Ini Alasan Kenapa Ada Larangan Penjualan Kopi Joss di Malaysia

Arang Panas Bukan Bahan Makanan

MATRANEWS.id — Larangan Penjualan Kopi Joss di Malaysia: Arang Panas Bukan Bahan Makanan

Kopi Joss, minuman khas Jogjakarta yang terkenal dengan cita rasanya yang unik, kini mendapat sorotan di Malaysia.

Minuman yang terkenal karena perpaduan kopi dengan arang panas ini, belakangan menjadi incaran di negara tetangga. Namun, baru-baru ini, pemerintah Malaysia resmi melarang penjualan Kopi Joss di wilayahnya.

Berdasarkan laporan dari World of Buzz, larangan ini diterapkan oleh Kementerian Kesehatan Malaysia berdasarkan Peraturan Pangan Tahun 1985.

Menurut peraturan tersebut, kopi siap minum hanya diperbolehkan memiliki penambahan bahan makanan tertentu, seperti gula, dekstrosa, glukosa atau madu, susu, krim, bahan makanan lain, dan perasa yang diizinkan. Sayangnya, arang tidak termasuk dalam kategori bahan makanan.

Pemerintah Malaysia menetapkan sanksi denda maksimal sebesar 10.00 Ringgit Malaysia atau sekitar Rp33,10 juta bagi siapa pun yang melanggar larangan ini.

Larangan ini menciptakan dampak besar bagi para penggemar Kopi Joss di Malaysia dan penjualnya.

Menurut laporan Bernama, outlet media lokal, arang yang ditambahkan pada Kopi Joss memiliki karakteristik yang berbeda dengan bahan makanan yang diizinkan oleh regulasi.

Pada Kopi Joss, arang yang masih menyala ditambahkan pada minuman tersebut untuk memberikan cita rasa yang khas. Hal ini menyebabkan kopi ini tidak memenuhi persyaratan peraturan pangan yang berlaku di Malaysia.

Keputusan pemerintah Malaysia untuk melarang Kopi Joss menciptakan perdebatan di kalangan masyarakat, terutama di kalangan pencinta kuliner yang menyukai inovasi dan keunikan dalam minuman.

Beberapa mengkritik keputusan ini sebagai pembatasan terhadap variasi kuliner, sementara yang lain memahami bahwa regulasi kesehatan perlu diikuti untuk melindungi konsumen.

Meskipun larangan ini mungkin mengecewakan para penggemar Kopi Joss di Malaysia, tetapi juga menunjukkan pentingnya memahami dan mengikuti peraturan pangan yang berlaku di suatu negara.

Bagi para penjual dan penggemar Kopi Joss, mungkin saatnya mencari inovasi lain atau mencari alternatif yang sesuai dengan regulasi kesehatan yang berlaku.

Apakah Anda sebagai orang Indonesia pernah merasakan Kopi Joss?

Benarkah Kopi joss dilarang dijual di Malaysia? – Berita Senator

Tinggalkan Balasan