Nasionalinternasional

Kembalikan Supremasi Indonesia, PJSI Datangkan Pelatih Judo dari Jepang

Kembalikan Supremasi Indonesia, PJSI Datangkan Pelatih Judo dari Jepang
1.62KViews

MATRANEWS.ID, Pengurus PB Persatuan Judo Seluruh Indonesia (PJSI) terus berupaya meningkatkan prestasi judo di tanah air secara berkesinambungan. Berbagai upaya dilakukan PJSI untuk mengembalikan supremasi Indonesia di cabang olahraga judo di kawasan Asia Tenggara yang sebelumnya pernah diraih.

Diantaranya dengan mengintesifkan program pelatihan dan pembinaan baik dari tingkat atlet, pelatih, dan pengurus menjadi perhatian. Untuk itu PJSI akan menggelar seminar yang akan diisi dengan dua pelatih dari Kodokan Institute, Jepang yakni Hirofumi Otsuji dan Harukuni Shimoyama.

“Sesuai dengan program kerja yang ada, PB PJSI mendatangkan sejumlah pelatih utama dari Jepang untuk memberikan masukan strategis dalam hal pembinaan dan peningkatan teknik bagi para judoka yang tergabung dalam pelatnas. Sehingga kedepannya atlet judo Indonesia akan mampu bertanding di level dunia,” kata Sekjen PB PJSI Bachtiar Utomo di Jakarta, Selasa (28/1/2020).

Menurut Bachtiar, kegiatan tersebut bertujuan terciptanya suatu suatu standar pembinaan yang baik dan merata di Tanah Air, maka upaya mendatangkan pelatih Jepang, sebagai negara asal kelahiran judo, menjadi penting.

Bagaimana Jepang bisa membangun strategi pembinaan dan menjadikannya sebagai negara yang tetap disegani dan mendominasi olahraga judo meski sejulah di dunia juga menunjukkan peningkatan prestasi yang pesat.

“PB akan mengundang para pelatih daerah, mulai dari tingkat provinsi dan tingkat klub, untuk dapat ikut serta dalam seminar dan pelatihan yang dilakukan di padepokan judo nasional di Ciloto, Puncak, Jawa Barat, dengan harapan pengetahuan dasar dan ilmu kepelatihan judo dapat tersebar dengan merata di seluruh pengurus provinsi,” katanya.

Berita Menarik :  Akses Pornhub Lewat VPN, Terus Diminati. Pemerintah Kewalahan?

Program tersebut, kata Bachtiar, berupa kegiatan seminar dan pelatihan yang bekerjasama dengan Kodokan Institute lewat program Seminar ASEAN Jita Kyoei. Kodokan Institute, Jepang, adalah tempat lahirnya beladiri Judo, yang kemudian menyebar ke seluruh dunia.

Seminar nantinya terdiri dari seminar WAZA dan KATA yang kemudian di ikuti dengan ujian Penyetaraan DAN dari Kodokan serta pendaftaran sebagai anggota dari Kodokan yang berlaku seumur hidup, di mana sebagai anggota, pejudo Indonesia dapat berlatih di Kodokan secara gratis.

“Harapan kita kegiatan ini bisa menambah prestasi judo ke depan. Secara pembinaan judo terus berkesinambungan dan untuk itu kami mengundang pelatih dari Jepang,” lanjut Bachtiar.

Sementara itu pelatih Jepang Hirofumi Otsuji mengaku senang bisa mendapat kesempatan dari PJSI. “Harapan kami satu dua atlet Indonesia bisa lolos ke olimpiade. Kami akan bantu,” ujar Hirofumi.

(A. Kholis)

Panganan

Konvergensi Majalah MATRA

Tinggalkan Balasan

Translate »