Berita  

Pemerintah Kabupaten Bangkalan Pertahankan Prestasi dengan Opini WTP dari BPK

¬†MATRANEWS.id — Pemerintah Kabupaten Bangkalan Pertahankan Prestasi dengan Opini WTP dari BPK

Pemerintah Kabupaten Bangkalan kembali menorehkan prestasi gemilang dengan meraih Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) atas Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) tahun 2023.

Opini WTP yang diserahkan secara langsung oleh Kepala BPK RI Perwakilan Provinsi Jawa Timur, Karyadi, kepada Pejabat sementara Bupati Bangkalan, Dr. Ariwf M. Edie, M.Si, dan Ketua DPRD Bangkalan, Efendi, di kantor BPK RI Perwakilan Provinsi Jawa Timur, Sidoarjo, menegaskan konsistensi dalam penyajian laporan keuangan yang baik, transparan, dan akuntabel.

Dengan meraih Opini WTP selama tujuh tahun berturut-turut, Pemerintah Kabupaten Bangkalan membuktikan dedikasi dalam menjaga prinsip pemerintahan yang bersih dan akuntabel.

Pencapaian ini tidak hanya merupakan prestasi bagi pemerintah daerah, tetapi juga menjadi bukti kinerja yang solid dari seluruh perangkat daerah di lingkungan Pemerintah Kabupaten Bangkalan.

PJ. Bupati Bangkalan, dalam pernyataannya, menyambut baik prestasi tersebut. Beliau menyatakan bahwa penerimaan Opini WTP adalah hasil dari kerja keras dan komitmen untuk menyajikan laporan keuangan yang berkualitas.

Namun demikian, beliau juga mengakui adanya catatan dari BPK yang membutuhkan perhatian serius. Di antaranya adalah pengelolaan pajak reklame yang belum tertib, penatausahaan piutang pajak bumi dan bangunan pedesaan dan perkotaan (PBB P2) yang belum memadai, serta pengelolaan dan penataan aset tetap yang belum tertib.

Menanggapi hal ini, PJ. Bupati Bangkalan menegaskan bahwa pemerintah daerah akan segera mengambil langkah-langkah untuk memperbaiki kekurangan tersebut.

Pembenahan tata kelola keuangan dan aset Pemerintah Daerah Bangkalan menjadi prioritas utama, dengan menggandeng kerjasama baik internal maupun dengan DPRD. Kedekatan sinergisitas antara Pemkab dan DPRD diharapkan dapat memperkuat upaya dalam pembenahan kinerja pemerintah daerah.

Prestasi meraih Opini WTP selama tujuh tahun berturut-turut bukan hanya sebagai penghargaan semata, tetapi juga sebagai motivasi bagi seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) untuk terus meningkatkan kinerja dan membenahi laporan keuangan.

Dengan semangat ini, Pemerintah Kabupaten Bangkalan menegaskan komitmennya untuk terus memberikan pelayanan yang terbaik bagi masyarakat serta menjaga integritas dan transparansi dalam pengelolaan keuangan daerah.

Tinggalkan Balasan