Gaya HidupKomunitasOtomotif

Pertolongan Pertama, Atasi Mobil Matic yang Kebanjiran

Pertolongan Pertama, Atasi Mobil Matic yang Kebanjiran
709

MATRANEWS.id —Putuskan seluruh sistem kelistrikan. Silahkan membuka kap mesin, dan melepas seluruh sistem kelistrikan, dan (+) (-) baterai untuk menghindari korslet pada sistem kelistrikan. Jangan menyalakan mesin sampai kendaraan kering.

Banjir akibat Siklon di Aceh Utara

 

Banjir di Bukit Duri

Ada beberapa hal yang mesti diperhatikan.

Sebaiknya mobil matik  tidak menerjang  banjir, karena ini tindakan berisiko tinggi. Pindahkan mobil ke tempat yang lebih aman.  Jika situasinya memungkinkan, segera pindahkan mobil ke tempat yang lebih aman atau lebih tinggi.

Transmisi  mobil matik bekerja secara komputerisasi dan menggunakan perangkat elektrikal dimana air adalah musuh utamanya

Secara umum, asuransi akan mengganti bila terjadi kerusakan lebih dari 75 persen, pada kendaraan yang murni rusak karena bencana alam.

Ini berlaku bila kendaraan Anda secara tidak sengaja terendam banjir dan oleh karenanya mesin utama terendam hingga mati total, bukan karena kelalaian pengemudi yang memaksa menerobos banjir.

Apabila ada unsur kesengajaan, maka asuransi berhak menolak klaim asuransi tersebut.

Kerugian kedua, bila kendaraan Anda tidak diasuransikan atau klaim asuransi ditolak, Anda harus siap merogoh kocek yang tidak diduga, bahkan bisa merogoh kocek hingga puluhan juta rupiah untuk memperbaiki mobil Anda.

Berita Menarik :  Rahasia Beladiri Kempo, Akar Beladiri Dunia.

Para pemilik kendaraan harus memahami, hal-hal penting apa saja yang dapat mereka lakukan ketika mobilnya terlanjur terendam banjir.

Ini  pertolongan pertama yang bisa diberikan untuk mobil yang terendam banjir. Pertama, ketika mobil sudah terlanjur terendam banjir, segera perhatikan posisi rem tangan.

Jika situasinya memungkinkan, sempatkan untuk mengambil gambar dari bagian dalam hingga ke bagian luar mobil kamu yang terendam banjir. Hal ini dilakukan untuk mengajukan klaim kepada pihak asuransi.

Segera non-aktifkan posisi rem tangan.

Jaga transmisi pada gigi satu untuk mobil manual dan ‘P’ untuk mobil bertransmisi otomatis.

Hal ini harus dilakukan untuk menghindari kerusakan pada rem tangan kendaraan, jika ikut terendam air dalam waktu yang lama.

Tips dari Hermas Prabowo,  seorang teknisi ahli di Worner Matic (Bengkel Spesialis Transmisi Otomatis & Mobil Matic).

1. Geser tuas ke N dengan menekan shift lock.

Tarik mobil dari lokasi banjir sesegera mungkin, saat kondisi sudah memungkinkan. Makin lama terendam, potensi kerusakan makin parah.

2. Jangan sekali-kali mencoba menghidupkan mesin mobil.

Meskipun hanya sesaat atau coba-coba. Jangan pula men-jumper baterry.

3. Lepas konektor baterry di kutup negatif.

Untuk menghindari dampak buruk lain pada sistem kelistrikan.

4. Cukup sampai di poin 3 saja.

Selanjutnya adalah pekerjaan bengkel/mekanik profesional. Usahakan jangan mencoba untuk menangani apapun sendiri.

Berita Menarik :  Penegasan Konferprof PWI DKI tanggal 26 April 2019.

Mobil matic sepenuhnya dikendalikan oleh sistem electric. Penanganan awal yang salah bisa membuat kerusakan meluas dan parah.

5. Segera panggil towing

Bawa mobil matic ke bengkel yang tahu betul sistem mekanis, hidrolis, kelistrikan, dan komputer mobil matic. Jangan berspekulasi.

Cari yang benar-benar profesional. Hindari pengerjaan di rumah, karena keterbatasan alat seperti kompresor angin, alat kelistrikan dan scan tool membuat hasil kerja tidak maksimal.

6. Agar Murah.

Dengan penanganan yang tepat dan tidak terlambat, mobil matic Anda bisa diselamatkan tanpa biaya yang besar dan kerusakan yang parah.

 

Pertolongan Pertama, Atasi Mobil Matic yang KebanjiranPertolongan Pertama, Atasi Mobil Matic yang Kebanjiran

baca juga: majalah matra edisi cetak — klik ini

Pertolongan Pertama, Atasi Mobil Matic yang Kebanjiranwww.majalahmatra.com

Pertolongan Pertama, Atasi Mobil Matic yang Kebanjiran

 

Konvergensi Majalah MATRA

Tinggalkan Balasan

Translate »