Selasa, Agustus 20, 2019
Hotline Kerjasama-Iklan 0816-1945288 eksekutifmatra@gmail.com
Matra LautNasional

Laksamana Ade Supandi KSAL Dengan Tiga Panglima TNI

Laksamana Madya Ade Supandi jalani ritual "melankolis" di TNI AL.
717Views

“Saya memang, KSAL dengan tiga Panglima TNI,” ujar Laksamana TNI Ade Supandi, yang baru saja berulang tahun pada 26 Mei 1960 itu. Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL)ke 25 ini akan pensiun 1 Juni 2018 mendatang.

Ade Supandi merupakan pria lulusan Akademi Angkatan Laut (AAL) TNI angkatan ke- 28 tahun 1983. Pemuda tangguh dari Batujajar, kabarnya akan melanjutkan pengabdian di bangsa ini dalam konteks pembangunan nasional serta pemikiran kemaritiman.

“Mungkin juga yang berikutnya jelas berkarya meski nanti sudah bukan prajurit aktif lagi. Negara kita negara maritim, mungkin masih dibutuhkan berdiskusi masalah kemaritiman,” ungkap Ade, anak ketiga dari sebelas bersaudara itu.

Pemimpin yang senang belajar dan menuntut ilmu ini, berharap penggantinya bisa melanjutkan apa yang sudah ia kerjakan selama memimpin Angkatan Laut. Yang utama, menurut dia, sosok KSAL baru harus luwes menjalin hubungan dengan lembaga lain. “Intensitas kerja sama dengan semua instansi. Relasi itu penting. Karena zaman now, tantangan cepat berubah. Modus-modus (kejahatan) juga banyak, bervariasi,” ujarnya.

Laksamana TNI Ade Supandi, S.E., M.A.P. menyerahkan jabatan Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) kepada Laksamana TNI Siwi Sukma Adji, S.E., M.M dalam suatu upacara militer di Lapangan Trisila, Markas Besar Angkatan Laut (Mabesal) dengan Inspektur Upacara (Irup) Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, S.IP., Senin (28/5/18).

Upacara serah terima jabatan ini sebagai bentuk estafet tongkat kepemimpinan TNI Angkatan Laut. Panglima TNI menyampaikan ucapan terimakasih yang tulus kepada Laksamana TNI Ade Supandi S.E., M.A.P, yang telah memimpin TNI AL dengan berbagai kesuksesan dan keberhasilan, serta memberikan pondasi yang kuat bagi generasi selanjutnya.

“Kepada Laksamana TNI Siwi Sukma Adji S.E., M.M, saya mengucapkan selamat dan sukses atas kepercayaan yang diberikan oleh Negara untuk menjadi Kepala Staf TNI Angkatan Laut yang baru. Dipundak Laksamanalah, tugas, tanggung jawab dan wewenang sebagai Kepala Staf Angkatan Laut diberikan. Saya yakin dan percaya akan kualitas diri pribadi, kemampuan dan profesionalitas, serta kepemimpinan Laksamana, akan dapat membawa organisasi TNI AL ke arah yang lebih baik,” kata Panglima TNI.

Pejabat KSAL baru Laksamana TNI Siwi Sukma Adji, S.E., M.M., telah dilantik oleh Presiden RI Ir. H. Joko Widodo sebagai Kasal di Istana Negara Jakarta pada 23 Mei 2018. Presiden Republik Indonesia Ir. H. Joko Widodo langsung menyematkan pangkat bintang empat Laksamana TNI, kepada Kasal baru Laksamana TNI Siwi Sukma Adji, S.E., M.M., saat pelaksanaan upacara pelantikan KSAL, di Istana Negara.

Laksamana TNI Siwi Sukma Adji adalah Perwira kelahiran Kota Cimahi 14 Mei 1962 yang merupakan lulusan Akademi Angkatan Laut (AAL) angkatan ke-30 tahun 1985. Berbagai jabatan strategis pernah diembannya yakni Komandan Gugus Keamanan Laut (Danguskamla) Komando Armada RI Wilayah Timur tahun 2011, Wakil Asisten Perencanaan Kepala Staf Angkatan Laut (Waasrena Kasal) tahun 2012.

Pada tahun 2013 Siwi Sukma Adji pernah menjabat sebagai Kasarmatim dan tahun 2016 menjabat Panglima Armada RI Wilayah Barat (Pangarmabar) kemudian menjabat Asrenum Panglima TNI dan terakhir sebelum menjabat sebagai orang nomor satu di TNI AL, Laksamana TNI Siwi Sukma Adji menjabat sebagai Komandan Jenderal (Danjen) Akademi TNI sejak 2017.

Pose bersama di acara Sertijab di Mabes TNI Cilangkap. Keluarga Batujajar, Jawa Barat.
Redaksi
the authorRedaksi

Tinggalkan Balasan

Translate »