Tokoh

Mantan KASAL Asyik Sama Cucu

Mantan KASAL Asyik Sama Cucu
2.09KViews

MATRANEWS.id — Mantan KSAL, Ade Supandi di Jakarta, ia mengaku Museum Graha Maritim di kawasan Batujajar, Banuraja Bandung, Jawa Barat sedang lockdown, tutup. Museum kebaharian itu diresmikan pada bulan September 2019, tapi karena virus corona menjadi tak buka, karena ikutin aturan pemerintah.

Mantan tentara ini  berpuasa dan melakukan aksi sosial, kepada orang-orang yang terdampak. “Kalau wartawan menjadi bagian yang terdampak virus Corona, ya kita juga bantu,” pria yang kini sedang menyiapkan kembali buku peluncurkan buku.

Tahun lalu,  buku kemaritiman Indonesia laris dan sempat dicetak ulang.

Buku pertama diberi judul: “Kasal Kedua Dari Tanah Pasundan”. Sedangkan buku kedua diberi titel: “Fondasi Negara Maritim”.

“Saya belajar nulis dari apa yang saya alami, saya lihat, dan saya praktekkan,” ujar pria yang pada 1 Juni 2018 lalu beristirahat sebagai tentara angkatan laut .

Suami dari Dra. Endah Esti Hartanti Ningsih ini tetap berolahraga.

“Pola makan, semua jenis makanan boleh dimakan asal jangan berlebihan. Jangan terlalu banyak mikir, stres yang akan membebani otak,” demikian Ade Supandi memberi kiat sehat.

Antara lain, kalau lagi tidur dan bangun jangan langsung berdiri dan jalan, tetapi duduk dulu beberapa saat, baru jalan. “Biar jangan kena serangan jantung,” ujar Ade.

Olah raga jalan pagi sangat baik untuk kesehatan selama 50 menit. Minimal 1 minggu 3x. Ade pun setuju dengan resep seorang dokter yang menyebutkan, tidak olah raga berat. Perlu menu makanan harian yang tepat, bergerak badan memadai, stres terkendali, serta chek up kesehatan secara rutin.

Berita Menarik :  Anies Baswedan: "Akan Disiapkan Satu Gerbong Kereta MRT, Untuk Pembawa Sepeda."

Pria kelahiran 26 Mei 1960, Batujajar, Bandung, Jawa Barat itu juga asyik dengan cucu.

Mantan KASAL Asyik Sama Cucu
“Kita harus bersyukur bila makan dan tidur masih enak dan nyenyak. Karena yang dikatakan sehat itu bugar badan, jiwa, sosial dan spiritual,” pria yang kini rajin olahraga bersepeda ini menegaskan.

eristirahat. Yang jelas, melanjutkan membina keluarga dulu.”

 

Konvergensi Majalah MATRA

Tinggalkan Balasan

Translate »