Inspirasi Pakaian Salat Jumat, Agar Ibadah Makin Betah

Sumber : https://unsplash.com/photos/Zc7ow13KX28

MATRANEWS.id — Mengenakan pakaian salat Jumat yang rapi, tentu harus dilakukan. Dalam agama Islam, hari Jumat adalah waktu yang sangat dimuliakan daripada hari yang lainnya.

Salah satu keistimewaannya yaitu ibadah salat Jumat yang dilakukan 1 minggu sekali dan diwajibkan untuk laki-laki.

Maka, sudah sepatutnya juga saat melaksanakan ibadah Ini menggunakan pakaian bersih dan terbaik.

Bahkan dalam sebuah hadits Rasulullah SAW bersabda bahwa siapapun yang mandi, memakai minyak wangi dan mengenakan pakaian terbaik saat shalat Jumat, maka diampuni dosanya dari hari tersebut sampai Jumat berikutnya.

Memakai pakaian terbaik untuk salat Jumat tentunya punya pahala tersendiri. Jangan sampai, mengenakan pakaian yang kotor.

Bisa-bisa, tanpa kita sadari ada najis yang menempel dan membuat ibadah tidak sah.

Biar Ibadah Makin Berkah dan Betah, Coba Pakaian Salat Jumat Ini

Ibadah akan semakin khusyuk saat kita mengenakan pakaian salat Jumat yang bersih dari najis.

Selain itu, dari segi model juga bisa membuat kita makin nyaman. Supaya ibadah shalat Anda semakin berkah dan betah, cobalah variasi pakaian berikut.

  • Koko Putih Panjang Sederhana

Memakai busana terbaik adalah sunnah untuk laki-laki yang menunaikan salat Jumat. Pakaian terbaik bisa membuat lebih khusyu’ dan fokus beribadah.

Salah satu yang bisa membuat aura religius semakin terpancar yaitu koko putih sederhana.

Cobalah untuk mengenakan Koko berbahan katun dengan model kerah stand collar. Lengkapi juga dengan lengan panjang tanpa kancing dipadukan dengan celana semi jeans atau sarung. Mengenakan peci atau kupluk bisa menjadi pelengkap.

  • Baju Takwa Dengan Pola

Pahala merupakan hal yang harus dikejar oleh setiap muslim, salah satu contohnya pada ibadah salat Jumat, yaitu dengan mengenakan pakaian yang bersih, indah, serta menutup aurat.

Salah satu jenis busana yang bisa dipakai adalah baju takwa. Baju ini tidak ketinggalan zaman jika dikenakan dengan motif dan pola kekinian serta tidak berlebihan. Lengkapi dengan juga sandal pria agar semakin nyaman.

  • Baju Koko Semi Kemeja Yang Casual

Inspirasi selanjutnya untuk salat Jumat, bisa mengenakan baju koko semi kemeja kasual. Pilih jenis yang berbahan katun supaya nyaman saat dikenakan.

Di samping itu, carilah lengan baju yang punya kancing serta kerah model stand up collar.

 Anda juga bisa memasangkannya dengan celana kain atau sarung. Jangan lupa mengenakan peci supaya rambut tertutupi.

Gaya seperti ini cocok untuk Anda yang ingin lebih kelihatan rapi namun tetap casual.

  • Baju Koko Lengan Pendek dengan Motif Sederhana

Bagi laki-laki, aurat di mulai pusar sampai bagian di bawah lutut. Jadi, tidak ada masalah jika mengenakan baju koko lengan pendek namun tetap dengan motif sederhana. Atau bisa juga tanpa motif sekalipun.

Kemeja ini dapat dipasangkan dengan celana kain, semi denim, maupun sarung kesayangan yang punya warna harmonis. Jangan lupa untuk menyisir rambut dan mengenakan wewangian.

Dengan pakaian ini, ibadah diharapkan semakin khusyuk dan tetap kelihatan trendy.

  • Baju Batik Dengan Pola Tidak Norak

 Jika ingin tampil berbeda dari biasanya, bisa juga mengenakan baju batik untuk salat Jumat.

Meskipun merupakan pakaian tradisional, tetap bisa memancarkan aura kesalehan dari si pemakainya. Anda bisa memilih corak dan warna yang tidak terlalu norak.

Selanjutnya, kombinasikan dengan warna sandal pria dan sarung yang senada. Atau, bisa juga mencari sarung yang berwarna netral.

Peci hitam cocok digunakan sebagai pelengkap dan semoga dapat menambah kekhusyukan dihadapan Tuhan.

  • Baju Koko Dengan Corak Bias

 Pilihan baju koko dengan corak bias memang akan terkesan stylish. Akan tetapi, tidak ada salahnya juga jika anda pakai ketika shalat Jumat nanti.

Motif hias tersebut bisa menambah semangat dan kekhusyukan khususnya ketika di bulan ramadhan.  Mix and match yang Anda lakukan pada baju koko ini  akan membuat penampilan Anda berbeda dengan yang lain.

  • Baju Koko Dengan Motif Batik

Jika sebelumnya, Anda menggunakan kemeja motif batik maka tidak ada salahnya sebagai inspirasi menggunakan baju koko motif batik.

Perpaduan di antara keduanya bisa menjadi alternatif jika anda tidak ingin terlalu pusing dengan model.

Hal yang penting, gunakanlah batik yang punya corak atau warna tidak terlalu ramai sehingga tetap terkesan lembut.

  • Mengenakan Pakaian Gamis

 Baju gamis juga bisa Anda gunakan untuk salat Jumat. Sekarang ini, banyak variasi gamis yang terkesan modern dan punya sejumlah motif.

Jadi, saat berbicara gamis tidak hanya berwarna putih saja. Cobalah untuk mengenakan warna lain seperti hitam, krem, atau abu-abu. Pastikan juga ukuran yang Anda pilih pas di badan Anda.

  • Mengenakan Sarung Dan Sandal

 Mengenakan sarung juga menjadi salah satu ciri khas yang banyak ditemui ketika ibadah salat Jumat.

Jika Anda beribadah di sekitar rumah atau bukan di kantor, bisa mengenakan sarung dengan motif yang ada sesuai dengan baju. Warna yang harmonis antara sarung dan busana, akan membuat penampilan semakin terpancar.

Anda juga bisa mengenakan sandal pria yang nyaman dan tidak terlalu mencolok seperti warna hitam.

Ada banyak sekali model sandal dan usahakan Anda meletakkan di tempat yang aman. Atau jika tersedia, sebaiknya taruh di tempat penitipan.

Inspirasi pakaian salat Jumat yang sudah dijelaskan di atas, Bisa Anda coba dan dapatkan di Blibli.

Blibli merupakan social E-commerce buatan Indonesia yang memiliki visi berbelanja online aman, nyaman, dan membebaskan.

Berdiri sejak 2011, Blibli berkomitmen untuk menyediakan apapun yang dibutuhkan Customer. Inilah yang menjadikan Blibli semakin hari, makin berkembang menjadi marketplace terbaik.

Oleh karena itu, Anda tak perlu ragu untuk berbelanja di Blibli, termasuk mencari pakaian untuk shalat.

Pakaian terbaik untuk muslim tersedia di Blibli dengan pilihan beragam. Tak lupa agar semakin terlihat modis tetapi tetap terlihat islami, Anda bisa juga melengkapinya dengan sandal pria di mana bisa meningkatkan kepercayaan diri dan kekhusyukan.

BACA JUGA: majalah eksekutif edisi November 2021

 

Tinggalkan Balasan