Kesalahan Fatal Beriklan yang Memboroskan Biaya

MATRANEWS.id — Kesalahan fatal saat beriklan yang memboroskan biaya dengan memaparkan kesalahan:

Fatal # 1, “Tidak tahu apakah iklan Anda menjual atau tidak”.

Kemudian, kesalahan fatal berikut, yaitu fokus pada produk, bukan pada solusi.

Ada kesalahan fatal lain, adalah fokus pada fitur, bukan pada manfaat (benefit).

Kesalahan fatal selanjutnya, menggunakan kalimat general (terlalu umum).

Menggunakan Kalimat yang Rumit

Pernahkah Anda melihat iklan yang berisi informasi begitu banyak, tulisannya kecil-kecil sulit dibaca, menggunakan kata-kata teknis (jargon) yang hanya dipahami oleh pemain di industri tersebut?

Bagaimana rasanya? Bisa jadi Anda tertarik, tetapi bisa juga tidak.

Survei membuktikan, kemampuan konsentrasi seseorang sangat terbatas, khususnya jika diminta untuk berkonsentrasi dalam waktu yang singkat.

Iklan Anda bersaing dengan iklan tetangga, belum tentu kompetitor, bisa jadi produk lain yang lebih menarik.

Kesalahan selanjutnya, adalah menggunakan kalimat yang berbelit-belit.

Normalnya, iklan itu hanya memiliki jumlah space yang pendek atau kecil atau brosur Anda memiliki space yang pendek atau sedikit.

Untuk menggunakan atau membuat bisnis Anda lebih menarik dalam beriklan, pastikan Anda menggunakan kalimat-kalimat yang simpel, mudah di mengerti, dan jelas.

Konsekwensi

Jika Anda menggunakan kalimat-kalimat berbelit-belit atau terlalu banyak penjelasan, kemungkinan besar ada dua hal yang akan terjadi di dalam pikiran prospek Anda:

  1. Mereka akan melewati iklan Anda dengan begitu saja.
  2. Prospek Anda menjadi bingung.

Selama bertahun-tahun David Ogylvy melakukan percobaan-percobaan dalam beriklan. Dia mengatakan, “People won’t read long copy.”

Tokoh ini mengatakan, ada sebuah universal belief atau keyakinan global bahwa orang tidak suka membaca kalimat yang panjang.

Ini adalah sebuah kebenaran, dan dari kebenaran ini sangat bijaksana jika para pengiklan atau Anda sebagai pengiklan, harus bisa membuat kalimat sales pitch untuk produk Anda, tanpa harus mengkonsumsi perhatian dan pikiran prospek Anda untuk membaca terlalu panjang.

So, tips-nya kali ini:

  1. Buatlah iklan Anda seolah-olah mengatakan kepada prospek Anda: “It’s now or never alias Sekarang atau tidak selama-lamanya.”

2. Sales pitch atau kalimat yang singkat, tegas, jelas, dan menjual akan membuat iklan Anda jauh berbeda dibanding iklan kompetitor Anda.

  1. Mulailah dengan kalimat seperti:
    i. 5 Alasan mengapa ….
    ii. 7 dari 10 wanita menggunakan ….
    iii. Awas!
    iv. Jangan dibaca!
    v. Wanita dilarang baca!
    vi. Stop press!
  2. Gunakan prinsip KISS – Keep it Simple and Sweet

Semoga iklan Anda tambah sukses, bisnis semakin luar biasa dan penjualan Anda meningkat.

Salam Pencerahan!

 

 

www.majalahmatra.com

Tinggalkan Balasan