Pameran Steampunk di Atrium Plaza Indonesia Jakarta mulai 1 Juli hingga 23 Juli 2023

Pameran dengan judul Steampunk ini diselenggarakan oleh Talenta Organizer dan berlangsung di Atrium Level 4, Plaza Indonesia, Jakarta mulai tanggal 1 Juli hingga 23 Juli 2023.

MATRANEWS.id — Beruntungnya Hidup di Era Digital: Menggali Kesenangan dalam Seni Steampunk

Di zaman digital ini, kita beruntung memiliki akses ke mesin pencari yang dapat menjawab hampir semua pertanyaan kita.

Dari perangkat lunak ini, kita dapat menemukan berbagai istilah yang cocok dengan perasaan dan minat kita.

Salah satu istilah yang menarik perhatian saya adalah “Scrap Metal Art,” sebuah ekspresi unik dan mempesona yang mengubah logam bekas menjadi karya seni.

Istilah lain yang mencolok adalah “Metal Recycle Art,” yang dalam bahasa Indonesia berarti seni mendaur ulang menggunakan bahan logam. Namun, istilah yang paling menarik bagi saya adalah “Steampunk.”

Steampunk sejatinya adalah sebuah subgenre dari fiksi ilmiah yang pada awalnya menciptakan kreasi baru menggunakan material yang berhubungan dengan revolusi industri.

Namun, seiring berjalannya waktu, steampunk berkembang menjadi sebuah gerakan seni, fashion, dan desain yang pada umumnya menggunakan logam sebagai bahan utamanya.

Pameran di Plaza Indonesia ini, menamai karya seni buatan pemuda kelahiran 19 Maret 1981 ini sebagai “Steampunk”.

Kenapa?

Karena selain lebih mudah diucapkan, aliran seni ini sekarang cukup dikenal dan mampu menjawab persoalan limbah dan sampah yang kita hadapi hari ini.

 

 

 

 

 

 

Steampunk merupakan bentuk seni yang ramah lingkungan dan perlu kita dukung.

Yang menarik adalah Andik, sang seniman, sebenarnya bukanlah seorang seniman sejati. Ia tidak pernah belajar secara khusus di sekolah seni dan dua pendidikan terakhirnya adalah di bidang akuntansi.

Andik pernah bekerja dengan nyaman menggunakan keahlian akademisnya di beberapa perusahaan, bahkan ia pernah bekerja di Bank BRI.

Namun, Andik berani meninggalkan zona nyamannya dengan sengaja mengundurkan diri dari pekerjaan tetapnya demi mengejar sesuatu yang menjadi passionnya: berdagang barang antik dan menciptakan karya “antik” yang sangat ia nikmati.

Andik memilih untuk menggabungkan berbagai barang temuan (found objects) dengan mur baut daripada menggunakan teknologi las yang sebenarnya lebih mudah.

Keputusan ini dianggapnya lebih menantang dan cerdas. Ternyata, pilihan Andik tersebut menghasilkan karya-karya yang rumit namun tetap menawan untuk dipandang.

Pameran dengan judul Steampunk ini diselenggarakan oleh Talenta Organizer dan berlangsung di Atrium Level 4, Plaza Indonesia, Jakarta mulai tanggal 1 Juli hingga 23 Juli 2023.

Pameran ini dapat dinikmati oleh pengunjung Plaza Indonesia secara gratis. Anda dapat mengunjungi pameran ini untuk merasakan keindahan dan keunikannya sendiri.

Inilah kesempatan yang sempurna untuk menghargai karya seni ini dan menggali lebih dalam tentang aliran seni yang penuh daya tarik ini.

Seni Steampunk tidak hanya menawarkan keindahan visual yang memukau, tetapi juga mengajarkan kita tentang kepentingan daur ulang dan menjaga lingkungan.

Ini adalah seni yang “go green” dan dengan tegas menjawab tantangan limbah dan sampah yang kita hadapi.

Kita dapat belajar banyak dari keserbagunaan dan keindahan yang diciptakan oleh Andik, seorang seniman yang tidak dididik secara khusus di bidang seni.

Jadi, jangan lewatkan kesempatan untuk menyaksikan karya seni ini.

Silahkan hadir ke Pameran Steampunk yang  diselenggarakan oleh Talenta Organizer dan berlangsung di Atrium Level 4, Plaza Indonesia, Jakarta mulai tanggal 1 Juli hingga 23 Juli 2023.

Yuk, Berangkat!

 

Tinggalkan Balasan