Platform Kekinian, Apa ya?

Platform Kekinian


MATRANEWS.id — Google Maps merupakan salah satu platform yang sangat penting dalam kehidupan manusia saat ini.

Peta digital tersebut bisa menampilkan keadaan lalu lintas secara real-time dan juga memberikan petunjuk jalan akurat.

Sejak pertama kali hadir sebagai layanan pemetaan web pada 2004 silam, Google Maps berkembang menjadi aplikasi yang tak hanya menunjukkan arah, tapi juga informasi seputar lokasi-lokasi yang dilihat.

Tapi, tahukah kamu kalau ada beberapa fitur dari Google Maps yang mungkin belum Anda ketahui.

Fitur-fitur ini, bisa dikatakan dapat membantu dan memudahkan kegiatan para penggunanya.

Ada delapanĀ  fitur tersembunyi dari Google Maps yang bisa kita manfaatkan nantinya.

Berikut daftarnya.

1. Menyimpan dan Membagikan Tempat Favorit

Kini pengguna Google Maps bisa menyimpan daftar tempat favorit dan kemudian membagikannya ke teman. Dengan fitur ini, pengguna bisa menandai tempat-tempat tertentu yang dirasa ingin dikunjungi lagi atau ingin memberikan rekomendasi kepada teman.

Ketika pengguna membagikan daftar ini kepada temannya, maka si penerima bisa melihat lokasi-lokasi dari daftar lokasi yang dikirimkan.

Google Maps (My Places)

**

2. Memesan Layanan Transportasi Online Lewat Google Maps

Untuk memudahkan pengguna dalam menentukan lokasi penjemputan ketika memesan transportasi online, Google Maps kini terintegrasi dengan layanan Uber dan Go-Jek di Indonesia.

Untuk melakukan pemesanan Uber atau Go-Jek, pengguna cukup membuka Google Maps dan kemudian pilih lokasi tujuan perjalanan. Setelah itu, klik ‘Directions’ dan lihat informasi transportasi online di tab paling kanan.

Google Maps (Transportasi Online)

Dari daftar itu, kita bisa melihat ada informasi waktu tempuh dan tarif Uber dan Go-Jek ke lokasi tujuan. Pengguna bisa memesan kedua layanan tersebut tanpa harus keluar dari Google Maps.

**

3. Informasi Jadwal Transit Bus Secara Real-Time

Apabila kita tidak menggunakan transportasi online dan lebih memilih transportasi umum seperti bus, Google Maps turut menyediakan informasi yang sangat membantu.

Google Maps (Jadwal Kereta Api)

Di dalam platform-nya, Google Maps menyediakan informasi jadwal transit bus secara real-time, sehingga membuat perjalananmu menjadi lebih terencana dan teratur.

Selain itu, Google Maps juga akan memberikan rekomendasi rute dan biaya yang harus dikeluarkan ketika naik bus. Untuk menggunakan fitur ini, langkahnya sama dengan ketika melakukan pemesanan layanan transportasi online di Google Maps, bedanya di sini kamu memilih tab dengan simbol kereta api.

***

4. Informasi Titik Keramaian di Google Maps

Fitur ini sangat membantu kamu yang ingin berpergian ke suatu tempat bersama teman-teman, baik restoran, lokasi wisata, maupun mal. Pengguna bisa mengecek timing puncak keramaian di suatu tempat.

Misalnya, kamu pilih satu restoran di Google Maps, kemudian lihat informasi rincinya yang akan menampilkan titik ramai restoran tersebut di jam berapa saja.

Fitur ini membantu pengguna untuk terhindari dari membuang waktu saat mengantre atau tidak nyaman karena terlalu ramai.

**

5. Pencarian Sesuai Kategori pada Peta Offline

Saat berpergian, jangan lupa untuk mengunduh peta offline dari lokasi yang dikunjungi. Hal ini dapat membantu kamu di perjalanan selanjutnya jika tiba-tiba saja kamu kehilangan sinyal internet dan mau tak mau harus mengakses Google Maps secara offline.

Selain itu, pengguna juga bisa melakukan pencarian tempat di Google Maps sesuai kategori, mulai dari restoran, cafe, hingga tempat wisata.

**

6. Peta dalam Ruangan

Ada lebih dari 60 tempat terkenal di Indonesia yang memiliki peta dalam ruangan di Google Maps. Pengguna bisa melakukan pembesaran gambar (zoom) di peta dan melihat ada apa saja di dalam tempat tersebut.

Selain pusat perbelanjaan, Google Maps untuk pemetaan di dalam ruangan juga mencakup Bandar Udara Ngurah Rai Bali, Jakarta Convention Center, hingga Museum Nasional.

**

7. Kurasi Tempat Makan dan Kafe (Khusus ponsel Android)

Kalau fitur ini ditujukan bagi kamu yang sering galau ketika menentukan tempat makan, bisa bersama teman atau pacar. Nah, Google Maps juga memberikan rekomendasi tempat makan dan juga kafe terdekat untuk sekadar nongkrong.

Tapi, tidak hanya tempat makan dan kafe, dalam layanan ini juga bisa dilihat rekomendasi seperti mesin ATM dan pom bensin terdekat dari lokasi kamu.

***

8. Informasi Sehari-hari di Halaman Muka (Khusus ponsel Android)

Untuk membuka informasi sehari-hari, seperti transportasi umum, rekomendasi tempat, dan keadaan lalu lintas, kamu bisa melihatnya sekaligus di halaman awal Google Maps.

Untuk melihatnya, kita bisa menggeser ke atas bagian bawah dari Maps yang menampilkan simbol tempat, bus, dan kereta.

Setelahnya, kita bisa menjelajahi berbagai informasi yang dibutuhkan dan menjawab semua pertanyaan.

Tinggalkan Balasan