Light Triad Personality

Light Triad Personality

MATRANEWS.id — Kita kerap melihat orang-orang yang haus akan kekuasaan dan menggunakan segala cara untuk mencapai ambisi pribadi.

Kita pun tak jarang menemui orang yang tampak begitu baik hati, tetapi sebenarnya segala apa yang dia lakukan adalah untuk memenuhi kebutuhan pribadinya.

Orang-orang semacam ini tentunya membuat kita tidak nyaman dan bahkan tertekan.

Pada konteks kehidupan kita yang lain, mungkin kita pernah bertemu atau memiliki orang terdekat yang kehadirannya membawa damai.

Ia tidak menonjol, tidak kentara melakukan kebaikan, tetapi kita memahami betul bahwa ia orang baik.

Ketika kita bersama dengan orang tersebut, kita merasakan rasa aman dan nyaman, kontras dibandingkan ketika bertemu orang-orang di atas.

Light Triad Personality

Para malaikat dalam rupa manusia memiliki konstelasi kepribadian yang terdiri yang disebut light triad personality.

Light triad personality merupakan kebalikan dari “dark triad personality” yang merupakan konstelasi kepribadian orang-orang yang kita sering sebut jahat, licik, atau “serigala berbulu domba.”

Light triad personality terdiri dari tiga karakteristik berikut:

1. Kantianism, diambil dari ide Immanuel Kant, merupakan karakteristik dimana seseorang memperlakukan orang lain demi kepentingan orang tersebut dan bukan menjadi alat mencapai tujuan.

Orang-orang dengan tingkat Kantianisme yang tinggi melakukan kebaikan secara tulus dan enggan memanipulasi orang lain untuk mendapatkan keinginannya.

Selain itu, mereka juga memilih untuk jujur dibandingkan menutupi kebenaran untuk menjaga nama baik.

2. Humanism, merupakan karakteristik seseorang dimana ia menghargai martabat dan keberhargaan tiap orang.

Orang-orang dengan tingkat humanisme yang tinggi memperlakukan tiap orang dengan penuh penghargaan dan menilai pengalaman tiap orang bermakna.

Mereka juga menunjukkan rasa kagum kepada pengalaman orang lain dan ikut bahagia ketika orang lain mencapai keberhasilan.

3. Faith in Humanity, merupakan kepercayaan seseorang bahwa manusia pada dasarnya memiliki kebaikan.

Orang-orang dengan tingkat kepercayaan pada kemanusiaan yang tinggi cenderung melihat kebaikan dalam diri seseorang, tetapi bukan berarti mengabaikan perilaku jahat atau melukai orang lain.

Mereka melihat bahwa orang yang melukai atau berbuat jahat pada mereka dapat bertobat, sehingga mereka mudah memaafkan.

Orang-orang dengan tingkat light triad yang tinggi cenderung memiliki kepuasan hidup yang lebih besar.

Mereka menunjukkan pola hidup otentik, welas asih, empati, sikap hangat kepada orang lain, kerendahhatian, dan kejujuran yang menumbuhkan hubungan sosial yang kuat.

Mereka juga melihat dunia dalam perspektif transendental serta cenderung spiritual dan religius. Karakteristik-karakteristik ini juga dapat mendukung kesehatan mental.

#SEMANGATKEBAIKAN

https://www.facebook.com/DieHardMotivation

google.com, pub-3471700597902966, DIRECT, f08c47fec0942fa0

Tinggalkan Balasan