IT  

Konvensi Nasional Keamanan Siber Indonesia Dibuka Hari Ini

Para praktisi “urun rembuk” merumuskan detil keamanan siber, termasuk terminasi layanan untuk perbaikan sistem, jika terjadi insiden dan ganti ruginya.

MATRANEWS.id — Ada 359 peserta hadir dalam Konvensi Nasional Siber Indonesia yang dilakukan secara daring.   Acara konvensi RSKKNI lewat zoom  di era protokol kesehatan Covid-19, membahas aktivitas pemprograman, konsutasi dan security operation center.

Tak hanya akademisi dari dosen kampus,  profesional dan pengurus Asosiasi. Tapi, semua pelaku komunikasi dan informasi yang berkaitan dengan security operation center diundang. Membahas sikap kerja yang diperlukan, ketrampilan juga aspek kritis dan kecermatan.

Guna membangun Security Operation Center inilah, Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) menyiapkan penyusunan SDM (sumber daya manusia)  dengan kompetensi. Keamanan siber demi mencegah terjadinya “serangan” siber.

Konvensi dibuka oleh  Kepala BSSN Hinsa Siburian, berlangsung dari pagi hingga sore hari, dengan di sela jeda sholat dan istirahat makan siang. Sebuah pokok kegiatan untuk   yang Tepercaya, Profesional dan Berdaya Saing.

Para praktisi “urun rembuk” merumuskan detil keamanan siber, termasuk terminasi layanan untuk perbaikan sistem, jika terjadi insiden.

Rancangan standar Kompetensi Kerja Nasional , di bawah deputi Bidang Pemantauan dan Pengendalian BSSN disetujui seluruh peserta.

Pelibatan peserta perwakilan berbagai pemangku kepentingan keamanan siber, sekaligus “ajang silaturahmi orang di bidang digital”.

 

 

“Prof. DR. Ir. Eko Kuswardono Budiardjo, M.SC. menjadi pimpinan sidang pleno serta membagi pleno menjadi lima kelompok yang masing-masing diketuai oleh DR. RER. NAT. I Made Wiryana, S.SI, S.Kom, M.SC.

Yang sekaligus juga merupakan pengarah dan ketua tim perumus SKKNI bidang SOC, Satriyo Wibowo, S.T., MBA, M.H., IPM, CERG, CCISO (Sekjen ICSF) dan Lucia Sri Istiyowati, M.Kom.

S.S Budi Rahardjo (Ketua Forum Pimpinan Media Digital Indonesia) serta Idris Daulat (Kepala Divisi  IT) Asosiasi Media Digital Indonesia juga hadir memberi masukan dalam  pranala kegiatan yang berlangsung seharian pada Sabtu 26 September 2020 ini.

Konvensi (bahasa Ingg)ris: convention) dapat merujuk pada: Konvensi (rapat), suatu rapat besar. Konvensi (norma), suatu kumpulan norma yang diterima umum.

Tinggalkan Balasan