Budaya  

Kepala Staf TNI AL Raih Gelar Kehormatan Ganda dari Kesultanan Maluku Utara

MATRANEWS.id — Kepala Staf TNI AL Raih Gelar Kehormatan Ganda dari Kesultanan Maluku Utara

Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Dr. Muhammad Ali meraih dua gelar kehormatan dari dua kesultanan terkemuka, Kesultanan Ternate dan Kesultanan Tidore, dalam sebuah upacara di Kepulauan Maluku Utara pada Rabu, 13 Desember.

Kedatangan Kasal tersebut menjadi bagian dari partisipasinya dalam acara puncak Hari Nusantara (Harnus) 2023, yang digelar di lokasi Wisata Pantai Tugulufa Tidore.

Gelar kehormatan pertama, Sangaji Ori Ma Ahi Malamoatau, yang berarti Penguasa Laut Terbesar, diberikan oleh Sultan Ternate ke-49 Hidayatullah M. Sjah di Kedaton Ternate pada Selasa, 12 Desember.

Pada kesempatan tersebut, Sultan Ternate menyampaikan harapannya agar penganugerahan ini dapat memotivasi pemangku-pemangku penyelenggara negara, termasuk TNI-Polri dan sipil, untuk tetap menjaga adat istiadat daerah.

Sultan Ternate juga mendoakan kesuksesan dan kenaikan karir Laksamana TNI Dr. Muhammad Ali setelah meninggalkan Ternate.

Gelar kehormatan kedua, Kapita Ngolo Macahaya Nyili Gulu Gulu, atau Panglima Cahaya Laut Wilayah Jauh Kesultanan Tidore, dianugerahkan oleh Sultan Tidore Husain Sjah di Kedaton Kesultanan Tidore pada Rabu, 13 Desember.

Kasal menyatakan rasa terima kasihnya atas penganugerahan ini, menyebutnya sebagai kehormatan dan kebanggaan.

Ia juga menegaskan komitmen TNI AL untuk mempererat hubungan dan sinergitas dengan wilayah Maluku Utara, khususnya dalam aspek keamanan laut. Sambil berjanji untuk terus meningkatkan sarana dan prasarana di wilayah tersebut.

Dalam kesempatan ini, Laksamana TNI Dr. Muhammad Ali mengajak putra dan putri terbaik Maluku Utara untuk bergabung menjadi prajurit Jalasena TNI AL.

Ia mengumumkan bahwa Satuan Pendidikan (Satdik) 4 Kodiklatal TNI AL telah resmi dibuka, memberikan peluang bagi generasi muda Maluku Utara untuk mengikuti pendidikan dan bergabung dengan TNI AL.

Penganugerahan gelar kehormatan ini tidak hanya menjadi pengakuan atas dedikasi Kasal, tetapi juga mencerminkan hubungan harmonis antara TNI AL dengan masyarakat dan pemerintahan daerah di Maluku Utara.

Sebagai Penguasa Laut Terbesar dan Panglima Cahaya Laut, Laksamana TNI Dr. Muhammad Ali diharapkan dapat menjadi inspirasi bagi generasi muda untuk berkontribusi dalam menjaga kedaulatan laut dan membangun masa depan yang lebih baik bagi wilayah tersebut.

  • Kepala Staf TNI AL Terima Gelar Kehormatan dari Dua Kesultanan di Maluku Utara

Tinggalkan Balasan