Warung AlpaMat Dengan Tagline Anda Tumbas Saya Doli Demikian Viral

MATRANEWS.id — Apakah Anda Tahu Lokasi Alpa Mat Ini? Tolong info dong.

Viral di media sosial. Menjadi menarik bahwa di tengah persaingan bisnis ritel supermarket kelas kakap alias hypermarket bertumbangan.

Ya, sebut saja korporasi sekelas PT Hero Supermarket Tbk (HERO) yang menutup Giant atau PT Matahari Putra Prima Tbk (MPPA) yang mencatatkan penurunan penjualan hingga 22 persen.

Muncul Warung Alpamat, dengan tagline Anda Tumbas Saya Doli.

Ini bukan bagian dari Alfamidi yang masih satu group dengan Alfamart atau Superindo atau Indomart pemain bisnis toko ritel lain.

Saat ini, mini market memang mampu merajai pasar retail dan membantai toko besar. Mengalahkan penjualan supermarket, seperti Hypermart, Carrefour, hingga Superindo.

Toko kecil memiliki beberapa keunggulan. Yakni kebutuhan sehari-hari dari makanan hingga barang-barang rumah tangga.

Alfamart muncul dipelopori Djoko Susanto, seorang pengusaha rokok asal Jakarta. Djoko mendirikan jaringan minimarket yang diberi nama Alfa Minimart atau PT Sumber Alfa Trijaya Tbk.

Alfa Mart dan Indomart kerap jaraknya berdekatan, kedua gerai ini juga mudah didapati di wilayah yang banyak penduduknya.

Hal tersebut bertujuan agar mereka dapat memilih pasar yang seluas luasnya. Bisa dibilang merekalah yang menghampiri konsumen agar bisa menarik konsumen sebanyak-banyaknya.

Bisa jadi mereka menggunakan konsep teori lokasi industri, tepatnya Hotelling Theory. Yaitu dimana adanya dua persamaan jenis kegiatan ekonomi yang saling berdekatan dengan tujuan menguasai pasar seluas-luasnya.

Teori ini berfokus pada pemilihan lokasi, dimana hal tersebut dipengaruhi oleh dua faktor: lokasi produsen lain dan perilaku konsumen untuk dicari titik keseimbangan atau equilibrium dimana ia bisa merebut pasar dari kompetitor yang lebih dulu ada di lokasi tersebut.

Saat persentase keuntungan sudah 50:50 maka selanjutnya hanya diserahkan kepada selera konsumen.

Alasan lain adalah untuk menghemat budget riset. Apabila salah satu gerai telah ada di lokasi tertentu, maka dapat dipastikan potensi pasarnya bagus dan lolos uji kelayakan bisnis.

Ini merupakan salah satu rumus membangun gerai baru di kalangan peritel mini market

Kedua gerai ini juga dapat dilihat menggunakan strategi yang sama, yaitu strategi five forces atau pendekatan porter’s five forces. Yaitu metode untuk menganalisis dan mengidentifikasikan kekuatan yang membentuk pola bisnis.

Nah, Alpamat ini pakai teori apa?

Tinggalkan Balasan