In Memoriam Dr. Lo Siauw Ging, Dokter yang Mengabdi tanpa Pamrih di Solo

MATRANEWS.id — In Memoriam: Dr. Lo Siauw Ging, Dokter yang Mengabdi tanpa Pamrih di Solo

Pada Selasa, 9 Januari 2024, kota Solo kehilangan salah satu sosok dokter yang luar biasa, Dr. Lo Siauw Ging, yang akrab disapa “Lo.”

Dokter ini bukan hanya dikenal karena kepiawaiannya dalam mendiagnosa penyakit, tetapi juga karena semangatnya yang luar biasa dalam melayani tanpa pamrih.

Dr. Lo Siauw Ging telah meninggalkan kita, namun warisannya sebagai dokter penuh dedikasi dan kepedulian akan terus dikenang oleh banyak orang.

Pria kelahiran Magelang pada tanggal 16 Agustus 1934, dalam keluarga pengusaha tembakau moderat, Lo Ban Tjiang dan Liem Hwat Nio.

Setelah menyelesaikan pendidikan menengahnya di Semarang, Dr. Lo memutuskan untuk mengejar cita-citanya dalam bidang kedokteran.

Pesan ayahnya tetap menggema di telinganya, bahwa seorang dokter sejati tidak hanya mencari materi, tetapi lebih pada tugas mulianya membantu sesama.

Sejak 1963, Dr. Lo memulai karirnya sebagai dokter di Poliklinik Tsi Sheng Yuan yang dimiliki oleh Dr. Oen Boen Ing.

Poliklinik ini kemudian berkembang menjadi RS Panti Kosala dan sekarang dikenal sebagai RS Dr. Oen. Dr. Lo belajar banyak dari mentor sekaligus majikannya, Dr. Oen, yang tidak hanya mahir dalam mengobati tetapi juga memiliki jiwa sosial yang luar biasa.

Salah satu hal yang membuat Dr. Lo Siauw Ging istimewa adalah kebijakannya untuk tidak pernah meminta bayaran kepada pasien. Bahkan biaya obat kadang-kadang dibayar oleh dokter Lo sendiri.

Dokter ini juga membantu pasien yang tidak mampu membayar resep dan bahkan mencari donatur untuk biaya operasi pasien yang membutuhkan.

Dokter Lo dikenal dengan gaya bicaranya yang tegas. Ia tidak segan untuk menegur pasien yang meremehkan penyakit dan mendorong mereka untuk segera mendapatkan bantuan medis.

Semangatnya untuk tetap membuka praktik selama kerusuhan Mei 1998 menunjukkan dedikasinya terhadap tugas mulianya.

Meskipun telah menjadi direktur rumah sakit dan mendapatkan penghargaan MURI pada tahun 2020, kehidupan Dr. Lo Siauw Ging tetap sederhana.

Bersama istrinya, Maria Gandi, mereka tinggal di rumah tua yang relatif tidak berubah sejak awal dibangun. Ia selalu menekankan pentingnya peran istri dalam segala hal yang telah ia capai.

Pada usia 89 tahun, Dr. Lo Siauw Ging meninggalkan kita dengan tenang di Rumah Sakit Kasih Ibu, Solo, pada Selasa, 9 Januari 2024.

Warisannya sebagai dokter yang mengabdi tanpa pamrih dan penuh kasih sayang akan terus hidup dalam kenangan kita. Semoga Tuhan memberkati dan mengampuni beliau. Selamat jalan, dokter Lo Siauw Ging.

Meninggal Dunia Dokter Yang Penuh Kasih Dr. Lo Siauw Ging – Berita Senator

BACA JUGA: majalah MATRA edisi cetak Januari 2024

Tinggalkan Balasan