KVIBES.ID Satu Panggung Bersama Dita Karang Secret Number Pada Forum Kerjasama Ekonomi Indonesia-Korea

repost HarianKami.com dan Beritasenator.com

HarianKami.com – Dalam rangka peringatan 50 tahun Hubungan Diplomatik Indonesia–Korea Selatan, untuk pertama kalinya terselenggara Forum Kerjasama Ekonomi Indonesia–Korea pada 30 November 2023 oleh KADIN Indonesia bersama The Herald Media Group, KBRI Seoul, Kedutaan Besar Korea di Indonesia serta APINDO.

Pada acara tersebut, terdapat beberapa sesi forum salah satunya adalah sesi Ekonomi Kreatif dengan tema K-Wave and I-Wave Side by Side: Boosting Indonesian and Korean Creative Towards 2045 dimana KVIBES.ID menjadi satu-satunya media k-pop yang menjadi panel speaker pada sesi tersebut bersama Raffi Ahmad founder RANS Entertainment, Luna Maya founder NAMA Beauty, hingga Dita Karang member K-Pop Girl Group SECRET NUMBER.

Sepanjang tahun 2023, berbagai acara telah diadakan di Korea dan Indonesia untuk merayakan 50 tahun Hubungan Diplomatik antara kedua negara.

Pada Maret 2023, KBRI Korea bekerjasama dengan Herald Media Group menyelenggarakan “Forum Bisnis 50 Tahun Hubungan Diplomatik Indonesia–Korea: Mengembangkan Hubungan Persahabatan dan Kemitraan yang Lebih Kuat melalui Peningkatan Kerjasama Invertasi”.

Kemudian pada Juli 2023, KBRI dan Herald Media Group kembali bekerjasama untuk menyelenggarakan “Forum Bisnis 50 Tahun Hubungan Diplomatik Indonesia–Korea: Membina Lebih Dalam Persahabatan dan Kemitraan yang Kuat melalui Peningkatan Kerjasama Perdagangan dan Industri”

Berdasarkan keberhasilan kolaborasi tersebut, Herald Media Group akhirnya mengadakan forum ketiga yang berfokus pada kerjasama ekonomi yang bertajuk “The Korea–Indonesia Economic Cooperation Forum in Commemoration of the 50th Anniversary of Diplomatic Relations” Forum ini bertujuan untuk membahas lebih lanjut topik-topik yang sebelumnya sudah dibahas di Seoul Forum yang telah diadakan sebelumnya pada Maret dan Juli 2023 dengan fokus yang sama yaitu kerjasama ekonomi kreatif, digital dan berkelanjutan.

Penyelenggara acara berharap bahwa forum tersebut bisa berfungsi menjadi platform untuk pengembangan peluang bisnis yang praktis, nyata serta dapat membina hubungan ekonomi yang lebih kuat antara Indonesia dengan Korea.

Seperti yang kita ketahui, K-Wave telah mencapai puncaknya di dunia melalui film, fashion, dan musik, salah satunya K-Pop Boy Group dan Girl Group. Kesuksesan Hallyu atau Korean Wave mempunyai dampak yang luas serta menjadikan Korea sebagai kiblat industri kreatif.

Indonesia sendiri merupakan negara dengan perekonomian terbesar di Asia Tenggara dan negara dengan jumlah penduduk terbesar keempat di dunia yang sedang berupaya menciptakan ekosistem industri kreatif dan digital.

Belakangan ini sudah banyak industri Korea yang telah mendirikan pabrik dan perusahaan di Indonesia, hingga saat ini banyak pemimpin bisnis di Indonesia yang berusaha mencari rekanan dari Korea untuk belajar dan mengembangkan kolaborasi yang saling menguntungkan bagi kedua negara.

Dhika Himawan, co-founder KVIBES.ID yang menjadi perwakilan dalam forum K-Wave and I-Wave Side by Side: Boosting Indonesian and Korean Creative Towards 2045 mengatakan “Alasan mengapa kita terjun kedalam korean entertainment itu berawal dari kita adalah seorang fans dari k-wave itu sendiri, kemudian bersama rekan yang lainnya membangun KVIBES.ID sebagai komunitas untuk para k-wave fans di Indonesia”.

Dalam sesi nya, Dhika Himawan juga mengucapkan terima kasih kepada bapak Gandi Sulistiyanto (anggota dewan pertimbangan presiden RI/Duta Besar RI untuk Republik Korea 2022-2023) yang telah memberikan kesempatan berkolaborasi, salah satunya adalah saat membuat sayembara logo 50 Tahun Hubungan Diplomatik Indonesia–Korea Selatan.

Tinggalkan Balasan