The 4th MNEK 2023: Angkatan Laut 36 Negara Sinergikan Laksanakan Operasi Penanggulangan Bencana

MATRANEWS.id — The 4th MNEK 2023: Angkatan Laut 36 Negara Sinergikan Laksanakan Operasi Penanggulangan Bencana

Makassar — Setelah berhasil menyelesaikan serangkaian tahapan Harbor Phase di Kota Makassar dalam Komodo Multilateral Naval Exercise (MNEK) 2023, hari Kamis (08/06), berlanjut dengan tahap manuver lapangan di perairan Makassar.

Lebih dari 40 kapal perang dari negara-negara peserta MNEK 2023 dan TNI AL berpartisipasi dalam latihan serial di perairan Sulawesi, termasuk Latihan SAR, Latihan Mio, Latihan Fin, dan berbagai latihan yang fokus pada penanggulangan bencana alam.

“Latihan ini dirancang oleh TNI AL sebagai bagian dari tugas diplomatik yang diemban oleh angkatan laut. Saya yakin bahwa latihan ini akan terus dilakukan setiap tahun,” ujar Komandan Satgas MNEK 2023, Laksamana Pertama TNI Edi Haryanto.

MNEK adalah latihan berskala internasional yang diadakan oleh TNI AL setiap dua tahun sekali, dan ini merupakan kali keempat pelaksanaannya. Latihan ini bertujuan untuk memperkuat kerja sama antar-angkatan laut dari berbagai negara dalam penanggulangan bencana alam.

Tahun ini, ada 36 negara yang turut serta dalam latihan ini, dengan partisipasi 17 kapal Angkatan Laut dari negara-negara sahabat.

Pada akhir latihan, semua kapal peserta MNEK membentuk formasi Komodo, dan momen tersebut diabadikan dalam foto udara.

“Kesempatan untuk mengumpulkan angkatan laut dari berbagai negara dan melakukan manuver bersama adalah momen langka yang perlu diabadikan,” ujar Laksamana Pertama TNI Edi Haryanto.

Dalam kesempatan terpisah, Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Muhammad Ali juga menyampaikan bahwa selain latihan non-perang dalam MNEK 2023, juga ada waktu untuk mempromosikan objek wisata utama di Makassar kepada 35 delegasi Angkatan Laut dari negara-negara sahabat, sebagai upaya untuk memperkenalkan kekayaan Indonesia.

Tinggalkan Balasan