Ekonomi

Jokowi & Jusuf Kalla Absen, Prabowo Hadiri Perayaan HUT ke-67 Kopassus

267Views

Calon Presiden Nomor Urut 02 Prabowo Subianto menjadi “bintang” di acara ultah Komando Pasukan Khusus (Kopassus).

MATRANEWS.id — Ulang tahun Komando Pasukan Khusus menjadi pembicaraan hingga kini.

Ramai dipertanyakan, kenapa Presiden Republik Indonesia Joko Widodo dan Wakil Presiden Republik Indonesia Muhammad Jusuf Kalla, hanya mengucapkan selamat kepada Komando Pasukan Khusus yang tengah berulang tahun ke-67.

Ucapan video selamat dari Jokowi dan Kalla ditampilkan di layar besar panggung utama lapangan tempat perayaan HUT Ke-67 Kopassus pada Rabu (24/4/2019).

“Enam puluh tujuh tahun Kopassus telah menjadi kebanggaan rakyat Indonesia sebagai pasukan khusus TNI yang memiliki profesionalisme dan integritas yang tinggi. Selalu siap menunaikan pengabdian terbaiknya pada negara dan bangsa,” kata Jokowi di layar monitor.

“Dirgahayu Kopassus yang ke-67. Semoga Tuhan Yang Maha Esa selalu meridoi pengabdian di mana pun saudara bertugas.”

Setelahnya giliran Kalla menyampaikan ucapannya di video terpisah.

“Prajurit Kopassus di mana pun berada, kalian adalah kebanggaan bangsa yang tidak pernah terpisahkan dalam setiap langkah perjuangan NKRI,” kata Kalla.

Sebagai kekuatan yang tidak terpisahkan dari komponen penting bangsa ini, maka kekuatan Kopassus harus menjadi kekuatan pamungkas dalam melawan setiap anasir bangsa. Ingat pesan saya.

“Professionalisme Kopassus adalah kekuatan negara dalam menjaga tetap tegaknya bangsa Indonesia dalam bingkai NKRI dan Bhinneka Tunggal Ika. Dirgahayu ke-67 Komando Pasukan Khusus,” masih komentar JK.

Dua video ucapan selamat tersebut diputar sebelum video sejarah Kopassus dari masa ke masa dan aksi-aksi berbahaya dari para prajurit dan srikandi Kopassus.

Sementara itu, calon Presiden Nomor Urut 02 Prabowo Subianto menjadi “bintang” di acara ultah Komando Pasukan Khusus (Kopassus).

“Saya sangat bahagia. Sangat bangga. Saya lihat penampilan prajurit Kopassus luar biasa,” kata Prabowo.

Prabowo yang sedang duduk, ketika dihampiri prajurit Kopassus menyodorkan silet itu langsung berdiri. Ia mengambil silet itu dan memeriksa ketajaman silet itu dengan teliti. Ada adegan mengunyah silet dari pasukan khusus.

Mantan Komandan Jenderal (Danjen) Komando Pasukan Khusus ( Kopassus) Prabowo Subianto mengaku senang dapat menghadiri peringatan ulang tahun Kopassus yang digelar di lapangan Markas Kopassus, Cijantung.

Selain mendapat mengucapkan selamat kepada prajurit Kopassus secara langsung, melihat seluruh rangkaian atraksi kemampuan yang ditampilkan membuatnya mengingat masa lalu.

“Luar biasa kemampuannya luar biasa. Iya ingat masa muda, ingat masih masa agak kurus,” kata Prabowo Subianto. Dia percaya korps baret merah tempatnya pernah tergabung dapat menjaga keamanan Indonesia dari berbagai ancaman yang menyasar bumi pertiwi.

Calon presiden nomor urut 02 itu juga berharap prajurit Kopassus terus menempa kemampuan mereka guna menjaga keamanan Indonesia. “Kopassus agar tetap semangat mepertahankan kemampuan, selalu setia kepada negara dan bangsa,” ujarnya.

Prabowo Subianto yang tiba sedari pagi tampak antusias mengikuti seluruh rangkaian acara yang disajikan korps baret merah.

Dalam setiap pergantian atraksi, dia tak segan bertepuk tangan memuji kemampuan prajurit yang ditempa agar mampu menghadapi berbagai tantangan.

Sejarahnya, pasukan elite yang menjadi bagian dari Komando Utama (KOTAMA) tempur TNI AD itu dipelopori Letkol Slamet Riyadi pasca penumpasan kelompok Republik Maluku Selatan (RMS) pada 1950 silam.

Satuan militer pemukul elite itu kemudian diwujudkan Kolonel AE Kaliwirang–yang memimpin Tentara Teritorium II menumpas RMS–secara resmi pada 16 April 1952. Kesatuan Komando Teritorium III yang dibentuk AE Kaliwirang itu kemudian menjadi cikal bakal Korps Baret Merah.

Dalam perjalanannya, pasukan elite itu mengalami sejumlah perubahan nama yakni Resimen Pasukan Komando Angkatan Darat (RPKAD), Komando Angkatan Darat (KKAD), Pusat Pasukan Khusus TNI AD (PUSPASSUS TNI AD),Komando Pasukan Sandi Yudha (KOPASSANDHA).

Terakhir, sejak 1985 hingga sekarang, pasukan itu bernama Komando Pasukan Khusus (KOPASSUS).

baca juga: majalah MATRA edisi cetak — klik ini —

MATRA TV — klik ini

Redaksi
the authorRedaksi

Tinggalkan Balasan

Translate »