Tokoh

Menteri Basuki Hadimuljono Sosok Yang Nyentrik

117Views

MATRANEWS.id — Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono seringkali kedapatan jalan bersama Presiden Jokowi ke berbagai wilayah Indonesia. Bukan untuk senang-senang, melainkan meninjau progres pembangunan infrastruktur yang terus dibangun pemerintah untuk mengejar ketertinggalan dengan negara lain.

Meninjau proyek infrastruktur. Termasuk mendengar keluhan masyarakat maupun pemerintah daerah (pemda). Tak heran jika hubungannya dengan orang nomor satu Indonesia itu bisa dekat.

Pria kelahiran Surakarta 62 tahun lalu ini, seperti Jokowi yang sederhana. Tercatat, selama 31 tahun pihaknya menjadi PNS. Di antaranya, menjadi Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan (Balitbang) pada 2005 -2007, menjadi Inspektur Jenderal pada 2007-2013 dan menjadi Direktur Jenderal Penataan Ruaang pada 2013.

Lulus dari SMA Negeri 5 Surabaya, Basuki langsung melanjutkan pendidikannya ke jenjang Sarjana di Universitas Gadjah Mada Yogyakarta dengan mengambil jurusan Teknik Geologi.

Selepas meraih gelar S1 di tahun 1979, Basuki memutuskan untuk melanjutkan pendidikannya di Colorado State University dan membawa gelar Magister dan Doktor Teknik Sipil.
Selepas menimba ilmu hingga mendapat gelar Doktor (S3), Basuki memutuskan untuk kembali ke Tanah Air.

Menjabat sebagai Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Kementerian Pekerjaan Umum selama periode 2005 hingga 2007. Setelah itu, Basuki tercatat menjabat sebagai Inspektur Jenderal Kementerian Pekerjaan Umum hingga 2013.

Pria asal Solo kelahiran 5 November 1954 ini pekerja keras, dari urusan rehabilitasi Pasca Tsunami Aceh pada 2004-2005, Penanggulangan Kerusakan Jalan Tol Purbaleunyi pada 2006, Penanggulangan Kerawanan Pangan Yahukimo – Papua pada 2006 dan Penanggulangan Lumpur Sidoardo pada 2006-2007.

Menerima penghargaan Satyalancana sebanyak empat kali pada tahun 2001, dua kali pada 2003 dan dua kali pada 2005. Sebelumnya, pada 1995 beliau menerima piagam Penghargaan Pegawai Teladan Departemen Pekerjaan Umum pada 1995 dan Saatyalancana Karya Satya XXX pada 2014.

Bermain drum merupakan hobi yang telah dilakukan sejak SMA. Beliau memiliki band di kementerian PU. Setiap pekan terakhir setiap bulan, beliau sering kumpul.

Sosok nyentrik tersebut memiliki keunikan lain. Salah satunya, dia masih menggunakan ponsel jadul dengan 12 keypad tombol. Dalam beberapa acara, beliau tidak pernah malu-malu mengeluarkan ponsel tersebut.

Dr. Ir. Mochamad Basuki Hadimuljono, M.Sc ternyata punya hobi memotret juga. Klik! Klik!

baca juga: majalah MATRA cetak (print) terbaru — klik ini

Redaksi
the authorRedaksi

Tinggalkan Balasan

Translate »
Lewat ke baris perkakas