Ekonomi

Keteguhan Mengikuti “Business Plan”

138Views
Konvergensi Majalah MATRA

Majalah  MATRA Indonesia terus melangkah.  Metamorfosis mengikuti arus zaman. Manajemen juga berganti. Di era media massa menuju era konvergesi, tak hanya main di cetak, kami pun masuk ke era digital, mengembangkan website dan e-magazine.

Menyiapkan televisi digital. Majalah MATRA terus optimis di tengah kompetisi persaingan media yang semakin ketat. Kini main juga di Podcast, biar kekinian.

Jika dulu, di era Orde Baru, media massa dilindungi Surat Ijin Usaha Penerbitan (SIUPP). Sekarang ini, “free market“. Media massa bisa dibuat oleh siapa saja dan kapan saja, lebih mudah menerbitkan media massa dibanding membuat KTP.

Kuncinya, untuk “berselancar” di tengah ombak besar bisnis media massa, selain manajemen yang baik adalah sumber daya manusia (SDM). SDM yang baik menghasilkan karya yang baik.

Majalah MATRA  tentunya, tak ingin melewatkan inovasi. Kami seperti halnya perusahaan Lego, yang sudah terkenal di berbagai belahan dunia dan identik dengan aneka balok yang dapat dibongkar pasang serta disusun menjadi berbagai macam bentuk sesuai kreasi dan keinginan.

Lego sekarang bukan hanya mainan buat anak kecil. Orang-orang dewasa pun banyak menggemari Lego.

Jika Lego bisa dibuat banyak bentuk yang kreatif dan unik. Demikian juga Nintendo. Yang beraksi dan berinovasi untuk dapat menyelamatkan diri dari kondisi kritis.

Seperti seorang motivator mengajarkan bagaimana bisnis laiknya, “Universitas Kehidupan”. Matakuliahnya beragam: Memahami kegagalan dan penghianatan sahabat; Mengalahkan ego pribadi; Bermimpi tinggi tapi tetap menginjak bumi.

Majalah MATRA terus melakukan perjalanan, yang ditaburi mimpi, diisi keberanian, dan dinyatakan dalam tindakan. Di usianya sekarang, tak sekadar menjadi majalah dengan usia dewasa atau tua.

Matra terus mengantisipasi perubahan zaman. Organisasi yang sudah mulai “tua” dengan kebiasaan buruk dan kuno, pastinya haus perubahan.

Banyak inisiatif-inisiatif yang kemudian dikumandangkan dengan menggunakan kata-kata kunci, “baru”, “lebih baik”, yang disertai dengan program-program perubahan.

Persaingan semakin tajam, situasi ekonomi tidak mendukung, teknologi mengubah gaya hidup semua orang. Kami bangga memiliki karyawan yang mencintai pekerjaannya dan percaya pada visi majalah ini ke depan.

Dengan teman, sahabat, network yang mendukung bisnis, majalah MATRA terus memperkaya kemampuan bisnis agar  lebih kompetitif, lebih tajam, dan lebih hebat. Dengan kerendahan hati dan tingginya mimpi yang terus diseimbangkan.

Bertahanlah! Demikian pesan pimpinan.  Sementara semua buku bisnis mengajarkan “segmentation, targeting, positioning, branding, differentiation” dan seterusnya.

Penghematan pengeluaran, fleksibilitas untuk berkompromi, mengubah arah bila tidak tepat, dan keteguhan untuk terus berjalan, adalah hal-hal yang akan membuat kita mampu bertahan pada awal bisnis kita.

Intinya, kami selalu optimis dan bersikap positif. Dengan tidak pernah putus asa, kami juga mengharap keberuntungan. Timing yang pas, kenal orang yang tepat, kebetulan yang tidak terduga.

Dan, banyak hal yang tidak kita perkirakan bisa membuat bisnis kita menjadi jauh lebih sukses atau jauh lebih buruk dari rencana semula. Tentunya, dibutuhkan keteguhan mengikuti “Business Plan”.

Semoga tulisan ini bermanfaat dan mengilhami Anda untuk mampu bertindak segera dan lebih baik lagi. Terus bersyukur dan optimis, itu yang kami tularkan. (*)

Redaksi
the authorRedaksi

Tinggalkan Balasan

Translate »