Cara Atasi Sakit Kepala Bagi Yang Sedang WFH

WFH Menyebabkan Banyak Yang Sakit Kepala, Ini Cara Atasinya

MATRANEWS.id — Seorang profesional yang sedang bekerja di work from home (WFH) mengeluh kepada sahabatnya. Ia sedang drop, kepala sakit, seakan merasa kurang oksigen.

Benarkah kurang oksigen?

Sejatinya, banyaknya pekerjaan, kurangnya sosialisasi dengan lingkungan luar, terlalu lama menatap layar komputer.

Juga pengaturan cahaya yang kurang tepat saat bekerja di rumah atau WFH seringkali menjadi alasan mengapa seseorang lebih mudah mengalami sakit kepala.

Langkah pertama yang bisa Anda lakukan jika sakit kepala melanda saat bekerja di rumah adalah dengan menghentikan aktivitas di depan layar untuk beberapa saat.

Manfaatkan waktu untuk menghirup udara segar agar sirkulasi oksigen ke otak berjalan dengan lancar. Lihat dedaunan hijau.

Sembari rileks, silahkan memijit bagian pelipis, pundak, dan leher secara perlahan untuk meringankan rasa sakit di kepala.

Gerakan Peregangan

Cara menyembuhkan sakit kepala selanjutnya adalah dengan melakukan gerakan peregangan yang merupakan bagian dari yoga.

Yaitu gerakan untuk membantu melancarkan aliran darah dan oksigen ke otak dan tubuh bagian atas.

Seated forward bend, yaitu duduk di lantai dengan meluruskan kedua kaki ke depan. Setelah itu mendorong tubuh ke depan secara perlahan dan usahakan agar jari tangan menyentuh jari kaki dengan posisi lutut tetap lurus tidak menekuk.

Tujuan dari posisi ini adalah untuk membantu melancarkan aliran darah ke jantung agar dapat memompa oksigen ke otak dan tubuh bagian atas dengan baik.

Child’s pose, yaitu duduk bersimpuh dengan menekuk kedua kaki, kemudian menekuk tubuh (posisi membungkuk dengan kening menempel lantai atau matras) dengan kedua tangan lurus ke depan sejauh mungkin.

Posisi telapak tangan menghadap ke bawah. Posisi ini bertujuan untu membalikkan gaya gravitasi ke arah atas, sehingga mendorong oksigen lebih banyak ke bagian leher, bahu, dan punggung untuk membantu mengatasi sakit kepala selama #dirumahaja.

Berbaring di lantai dan menaikkan kedua kaki ke dinding. Tujuannya adalah untuk membalikkan gaya gravitasi agar aliran darah ke otak menjadi lebih lancar.

Dengan begini, asupan oksigen ke kepala menjadi lancar sehingga bisa meredakan sakit kepala.

Posisi berbaring dengan memeluk kedua kaki yang ditekuk sampai dada dan menahannya selama 30 hingga 60 detik untuk meregangkan otot punggung dan melancarkan peredaran darah ke otak.

Anda bisa melakukan kedua gerakan ini selama 15 detik sebanyak tiga kali pengulangan untuk mendapatkan hasil terbaik.

Istirahat Cukup

Sakit kepala umumnya terjadi karena seseorang memiliki waktu tidur yang kurang di malam hari. Saat istirahat selama enam jam setiap malam, tidak perlu memakai bantal. Kaki sebaiknya yang memakai bantal, agar lebih tinggi dari posisi badan.

Menjaga berat badan yang sehat.

Kondisi kelebihan berat badan atau obesitas juga bisa menjadi penyebab mager alias malas gerak. Ini menjadikan sirkulasi darah kurang lancar. Minum air sirih merah yang direbus, untuk membantu sirkulasi darah.

Salam sehat

Tinggalkan Balasan