diingat:

Mendidik Anak untuk Bahagia

Jangan mendidik anak untuk terobsesi menjadi kaya. Didiklah mereka untuk bahagia, sehingga nilai hidup mereka bukan hanya diukur dari aspek materi.

Makan Sebagai Obat

“Makan makananmu sebagai obat. Jika tidak, kamu akan makan obat-obatan sebagai makanan.” Penting untuk menjaga kesehatan tubuh dengan pola makan yang baik.

Cinta Sejati

Seseorang yang mencintaimu tidak akan pernah meninggalkanmu. Cinta sejati mampu bertahan meskipun ada banyak alasan untuk menyerah.

Manusia dan Menjadi Manusia

Banyak perbedaan antara “manusia & menjadi manusia.” Hanya orang bijak yang dapat memahami makna sejati dari kedua konsep tersebut.

Hidup dan Pilihan

Hidup adalah antara “B” birth (lahir) dan “D” death (mati), di tengahnya adalah “C” choice (pilihan). Keberhasilan hidup ditentukan oleh setiap pilihan yang kita buat.

Enam Dokter Terbaik

Ada enam dokter terbaik: keluarga, istirahat, olahraga, makan sehat, teman, dan tertawa. Merawat aspek-aspek ini dapat meningkatkan kualitas hidup secara menyeluruh.

Catatan pinggirnya adalah, mari nikmati hidup dan tetap bersandar pada Allah, Sang Pencipta kehidupan.

Semoga pemikiran ini dapat memberikan manfaat dan menginspirasi kita untuk mengejar kebahagiaan yang sejati.

BACA JUGA: majalah MATRA edisi Januari 2024, Klik ini

Tinggalkan Balasan