FIFA Memberikan Sanksi Ringan kepada PSSI

FIFA, akhirnya memberikan sanksi kepada Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) terkait dengan pencabutan status tuan rumah Piala Dunia U-20 2023

FIFA memberikan sanksi ringan terhadap Indonesia usai batal tuan rumah Piala Dunia U-20 2023. Mereka mengumumkan langsung dalam rilis, Kamis (6/4/2023). (Foto: FIFA)
FIFA memberikan sanksi ringan terhadap Indonesia usai batal tuan rumah Piala Dunia U-20 2023. Mereka mengumumkan langsung dalam rilis, Kamis (6/4/2023). (Foto: FIFA)

MATRANEWS.id – Setelah sebelumnya mencabut status tuan rumah Piala Dunia U-20 2023 dari Indonesia, FIFA akhirnya memberikan sanksi kepada Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI). Namun, sanksi yang diberikan oleh otoritas sepak bola dunia tersebut masih tergolong ringan.

Setelah berdiskusi dengan Ketua Umum PSSI, Erick Thohir, FIFA akhirnya menjatuhkan sanksi berupa larangan penggunaan pendanaan program FIFA Forward hingga pemberitahuan selanjutnya dan penerapan atas rencana strategis yang sudah dijelaskan sebelum sanksi.

“Dalam hal administrasi, FIFA memberikan sanksi atas larangan penggunaan pendanaan FIFA Forward hingga pemberitahuan selanjutnya dan penerapan atas rencana strategis yang sudah dijelaskan sebelum sanksi,” kata pernyataan resmi dari FIFA.

Meski memberikan sanksi, FIFA juga memberikan dukungan penuh kepada PSSI dalam proses transformasi dan akan memberikan asistensi jika diperlukan. Dengan adanya sanksi ini diharapkan PSSI dapat segera memperbaiki kinerjanya untuk mengembangkan sepak bola di Indonesia.

Sebelumnya, Indonesia kehilangan status sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20 2023 setelah FIFA menyatakan bahwa Indonesia tidak memenuhi syarat yang ditetapkan, termasuk soal stadion dan fasilitas pelatihan. Meski begitu, FIFA tetap memberikan kesempatan untuk Indonesia untuk menjadi tuan rumah turnamen tersebut pada tahun yang berbeda.

Tinggalkan Balasan