Ini Perbedaan Smart TV dan Android TV

MATRANEWS.id — Smart TV vs. Android TV: Jangan Sampai Keliru Memilih!

Dalam era digital saat ini, televisi tidak lagi sekadar perangkat untuk menonton program televisi. Smart TV dan Android TV telah membuka pintu ke dunia hiburan yang lebih luas dengan integrasi internet, memungkinkan pengguna mengakses berbagai aplikasi dan layanan online.

Nah, apa yang membedakan kedua jenis televisi pintar ini?

Perbedaan Utama: Sistem Operasi

Perbedaan utama antara Smart TV dan Android TV terletak pada sistem operasinya. Smart TV biasanya menggunakan sistem operasi khusus yang dikembangkan oleh produsen TV, sementara Android TV menggunakan sistem operasi Android yang dikembangkan oleh Google.

Catat ya, yang membedakan kedua jenis TV ini. Berikut adalah lima poin perbedaan lainnya:

1. Program Aplikasi

Android TV: Memiliki akses ke Google Play Store, yang menawarkan lebih banyak aplikasi seperti Netflix, Amazon Prime, Spotify, dan YouTube.

Pengguna dapat mengunduh aplikasi apa pun yang tersedia di Play Store, memberikan fleksibilitas yang lebih besar dalam memilih konten dan layanan.

Smart TV: Biasanya hanya menyediakan akses ke beberapa aplikasi bawaan yang populer. Tergantung pada produsen, jumlah dan jenis aplikasi bisa sangat terbatas dibandingkan dengan Android TV.

2. Pencerminan dan Transmisi Layar

Android TV: Dapat melakukan pencerminan dan transmisi layar langsung melalui Google Assistant atau Chrome. Ini memudahkan pengguna untuk menampilkan isi smartphone atau tablet di layar TV tanpa memerlukan perangkat tambahan.

Smart TV: Fitur pencerminan dan transmisi layar biasanya memerlukan kabel atau perangkat proyeksi tambahan. Beberapa model mungkin memiliki fitur ini secara nirkabel, tetapi sering kali tidak seefisien Android TV.

3. Voice Assistant

Android TV: Dilengkapi dengan Google Voice Assistant bawaan, memungkinkan kontrol TV melalui suara. Pengguna dapat memberikan perintah suara untuk mencari konten, mengontrol volume, atau bahkan mengatur perangkat rumah pintar.

Smart TV: Juga mendukung fitur asisten suara, namun biasanya memerlukan perangkat Voice Assistant khusus seperti Alexa atau Google Home untuk mengaktifkan fungsi ini. Integrasi asisten suara mungkin tidak sekomprehensif Android TV.

4. Game

Android TV: Memungkinkan pengguna mengunduh dan memainkan berbagai game dari Google Play Store. Dengan banyaknya pilihan game, Android TV dapat berfungsi sebagai konsol game sederhana, memberikan pengalaman bermain game yang lebih kaya.

Smart TV: Semua smart TV masa kini dapat terhubung dengan game, namun opsinya terbatas dan performanya sangat tergantung pada sistem operasinya. Beberapa Smart TV mungkin memiliki beberapa game bawaan, tetapi jumlah dan kualitasnya biasanya tidak sebanding dengan yang ditawarkan oleh Android TV.

5. Pembaruan Otomatis

Android TV: Menyediakan pembaruan otomatis untuk aplikasi jika terhubung ke Wi-Fi, memastikan aplikasi berjalan optimal dan mendapatkan fitur terbaru. Ini memastikan bahwa TV tetap up-to-date tanpa memerlukan intervensi pengguna.

Smart TV: Tidak memiliki fitur pembaruan otomatis untuk aplikasi bawaannya. Pengguna mungkin perlu memperbarui aplikasi secara manual atau menunggu pembaruan dari produsen TV.

Pilihan di Tangan Anda

Itulah tadi perbedaan antara smart TV dan android TV. Melihat perbedaan ini, pilihan di tangan Anda.

Jika Anda menginginkan fleksibilitas lebih dalam mengunduh aplikasi, integrasi suara yang lebih baik, dan pembaruan otomatis, Android TV mungkin menjadi pilihan yang lebih baik.

Jadi , jika Anda hanya membutuhkan akses ke beberapa aplikasi populer dan tidak terlalu memerlukan fitur tambahan, smart TV juga bisa menjadi pilihan yang tepat.

Dalam memilih antara Smart TV dan Android TV, pertimbangkan kebutuhan dan preferensi hiburan Anda.

Kedua jenis TV ini memiliki kelebihan masing-masing yang dapat memenuhi berbagai kebutuhan pengguna.

Apakah Anda akan memilih Smart TV atau Android TV?

Pastikan Anda mendapatkan pengalaman menonton yang memuaskan sesuai dengan kebutuhan Anda.

Tinggalkan Balasan