IT  

Jawaban Mengapa Orang India Menguasai Ekonomi dan IT Dunia

Siapa yang menjalankan Dunia? Trump, Putin dan Xi berdebat tentang Siapa yang bertanggung jawab atas dunia? AS, Rusia atau China?

Tanpa kesimpulan apa pun, mereka menoleh ke “Narendra Modi”, Perdana Menteri India dan bertanya siapa yang bertanggung jawab atas dunia?

Modi menjawab: Yang saya tahu adalah:

1. CEO Google adalah orang India.

2. CEO Microsoft adalah orang India.

3. CEO Adobe adalah orang India.

4. CEO Net App adalah orang India.

5. CEO MasterCard adalah orang India.

6. CEO DBS adalah orang India.

7 CEO Novartis adalah orang India

8. CEO Diageo adalah orang India.

9. CEO SanDisk adalah orang India.

10. CEO Harman adalah orang India.

11. CEO Micron adalah orang India

12. CEO Palo Alto Networks adalah orang India.

13. Reckitt Benckiser CEO adalah orang India.

14. CEO IBM adalah orang India.

15. Kanselir Inggris adalah orang India.

16. Menteri Dalam Negeri Inggris adalah orang India.

17. Perdana Menteri Irlandia adalah orang India.

Dan Wakil Presiden Amerika adalah orang India. Jadi siapa yang menjalankan Dunia? Sangat menarik !!

Ini menggelitik WeWork mengkonfirmasi bahwa ia mempekerjakan Sandeep Mathrani sebagai kepala eksekutif barunya.

Setelah sebelumnya disebut  Sebut saja Sanjay Kumar Jha (CEO Global Foundries), Shantanu Narayen (CEO Adobe), Nikesh Arora (CEO Softbank Internet and Media Inc), Francisco D’Souza (CEO Cognizant), Dinesh Paliwal (CEO Harman International), Sanjay Mehrota (CEO SanDisk), dan Rajeev Suri (CEO Nokia).

Jumlah bangsa India yang menduduki jabatan CEO di perusahaan papan atas dunia memang terus tumbuh sejak satu dekade lalu.

Apa Saja Kelebihan Mereka?

1. Keterbukaan Terhadap Perubahan

Setiap perusahaan bergulat dengan beberapa bentuk gangguan. India, sebuah negara lebih dari 1 miliar populasinya, dengan puluhan bahasa dan infrastruktur yang tidak merata.

Orang-orang India banyak hidup dengan kondisi ketidakpastian, termasuk Apakah air akan muncul dari keran di pagi hari, karena jika tidak mereka tidak dapat menggosok gigi di pagi hari.

Ini menciptakan kekuatan di luar kendali dan kebutuhan untuk bersikap tekun.

Hal ini memungkinkan inovasi dan kesabaran dalam pekerjaan mereka. Mereka juga menikmati proses untuk hidup berdampingan dengan keberagaman dengan sesame dalam birokrasi perusahaan.

2. Pendidikan

Imigran India adalah salah satu yang paling berpendidikan di Amerika Serikat;

Menurut Pew, di 2016, sekitar 77,5% memiliki gelar sarjana atau lebih tinggi–pangsa tertinggi dari setiap negara asal teratas–dibandingkan dengan 31,6% dari Amerika kelahiran asli.

Pada tingkat pascasarjana selama beberapa dekade terakhir, mahasiswa asing telah memenuhi kesenjangan diAmerika. Bahkan warga asli lebih sedikit mempelajari ilmu komputer dan rekayasa di sekolah tinggi di sana.

Ini adalah keterampilan yang didambakan bukan hanya oleh Big Tech, namun perusahaan lain yang terkait.

3. Memprediksi Segala Hal

Kemampuan untuk memprediksi keadaan dan kebutuhan pasar adalah sifat yang diperlukan dalam seorang pemimpin.

Orang-orang India terutama, berkat dihadapi dengan data atau grafik yang kerap berubah-ubah, mungkin tidak sadar, mereka terbiasa menyusun plan B dalam berbisnis. Hal ini bisa diambil dari contoh kasus air bersih yang jarang keluar untuk kebutuhan sehari-hari mereka.

4. Kemampuan Matematika

Bukan untuk menyamakan stereotip bahwa orang India itu baik di akademik. Tapi di sini adalah cara lain untuk melihat itu: ketika Anda tumbuh di sebuah negara berpopulasi 1 miliar orang, semuanya bermuara pada peluang.

Kemungkinan persaingan untuk dapat masuk ke perguruan tinggi, sekolah pembibitan, sekolah tata bahasa; untuk memaksimalkan Skor dalam rangka untuk memajukan terbilang besar.

Dibutuhkan kemampuan matematika yang di atas rata-rata, karena mata pelajaran ini yang dibutuhkan di setiap tes. Sejalan juga dengan banyaknya mahasiswa asal India yang mengambil studi di luar negeri untuk mata pelajaran ini.

5. Menghargai Keragaman

Asia menjadi contoh yang baik di perusahaan teknologi, tetapi sangat kurang terwakili di tingkat eksekutif, menurut setidaknya satu studi dari lima perusahaan teknologi.

Dan penelitian yang lebih baru menunjukkan mereka mengakhiri praktek diskriminatif, membawa upah mereka untuk paritas dan memperlakukan mereka dengan hormat.

Kebanyakan orang India berutang kedatangan mereka di Pantai AS untuk Undang-Undang Imigrasi dan Kewarganegaraan 1965, legislasi era hak sipil yang menghapus kuota dan diskriminasi rasial secara de facto.

Orang-orang berdarah India, baik imigran maupun blasteran India-Amerika, memiliki karakteristik positif yang diakui di negara-negara yang menjadi basis dari perusahaan-perusahaan global.

Mereka dianggap ulet, optimistis di saat-saat kritis, adaptif, kreatif, dan yang terpenting, memiliki pendekatan yang humanis dalam menjalankan perusahaan.

Keberhasilan manajerial para CEO India disebut-sebut bersumber dari “perpaduan paradoks antara kerendahan hati yang tidak dibuat-buat serta komitmen profesional yang tinggi.”

Komitmen akan profesionalisme ini muncul karena sebagian besar CEO ini benar-benar meniti kariernya dari bawah.

Mereka juga aktif menumpuk pengalaman kerja dengan menempati beragam posisi. Kondisi-kondisi tersebut berhasil menempa mereka untuk memahami dinamika internal perusahaan sekaligus memetakan situasi eksternal dalam hubungannya dengan berbagai pemangku kepentingan.

CEO India dibesarkan dalam iklim ketimuran yang mementingkan harmoni, hubungan emosional yang kuat antar-pegawai dan model kepemimpinan partisipatif. Faktor ini merupakan salah satu kunci sukses mereka.

“Kepemimpinan tradisional ala India bisa membangun ikatan emosional antara atasan dan bawahan.”

“Keyakinan bahwa perusahaan benar-benar peduli kepada pekerjanya menumbuhkan kesetiaan kepada perusahaan yang lebih penting dari sekadar keuntungan finansial,” ungkap sebuah riset tentang kepemimpinan CEO India oleh St Gallen University Swiss yang dikutip dari Bloomberg.

Para CEO asal India juga memiliki modal lain untuk sukses di luar negerinya : kemampuan bahasa Inggris yang baik serta tingkat pendidikan yang tinggi.

Bahasa Inggris merupakan salah satu bahasa sehari-hari di India, mengingat sejarah negara ini sebagai jajahan dari Inggris.

Di sisi lain, negara demokrasi terbesar di dunia itu  memiliki banyak institusi pendidikan tinggi yang relatif maju untuk ukuran Asia.

Tinggalkan Balasan