Jujur, Apakah Anda Sudah Jujur?

MATRANEWS.id — Salah satu sifat baik yang banyak disukai orang adalah kejujuran.

Kejujuran adalah dasar dari perbuatan-perbuatan baik lainnya. Jujur adalah induk dari sikap terpuji karena membawa pada kebaikan yang satu ke kebaikan yang lain.

Sikap jujur akan melahirkan ketenangan. Jujur menjadikan hidup lebih tenang, tentram dan damai. Kejujuran juga harus dilakukan atau di praktikan dalam kehidupan sehari-hari.

Seseorang yang memiliki sifat jujur bisa dipastikan memiliki banyak teman, karena dianggap dapat dipercaya baik tutur kata maupun dalam perilaku kesehariannya.

Kejujuran bisa dilatih, bahkan dari sejak kanak-kanak bisa dimulai dari lingkungan terkecil seperti lingkup keluarga, lingkungan sekolah, lingkungan komunitas hingga lingkungan dimana seseorang bekerja dan seterusnya, hingga generasi ke generasi.

Jujur berarti bersikap apa adanya alias tidak berbohong.

Mungkin sebagian orang menganggap kejujuran sebagai sesuatu hal yang lumrah atau sederhana. Namun sejatinya kejujuran bernilai sangat tinggi dan berdampak besar dalam berkehidupan.

Jujur merupakan suatu kata yang sederhana, dan memiliki arti yang sederhana pula, yaitu “ mengakui, berkata atau memberikan suatu pernyataan/informasi yang sesuai dengan kenyataan dan kebenaran”.

Jujur merupakan sikap yang ada pada diri manusia. Akan tetapi kebanyakan manusia sulit menerapkan sikap jujur pada dirinya, serta saat ini jarang sekali orang yang benar-benar jujur.

Sikap jujur harus ditanamkan pada diri sendiri, dan harus mulai diterapkan pada usia dini. Menerapkan sikap jujur pada anak di usia dini sangatlah penting, karena dengan menerapkan kejujuran pada anak, akan membiasakan anak untuk berkata dan bersikap jujur.

Jujur merupakan salah satu kunci dari keberhasilan.. Untuk menjadi orang yang jujur (amanah) kita harus mengintofeksi diri serta menanamkan nilai kejujuran pada diri sendiri dimulai dari sekarang.

Jujur, apakah Anda sudah jujur?

 

Tinggalkan Balasan