Blackmores Peduli Nutrisi Bunda

Dalam Kacamata Suami Siaga

MATRANEWS.id — Saat mendengar “Kampanye Blackmores Peduli Nutrisi”, sontak ingatan saya langsung mengais-ngais kejadian silam. Seperti sedang menyusun puzzle kehidupan, rangkaiannya mampir di kepala.

Kita para suami siaga (siap-antar-jaga), sudah menyiapkan segala sesuatunya sebelum hari kelahiran tiba.

Bagaimana seorang pria atau suami itu, punya peran penting. Dan harus memberi kenyamanan ke istri, mampu mengambil keputusan tepat di saat terjadi sesuatu hal yang genting dan membutuhkan penanganan cepat.

Pokoknya, “suami siaga” itu sigap dan membantu menjaga kesehatan istri, karena ingin, calon bayinya sehat.

Kita sudah diskusi panjang kali lebar, tentang persiapan kehamilan menyambut sang buah hati.

Tugas suami siaga merupakan tugas yang gampang-gampang susah. Kenyataannya, tidak ada seorang pun yang betul-betul siap dan tidak ada yang salah dengan itu.

Suami siaga selalu ingat hari perkiraan bayi lahir. Kemudian, kasih info pada kerabat maupun tetangga. Pasalnya, tugas seorang jurnalis, bisa saya, pas hari H, tiba tiba ada penugasan.

Antisipasi, tatkala saya tak bisa mendampingi istri di momen persalinan.

Sudah mencari tahu lokasi rumah sakit terdekat yang memiliki fasilitas yang memadai. Selain itu, apa kendaraan yang akan digunakan menuju rumah sakit terutama di saat-saat istri hendak melahirkan.

Tak lupa, paham akan peran penting asupan nutrisi pada ibu hamil dan menyusui untuk pertumbuhan dan perkembangan buah hati di dalam rahim dan masa depan anak.

Catatan pinggir lain adalah, saat istri kita hamil, bukan hanya harus kita dukung secara fisik, tapi juga secara emosional. Wow kan!?

Sebagai suami siaga nih. Kita harus sabar, bagaimana kiat atau cara kita, menjaga istri, yang secara emosional ada masa “roller-coaster”. Di mana kondisi emosionalnya naik turun.

Ada kalanya sang istri merasa bahagia atas kehamilannya, lalu tiba-tiba menangis tanpa alasan, atau stres karena merasa tidak berguna.

Nah, ini art-nya di sini.

Tak hanya membantu istri mengerjakan pekerjaan rumah. Dimana perut yang semakin membesar dan juga waktu tidur yang semakin berkurang, ruang gerak istri kita semakin terbatas dan ia mudah lelah.

Mencuci piring, menyetrika, mengepel, atau mengerjakan pekerjaan rumah lainnya yang terbilang berat. Saya ambil alih, agar istri bisa lebih banyak tidur dan beristirahat.

Selama kehamilan, tubuh istri kita mengalami perubahan yang signifikan. Sadar atau tidak sadar perubahan fisik ini akan membawa kecemasan tersendiri baginya.

Jadi, suami siaga harus juga memberi pujian. Bahwa ia tetap cantik walau perutnya membesar dan berat badannya naik.

Kita, para suami wajar bila jadi “pengawal” mendampingi ibu dan bayi untuk memeriksakan kesehatannya ke dokter. Kemudian, jadi rajin baca buku dan artikel tentang kehamilan.

Saya jadi rajin mengembara ilmu, mencari info tentang apa saja yang terkait hal-hal ibu dan anak.

BACA JUGA: Aksi Blackmores Peduli Nutrisi Bunda

Ya, saya mendadak jadi pakar, perihal masa depan anak. Disebut bagaimana kehidupan dimulai dari 1000 hari pertama. Sejak dalam kandungan, si jabang bayi perlu asupan nutrisi.

Dengan mengetahui informasi ini, istri jadi merasa aman dan nyaman. Sang istri saya selalu ingatkan, kemudian dijejali ragam makanan serta minuman bergizi juga vitamin.

Saya kasih motivasi juga, ke istri agar paham persalinan nanti mulus. Anak yang lahir pun sehat walafiat, jangan lupa minum vitamin. Saya bisa disebut cerewet, karena selalu wanti-wanti  ke istri jangan lupa minum vitamin.

Eng-ing-eng. Hal-hal ini, laiknya keping-kepingan puzzle itu yang sedang disusun.

BACA JUGA: Kampanye Blackmores Peduli Nutrisi

Menjadi suami siaga memberikan manfaat yang besar kepada kesehatan ibu dan perkembangan bayi yang di kandung.

Blackmores terus terang saja merupakan vitamin yang kami kenal, sebagai vitamin dengan konten jaminan mutu. Suplemen yang diproduksi di Autralia sejak 1932. Terpercaya, hanya memang karena produk import, ehem, untuk harga ya lumayan juga.

Sungguh sebuah langkah mulia, saat mendengar ada program “Blackmores Peduli Nutrisi
Bunda”, dan akan membagikan 12.000 botol Blackmores Pregnancy and Breastfeeding Gold kepada ibu hamil dan menyusui.

Target yang dibagikan adalah orang-orang yang kurang mampu di Kota Solo, Jawa Tengah. Karena dengan demikian, langkah Blackmores memberikan asupan nutrisi lengkap kepada ibu hamil dan menyusui, sama saja mendukung program pemerintah.

Langkah niat mulia ini, kiranya berkelanjutan dan menjadi viral.

Agar tercukupi asupan nutrisi pada ibu hamil dan menyusui. Terkait, pertumbuhan dan perkembangan buah hati di dalam rahim dan masa depan anak.

Masih banyak cerita lain, dalam merenda mimpi terkait vitamin untuk ibu hamil. Sambil tersenyum saya mengingat-ingatnya.

Yang pasti, kami hingga sekarang ini, kami sekeluarga masih minum Blackmore Vitamin D3 10000 IU juga Blackmores Vitamin C 500.

Kami sekeluarga, hingga anak kami sudah bekerja dan yang satu masih duduk di bangku kuliah, rutin minum Blackmores sebagai benteng daya tahan tubuh, di masa pandemi.

Ada saja yang membawa oleh-oleh dari luar negeri, vitamin Blackmores. Menjadikan kami selalu sehat dan bahagia.

Ini ciyus loh, bukan karena menulis ini terkait Lomba Karya Jurnalistik.  Hanya sedikit kisah, menebalkan empati, berpikir mengenai makna kehidupan.

S.S Budi Rahardjo, Majalah MATRA (matranews.id)

****

#selvi@advo-indonesia.com, #dewi@advo-indonesia.com

Program Blackmores Peduli Nutrisi Kerjasama FoodCycle Indonesia dan Yayasan Gita Pertiwi

 

BACA JUGA: majalah MATRA edisi Juni 2022, klik ini

Tinggalkan Balasan