Ekonomi

Madrasah TechnoNatura dan MCC Academy Chicago Lakukan Kerjasama Sister Schools

Madrasah TechnoNatura dan MCC Academy Chicago Lakukan Kerjasama Sister Schools
829Views

MATRANEWS.id —  Madrasah TechnoNatura Depok bersama Direktur Kurikulum, Sarana, Kelembagaan dan Kesiswaan (KSKK) Madrasah Kemenag melakukan kunjungan ke Chicago -USA.

Momen itu terjadi pada Jum’at,20 September 2019 lalu.

Bagian dari kunjungan ke negara paman Sam, dilakukan dalam rangka melakukan sebuah kerjasama dengan Muslem Community (MCC) Academy Chicago – Amerika Serikat.

Selanjutnya, diadakan paenandatanganan MoU (memorandum of understanding) dalam rangka memperingati  50 tahun MCC di Chicago pada hari Sabtu 21 september 2019.

Ini merupakan inisiasi KJRI dan KBRI lewat atase pendidikan dan kebudayan(ATEKBUD) di Amerika dengan tujuan mendorong promosi Indonesia melalui jalur kerjasama Sister Schools .

Kehadiran Madrasah TechnoNatura Depok.  “Punya warna tersendiri bagi pendidikan sebuah madrasah yang baik menyongsong era globalisasi dan tantangan industri 4.0,”  ujar Dr. H.A.Umar, MA, Direktur  Kurikulum, Sarana, Kelembagaan dan Kesiswaan (KSKK) Madrasah – Kemenag.

Umar menjelaskan saat ditemui di bandara Soeta Tangerang Banten saat  keberangkatannya menuju Chicago (20/9).

Ia menyebut banyak yang harus dibenahi dalam kompetensi pendidikan madrasah, dalam rangka  melengkapi kekurangan yang ada . Maka, team Techno Natura bertolak ke Chicago untuk menjajagi tawaran kerjasama dengan MCC Academi,sebuah  sekolah pendidikan Islam di Amerika serikat

“Kunjungan ke Chicago dilakukan selain menjalin kerjasama (school sisters), juga saling bertukar informasi bagi guru dan siswa,”  ujar Umar .

Ke depannya akan ada pertukaran agar tercipta model pendidikan yang lebih baik untuk dikembangkan di sekolah madrasah di Indonesia.

Berita Menarik :  Para Sahabat di SMA Pangudi Luhur, Gusur Sandiaga Uno. Ada Apa, Blur?

MCC Academy (MCCA) merupakan sekolah swasta Islam terbaik di AS yang mengelola pendidikan dari jenjang pendidikan anak usia dini hingga ke jenjang SMA.

Diharapkan kerjasama TechnoNatura dengan pihak MCC Academy- Chicago dapat memberi sebuah rujukan bagi madrasah lainnya di Indonesia dalam hal pengembangan teknologi dan informasi lain yang didapat di sana.

“MCC Academy  tertarik pada fokus pendidikan STEAM (science, technology, engineering and math) yang dimiliki oleh Madrasah TechnoNatura,” ujar Dr A Riza Wahono.

Principal Madrasah Techno Natura Depok itu ikut dalam penandatanganan kerjasama di Chicago.

Madrasah TechnoNatura mengembangkan pendidikan STEAM  dan memiliki  beragam prestasi  tingkat nasional.  Untuk internasional di bidang STEAM, khususnya yang terkait dengan   robotika, Cloud Education dan berbagai perlombaan ilmiah.

Pendidikan  berbasis sains dan teknologi justru sesungguhnya adalah bagian yang mewarnai pengetahuan dan nilai nilai dalam ajaran  Islam itu sendiri.

Di 2020 rencana Kemenag lewat kurikulum madrasah akan mengembangkan empat buah laboratorium khusus sains dan teknologi  sebagai percontohan.

Salah satu yang dikembangkan adalah laboratorium teknologi roboyik dimana salah satunya berada di madrasah TechnoNatura.

#Beng Aryanto.

Madrasah TechnoNatura dan MCC Academy Chicago Lakukan Kerjasama Sister SchoolsMadrasah TechnoNatura dan MCC Academy Chicago Lakukan Kerjasama Sister Schools

Konvergensi Majalah MATRA

Tinggalkan Balasan

Translate »